17 Cara Mencukur Bulu Ketiak yang Benar agar Tidak Hitam dan Tumbuh Lagi

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 4 Februari 2020 15:08
17 Cara Mencukur Bulu Ketiak yang Benar agar Tidak Hitam dan Tumbuh Lagi
Sudahkah cara mencukur bulu ketiak kamu lakukan dengan benar? Atau cuman asal mencukur doang, nih?

Ketiak sering dianggap sebagai salah satu tempat sumber bau badan. Nggak salah sih emmang, ini karena di tempat tersebut ada kelenjar keringat yang disebut dengan kelenjar apokrin. Nah, kelenjar ini menghasilkan keringat yang mengandung lebih banyak protein dan lemak, sehingga keringat jadi lebih tebal dan lengket.

Ketiak yang lembab jadi sarang yang cocok banget baut bakteri penyebab bau badan. Perlu diketahui sebelumnya kalau kelenjar yang ada di ketiak nggak menghasilkan bau lho, interaksi dengan bakteri lah yang bikin bau asem. 

Selain untuk faktor kebersihan, mencukur bulu ketiak juga penting untuk faktor estetika. Meski begitu karena preferensi pribadi, ada beberapa orang yangn memilih untuk tidak melakuknnya.

Trus nih untuk kamu yang memang mencukur bulu ketiak kamu, berikut Diadona kasih tips cara mencukur bulu ketiak biar nggak iritasi dan memberikan hasil yang baik. Yuk simak terus!

1 dari 5 halaman

Cara Mencukur Bulu Ketiak Agar Tidak Hitam

Ilustrasi Mencukur Bulu Ketiak © Diadona

Mencukur adalah salah satu cara menghilangkan bulu ketiak yang paling umum dilakukan. Tapi ada yang bilang kalau mencukur ini bisa bikin kulit ketiak jadi hitam. Kalau begitu, coba deh simak tips berikut sebagai cara mencukur bulu ketiak yang benar, agar tidak hitam.

Membuat Kulit Ketiak jadi Lembab

Untuk memudahkan cara mencukur bulu ketiak, ingatlah untuk membasahi kulit dengan air. Ini untuk mencegah kulit dari iritasi dan luka yang tidak diinginkan.

Ditambah, bekas luka akibat cara mencukur bulu ketiak yang nggak benar bisa berkontribusi pada kulit gelap di bawah ketiak kamu.

Oleskan Krim Cukur

Kamu mungkin jarang melakukannya dalam cara mencukur bulu ketiak, tapi pemberian krim ini penting biar pisau cukur bisa meluncur dengan lancar. Ditambah, ini dapat membantu kamu menghilangkan bulu yang sulit dijangkau.

Menggunakan Pelembab setelah Bercukur

Setiap perawatan mencukur bulu pasti akan membuat kulit kamu jadi kering. Makanya, dalam cara mencukur bulu ketiak, penting untuk melembabkannya setelah melakukan cukur untuk membautnya terlihat hitam. Ini karena ketiak kering biasanya terlihat lebih gelap daripada yang benar-benar lembab.

2 dari 5 halaman

Cara Mencukur Bulu Ketiak Agar Tidak Tumbuh Lagi

Ilustrasi ketiak © Diadona

Mencukur nggak akan bisa menghilangkan bulu ketiak secara permanen. Setelah mencukur, bulu ketiak kamu akan tumbuh dalam waktu beberapa minggu kemudian. Meski begitu selian mencukut, ada metode lain untuk membuat bulu tersebut agar tidak tumbuh lagi selama beberapa waktu. Apa saja?

Epilator

Meski bukan teknik maupun cara mencukur buluketiak, epilator bisa digunakan untuk menghilangkan bulu di area tersebut dan membuatnya nggak nongol lagi selama beberapa waktu.

Krim Penghilang Rambut

Kandungan bahan kimianya bekerja dengan cara memecah ikatan disulfida dalam keratin rambut. Setelah ikatan tersebut rusak, rambut akan cukup lemah sehingga kamu bisa menghilangkannya dengan mudah dari kulit.

Meski terlihat nggak tumbuh lagi, sebenarnya bulu ketiak kamu masih ada di dalam kulit.

Waxing

Metode ini nggak masuk dalam cara mencukur bulu ketiak karena nggak melibatkan penggunaan pisau cukur. Waxing dilakukan dengan meneteskan lilin hangat dalam bentuk strip ke kulit dengan arah yang sama dengan pertumbuhan rambut.

Selanjutnya, strip ditarik ke arah yang berlawanan. Panas pada lilin akan memyebabkkan folikel rambut sedikit melebar sehingga bulu hingga akarnya dapat lebih mudah dihilangkan.

3 dari 5 halaman

Cara Mencukur Bulu Ketiak yang Benar

Ilustrasi Ketiak © Diadona

Dibandingkan dengan metode penghilangan bulu lainnya, mencukur ketiak dianggap sebagai cara yang paling mudah dan murah dalam menghilangkan bulu. Kamu cuman perlu waktu yang sebentar dalam cara mencukur bulu ketiak dan satu pisau cukur yang harganya murah. Meski begitu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar melakukannya dengan benar.

Bersihkan Ketiak dengan Saksama

Sebelum masuk dalam cara mencukur bulu ketiak, sangat penting untuk mempersiapkannya terlebih dahulu. Dan salah satu langkah terbaiknya yakni dengan mandi air panas.

Uap dari air panas akan melembutkan rambut ketiak dan sabun akan menghilangkan minyak berlebih, keringat, sisa deodoran, dan kotoran yang bisa menghalangi pisau cukur. Dalam cara mencukur bulu ketiak, jangan pernah mencukur ketiak yang penuh keringat, minyak atau residu deodoran karena kontaminan ini akan menyumbat dan mengurangi efektivitas pisau cukur.

Ekfoliasi

Nggak cuman untuk wajah dan kulit tubuh, eksfoliasi juga dilakukan sebagai salah satu tahapan dalam cara mencukur bulu ketiak. Pengelupasan fisik melibatkan penggunaan handuk atau loofah yang nubby untuk mengangkat sel kulit mati secara fisik.

Dalam cara mencukur bulu ketiak, eksfoliasi nggak cuman mengelupas sel kulit mati tapi juga membuang sisa deodoran dan menghilangkan bakteri yang berkontribusi terhadap bau.

Cukur di Malam Hari

Mengapa sih cara mencukur bulu ketiak harus memperhatikan waktu? Jadi setelah mencukur, usahakan untuk tidak langsung menggunakan deodoran karena akan meningkatkan risiko infeksi dan iritasi.

Nah, dengan cara mencukur bulu ketiak di malam hari, maka akan memberikan waktu bagi ketiak kamu untuk bersantai sebentar sebelum terkena deodoran di pagi harinya.

 

4 dari 5 halaman

Ilustrasi ketiak © Diadona

Cukur di semua Arah

Karena rambut ketiak tumbuh ke arah yang berbeda, jadi coba deh mencukur tidak hanya ke bawah tetapi juga ke samping. Sebisa mungkin dalam cara mencukur bulu ketiak, mulailah dengan mencukur ke bawah lalu ke samping dalam cara mencukur bulu ketiak.

Sering Bilas Pisau Cukur

Setiap kali satu cukuran, bilas pisau cukur di abwah air mengalir untuk membersihkanrambut rontok, kulit mati dan krim cukur berlebih. Ini merupakan cara mencukur bulu ketiak dengan jaminan kebersihan yang lebih baik, karena pisau cukur tidak menumpuk kontaminan.

Mengganti Pisau Cukur Sesering Mungkin

Pisau yang tumpul akan membuat kamu menekan lebih banyak saat mencukur, dan ini bisa bikin iritasi lho. Itu sebabnya penting untuk sering mengganti pisau kamu dan membilasnya dengan air hangat untuk menghilangkan bakteri dan sisa kotoran yang terjebak di antara bilah.

Untuki cara mencukur bulu ketiak yang benar, usahakan untuk mengganti pisau cukur setelah tiga kali pemakaian. Dan bila sdengan air hangat untuk menghilangkan rambut yang terjebak di antara bilah pisau.

Jadwalkan Waktu Mencukur

Memilih kapan mencukur sama pentingnya dengan cara mencukur bulu ketiak. Jadwalkan untuk mencukur di malam hari, dan pastikan kamu mencukur setelah selesai mandi. Mengapa? Karena ini akan membaut ketiak menyerap hidrasi sebanyak mungkin, yang membantu mencegah benjolan dan rambut yang tumbuh ke dalam.

5 dari 5 halaman

Ilustrasi ketiak © Diadona

Cara mencukur ketiak yang benar, diantaranya..

Hidrasi Ketiak

Sebagai cara mencukur bulu ketiak, hindari melakukannya saat ketiak sedang kering. Ini akan membuat banyak gesekan yang berpotensi mengiritasi area yang sudah sensitif.

Ada beberapa cara yang bsia kamu contoh sebagai cara mencukur bulu ketiak, misalnya dengan mengoleskan krim cukur untuk menambahkan lapisan pelumas dan mencegah iritasi, atau mencuckur di bawah pancuran air.

Jangan Menggunakan Pisau Cukur yang Tumpul

Ini kesalaha terbesar banget sih dalam cara mencukur bulu ketiak. Saat pisau cukur tumpul, maka akan lebih banyak gesekan yang dapat menyebabkan iritasi dan luka bakar di area ketiak.

Gunakan Pisau Cukur Khusus Ketiak

Secara teknis, kamu bisa menggunakan pisau cukur sekali pakai. Tapi demi cara mencukur bulu ketiak yang paling baik, usahakan untuk menggunakan pisau cukur khusus wanita. Mengapa?

Karena produk-produk ini biasanya punya pegangan karet untuk memberikan pegangan, dan dua hingga lima bilah dengan bantalan yang memang dirancang untuk mengurangi gesekan.

Angkat Lengan di Atas Kepala

Cara mencukur bulu ketiak yang benar yakni dengan mengangkat lengan sampai melampaui atas kepala kamu. Usahakan sampai membentuk sudut 90 derajat, yak. Ini dilakukan untuk membuat pisau cukur bisa memotong folikel rambut sebanyak mungkin.

Beri Komentar