17 Cara Mencerahkan Wajah Kusam dan Berminyak pada Pria secara Alami dengan Jeruk Nipis

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 8 Januari 2020 19:16
17 Cara Mencerahkan Wajah Kusam dan Berminyak pada Pria secara Alami dengan Jeruk Nipis
Wajah yang kusam bikin tampilan kamu terlihat tidak segar. Meskipun warna kulit tergantung pada genetik kamu, tapi kulit coklat berbeda dengan kulit kusam.

Kulit yang kusam bisa muncul karena kotoran yang menumpuk akibat pembersihan yang kurang sempurna. Sel-sel kulit mati, sisa kotoran make up hingga polusi menempel di wajah kamu dan membuat tampilan yang kurang segar. Nggak cuman kusam, tumpukan tersebut berpotensi buat memunculkan jerawat di kulit.

Scrubing wajah terbukti ampuh untuk mengikis sel kulit mati dan menampilkan lapisan sel kulit baru yang ada di bawahnya. Namun ingat, scrubing berlebihan malah membuat kulit jadi iritasi. Kamu perlu kombinasi dengan perawatan yang lain.

Apa saja cara mencerahkan wajah dan perawatan tersebut? Yuk simak 17 ulasannya! 

 

1 dari 4 halaman

Cara Mencerahkan Wajah Kusam secara Alami

17 Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah © Diadona

Beragam produk kecantikan wajah mengajukan klaim bisa sebagai cara mencerahkan wajah dengan cepat, namun kadang hasilnya baru terlihat setelah sekian lama dengan pemakaian rutin tidak boleh berhenti. Kalau cara mencerahkan wajah tersebut nggak sesuai dengan keinginanmu dalam jenis produk dan bahan-bahannya, mungkin kamu bisa mencoba tiga cara ini.

Kunyit

Sebuah penelitian baru-baru ini menyebut, minyak atsiri di dalam kunyit bisa membuat wajah cerah bersinar dalam waktu tiga minggu, dengan hasil permanen. Penasaran pengen coba, kan?

Yougurt

Nggak cuman protein, kalsium, dan vitamin D, yougurt juga mengandung asam laktat dan asam alfa hidroksi untuk membersihkan sel kulit mati di wajah kamu. Pengelupasan sel mati ini nggak cuman bisa bikin awajahmu glowing, tapi juga mengurangi garis halus serta kerutan di wajah, dan bisa banget sebagai cara mencerahkan wajah.

Madu

Madu punya banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan, termasuk untuk kulit kamu. Dalam madu terkandung asam alfa hidroksi dan senyawa biaktif lainnya yang dapat menurunkan tingkat pigmentasi berlebihan pada kulit sekaligus mencegah munculnya bintik hitam. Makanya, madu sering diaplikasikan sebagai cara mencerahkan wajah.

 

2 dari 4 halaman

Cara Mencerahkan Wajah Pria

Perawatan Wajah Pria © Diadona

Selain wanita, pria pun nggak mau kalah dong ingin wajah bersih dan warna kulit yang merata. Merawat wajah untuk menampilkan kondisi terbaik adalah cara untuk menunjukkan kalau kamu juga perhatian sama penampilanmu.

Cara mencerahkan wajah pada pria mungkin hampir sama dengan wanita, tapi bukan berarti kamu harus pakai produk kecantikan mereka. Berikut cara mencerahkan wajah pada pria yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Selalu Pakai Sunscreen

Banyak pria melupakan satu tahap penting ini, meskipun mereka sadar sering berada di luar ruangan. Padahal dengan memproteksi dari sinar matahari, bisa jadi cara mencerahkan wajah lho karena sinar matahari bisa merusak warna dan tekstur kulit kamu.

Masker Wajah

Nggak ada salahnya ikutan 'centil' menggunakan masker wajah. Meskipun produk masker kecantikan saat ini belum ada yang dikhususkan untuk para pria, kamu bisa membuat masker sendiri dengan bahan-bahan alami di rumah, seperti jeruk nipis, jus tomat, dan lainnya. Untuk cara mencerahkan wajah, aplikasikan masker dari bahan alam atau masker komersial setiap satu minggu sekali.

Rajin Scrub Wajah

Banyak dari para pria yang mungkin terlalu sering melakukan scrub di wajah, atau bahkan nggak pernah scrub sama sekali. Ini tergantung pada produk kebersihan wajah harian yang mereka pakai setiap hari, karena cenderung nggak mau repot punya dua tipe sabun wajah.

Scrub wajah bisa mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori dan bikin wajah kamu kusam. Dengan rutin melakukan scrub, artinya kamu menampilkan sel kulit wajah yang terus baru dan sebagai cara mencerahkan wajah.

 

 

3 dari 4 halaman

Cara Mencerahkan Wajah dengan Jeruk Nipis

Ilustrasi Jeruk Nipis © Diadona

Vitamin C yang ada di dalam jus lemoh bisa menjadi cara mencerahkan wajah karena merupakan antioksidan yang kuat. Dikutip dari Bellatory , Ketika dioleskan ke kulit, jeruk nipis bisa mencegah hiperpigmentasi dan menstimulasi kolagen.

Namun, kamu harus hati-hati dalam penggunaanya karena bisa membuat kulit jadi teriritasi. Agar asam tidak terlalu kuat, campur jeruk nipis dengan madu, putih telur, tomat, atau madu.

Jeruk Nipis dengan Madu

Sejak jaman dulu madu dikenal sebagai bahan alami yang sangat berguna untuk manusia, termasuk merawat kecantikan.

Cara mencerahkan wajah dengan jeruk nipis dan madu yaitu:

  • Campur dua sendok makan air perasan jeruk nipis dan satu sendok makan madu.
  • Gunakan ramuan tersebut di seluruh kulit wajah dan pijat perlahan selama beberapa menit.
  • Biarkan mengering lalu cuci bersih dengan air hangat. Setelah itu bilas lagi dengan air dingin

Jeruk Nipis dengan Putih Telur

Putih telur mengandung protein yang cukup tinggi dan berguna untuk membuat kulit wajah lebih putih, kenyal, dan kencang. Untuk hasil optimal sebagai cara mencerahkan wajah, gunakan putih telur dari telur ayam kampung untuk membuat masker jeruk nipis ini.

Cara mencerahkan wajah dengan jeruk nipis dan putih telur yaitu :

  • Campur putih telur dengan air perasan jeruk nipis secukupnya
  • Aplikasikan pada wajah seperti masker biasa.
  • Biarkan mengering lalu bilas sampai bersih.

Jeruk Nipis dengan Tomat

Kandungan dalam tomat hampir sama seperti jeruk nipis, di antaranya adalah kaya vitamin C dan juga antioksidan. Tomat dipercaya sangat ampuh dalam cara mencerahkan wajah yang kusam. Tomat juga sudah biasa dijadikan salah satu bahan masker alami sebagai perawatan kecantikan.

 

4 dari 4 halaman

Cara Mencerahkan Wajah Kusam dan Berminyak

ilustrasi masker wajah © Diadona

Nggak cuman bikin wajah jadi rentan berjerawat, minyak pada wajah bakalan bikin tampilan kilau. Alih-alih terlihat sehat, minyak membuat kulit kusam kamu tidak cantik dilihat.

Minyak Essensial

Keberadaan minyak di wajah memang harus diwaspadai karena bisa bikin jerawat, komedo dan masalah lainnya. Tapi ini pengecualian untuk minyak essensial.

Jangan Lupakan Vitamin C

Manfaat vitamin C untuk kulit diperoleh dari sifat antioksidan dan sifat asamnya. Antioksidan bakal membantu proses regerasi alami sel kulit kamu sementara sifat asam dari vitamin C membantu produksi kolagen yang meningkatkan elastisitas kulit.

Kristina Goldenberg danri Goldenberg Dermatology menyebut penggunaan vitamin C yang paling baik adalah dalam bentuk serum. Kalau bisa, campurkan satu atau dua tetes vitamin E untuk perbaikan kulit yang lebih optimal dan sebagai cara mencerahkan wajah.

Gunakan Sheet Mask di Malam Hari

Harganya mungkin mahal untuk produk kecantikan satu kali buang, namun itu karena manfaatnya yang juga nggak setengah-setengah! Sheet mask mengandung semua zat yang baik untuk kulit yang dihantarkan ke kulit dalam satu langkah mudah untuk cara mencerahkan wajah.

Banyaknya wanita yang pengen punya wajah putih nan bersinar selaras dengan maraknya produk pencerah di pasaran. Sayangnya, klaim memutihkan produk tersebut biasanya didapat daripenggunaan bahan yang berbahaya untuk kulit. Alih-alih kinclong, kulitmu bisa bermasalah nantinya.

Untuk itu sebaiknya kamu mencari cara mencerahkan wajah secara alami. Selain aman, bahan-bahan tersebut pastinya murah dan bisa kamu dapat dengan mudah.

Tomat

Selain vitamin C dengan sifat antioksidannya, tomat punya kandungan vitamin A untuk menyamarkan flek hitam, sementara kandungan vitamin B nya dapat mengurangi hadirnya garis kerutan. Dalam cara mencerahkan wajah, tomat diaplikasikan dengan mengoleskannya ke wajah atau dikonsumsi sebagai minuman yang segar.

Sebenarnya minyak alami yang diproduksi oleh wajah berfungsi untuk menjaga kelembabab dan elastisitas. Namun saat jumlahnya berlebih, minyak tersebut dapat menyumbat pori-pori. Akibatnya, jerawat lebih rentan muncul. Berikut cara merawat wajah yang bisa kamu lakukan.

Memilih Pelembab yang Sesuai dengan Tipe Kulit Kamu

Biarpun wajah kamu sudah lembab karena minyak alami, bukan berarti kamu boleh melewatkan produk yang satu ini. Kuncinya, pilih produk yang sesuai. Menurut American Academy of Dermatology, mereka yang punya kulit berminyak harus menggunakan pelembab yang ringan dan non komedogenik. 

Gunakan Toner

Cara merawat wajah berminyak bisa kamu lakukan dnegan menambahkan toner dalam tahap perawatan kamu. Toner efektif untuk dalam menghilangkan sisa minyak dan kotoran juga mengurangi tampilan pori-pori yang membesar. Gunakan toner yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak.

Rajin Pakai Masker Wajah

Masker wajah dapat memberikan nutrisi tambahan untuk kulit kamu sekaligus sebagai cara mencerahkan wajah. Untuk kulit berminyak, kamu bisa menggunakan madu dan oatmeal. Madu punay sifat antiseptik untuk melawan bakteri di wajah, sedangkan oatmeal punya kandungan saponin untuk membersihkan kulit.

 

Beri Komentar