14 Cara Melembutkan Rambut secara Alami, Permanen dan Meluruskannya pada Pria

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 28 Januari 2020 16:48
14 Cara Melembutkan Rambut secara Alami, Permanen dan Meluruskannya pada Pria
Untuk rambut yang lembut dan terlihat sehat, kamu bisa mendapatkannya semudah bahan-bahan alami dan sedikit disiplin dalam perawatan rambut sehari-hari.

Cukup dengan melihat tanpa menyentuhnya, kamu pasti tahu mana sih rambut yang lembut dan kasar. Rambut lembut biasanya terlihat berkilau, sehat, dan bebas kusut. Ini karena lapisan kutikula rambut yang berada di bagian akar hingga ujung rambut dalam kondisi sehat, maka akan terasa halus. kutikula tersebut juga akan membuat rambut memantulkan cahaya, makanya terlihat berkilau.

Tapi kalau kamu nggak pernah memperhatikan kesehatan rambut, mewarnainya dengan teratur, menggunakan pemanas untuk rambut, tentu saja rambut yang lembut susah kamu dapatkan. Padahal, cara melembutkan rambut sebenarnya mudah saja kok, tanpa repot ke salon atau perawatan yang mahal. Simak terus ulasan Diadona berikut:

1 dari 4 halaman

Cara Melembutkan Rambut secara Alami

Ilustrasi Rambut © Diadona

Daripada buang-buang duit ke salon, kamu bisa mencoba cara melembutkan rambut secara alami dengan bahan-bahan berikut ini:

Masker Pisang

Kamu sepertinya harus mencoba masker pisang sebagai cara melembutkan rambut. Pisang mengandung kalium dan kadar air tinggi, pisang juga bisa mencegah rambut bercabang, melembabkannya sekaligus menguatkannya.

Untuk menggunakan pisang sebagai cara melembutkan rambut, cukup hancurkan pisang lalu campurkan dengan yogourt, selanjutnya aplikasikan ke rambut, diamkan selama 45 menit dan bilas hingga bersih.

Masker Avokad

Nggak cuman enak dimakan, buah avokad tinggi kandungan vitamin A dan E, lemak jenuh, dan mineral, yang semuanya bisa menjadi cara melembutkan rambut. Avokad juga bisa banget untuk membuat rambut jadi lembab dan kuat.

Sebagai cara melembutkan rambut, kamu cukup buat pasta avokad, tambahkan dengan satu butir telur lalu oleskan ke rambut yang basah. Diamkan selama 20 menit selanjutnya bilas hingga bersih.

Gunakan Sampoo Alami

Sebisa mungkin gunakan shampo dengan bahan alai dan organik yang tidak keras di rmabut. Shampoo tersebut akan mengunci kelembaban, sehingga sebagai cara melembutkan rambut.

Potong Rambut secara Berkala

Memotong rambut adalah hal yang paling penting untuk dilakukan untuk kamu yang ingin cara melembutkan rambut. Ini akan membantu menghilangkan ujung bercabang dan kerusakan tidak akan menyebar ke batang rambut, membuat rambut jadi kusut dan kering. Untuk cara melembutkan rambut, potong rambut kamu setiap empat hingga enam minggu.

2 dari 4 halaman

Cara Melembutkan Rambut secara Permanen

Ilustrasi Rambut © Diadona

Mau rambut yang halus bahkan setelah beberapa saat tidka keramas. Coba deh ikuti cara melembut rambut secara permanen ini.

Gunakan Vitamin Rambut

Seberapa pentingkah vitamin sebagai cara melembutkan rambut? Karena seperti bagian tubuh yang lain, rambut kamu juga memerlukan nutrisi untuk tetap sehat. Satu butir vitamin rambut yang kamu pakai setiap selesai keramas bisa membuat rambut kamu halus, lembut dan tidak kering.

Sisir dengan Hati-Hati

Menyisir rambut sedikit banyak akan membuat gesekan pada rambut dan bikin rambut jadi kering. Sebagai cara melembutkan rambut, batasi menyisir rambut seminimal mungkin, dan jangan pernah menyisir saat rambut masih basah.

Mengapa? Karena rambut basah akan lebih rentan rusak. Sebagai cara melembutkan rambut, sebaiknya sisir rambut dengan sisir kayu bergigi lebar di pagi hari, lalu menyisirnya sekali atau dua kali sehari untuk mengubah gaya rambut dan menghilangkan kusut.

Hindari Dry Blowing

Sebagai cara melembutkan rambut, sebisa mungkin hindari mengeringkan rambut dengan hair dryer. Tapi kalau terpaksa banget, gunakan pengaturan suhu yang paling dingin dari pengering rambut kamu karena ini menyebabkan lebih sedikit kerusakan pada rambut.

Untuk cara melembutkan rambut, pegang pengering rambut sejauh 15 sentimeter dari rambut kamu dan gerakkan terus-menerus agar pengering rambut tidak melebar pada satu bagian rambut terlalu lama.

3 dari 4 halaman

Cara Meluruskan dan Melembutkan Rambut

Ilustrasi Rambut Berkilau © Diadona

Untuk rambut yang lembut dan mudah ditata, kamu sepertinya harus mencoba beberapa perawatan berikut.

Membilas Rambut dengan Air Dingin

Setelah keramas, usahakan untuk membilas rambut sebagai cara melembutkan rambut kamu. Dilansir dari stylecraze.com, air dingin akan menutup lapisan atas batang rambut, membuatnya berkilau dan sebagai cara melembutkan rambut.

Masker Mayones

Nggak, ini bukan untuk olesan roti kok. Mayones memang bisa menjadi cara melembutkan rambut karena kaya akan L-sistein, yang merupakan asam amino dan antioksidan kuat, yang juga ditemukan dalam telur. Nggak cuman rambut yang lembut, perawatand dengan mayones secara teratur merangsang akan pertumbuhan rambut yang sehat.

Untuk membuat masker mayones sebagai cara melembutkan rambut, kamu perlu mayones dan pasta avokad.

  • Campur mayones dan avokad sampai campuran menjadi halus.
  • Oleskan campuran ke rambut dari akar sampai ke ujung rambut kamu.
  • Tutup dengan topi mandi
  • Biarkan selama satu jam dan bilas dengan sampo.

Gunakan Minyak Hangat

Minyak zaitun, minyak kelapa, minyak almond hingga banyak minyak yang lain bisa sebagai cara melembutkan rambut. Dilansir dari medicalnewstoday, minyak-minyak tersebut kaya akan kandungan vitamin E dan antioksidan yang membantu menutup lapisan rambut luar atau kutikula dengan kelembaban dan memperbaiki kerusakan rambut.

Gelatin

Protein dari hewan ini bisa menjadi cara melembutkan rambut, karena komponen rambut kita sendiri yang juga terdiri dari protein.
Cara melembutkan rambut dengan gelatin sapi dapat kamu lakukan dengan tahapa berikut:

  • Campur satu sendok gelatin dengan satu cangkir air hangatkan
  • Diamkan selama 5 menit
  • Tambahkan satu sendok teh cuka sari apel dan 6 tetes minyak essensial
  • Oleskan campuran tersebut pada rambut, diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Pakai Hair Mask

Cara melembutkan rambut dengan hair mask ini penting untuk memperbaiki rambut yang rusak di bagian korteks, sekaligus menutrisi batang rambut. Dibandingkan dengan creambath, perawatan ini lebih praktis daa mudah karena nggak perlu memijat di bagian kulit kepala.

4 dari 4 halaman

Cara Melembutkan Rambut Pria

Ilustrasi Rambut Pria © Diadona

Rambut yang lembut pada pria bikin penampilannya makin kece, juga untuk mempertegas model rambut mereka.

Gunakan Kondisioner

Dikutip dari laman Allure, saat rambut kita terpapar udara luar maka kutikula akan rusak sampai akhirnya pecah. Kondisioner akan memperbaharui kutikula dengan memberikan lapisan dan mengisi kutikula tersebut. Akibatnya, rambut jadi tidak mudah patah dan terus tumbuh.

Ganti Shampoo Kamu

Shampoo dengan kandungan sulfat, misalnya, akan membuat rambut kamu jaid kering dan tidak lembut. Selain itu sebagai cara melembutkan rambut, hindari juga penggunaan ammonium laureth sulfate. Ini karena bahan tersebut sangat kuat untuk rambut kamu dan bertentangan dengan cara melembutkan rambut.

Jangan Terlalu Sering Keramas

Seberapa seringkah kamu membersihkan rambut kamu? Sebenarnya, keramas dapat mengikis kelembaban alami rambut kamu dan membuatnay jadi kasar dan nggak lembut. Saat keramas, hindari menggosok bagian batang rambut dan fokuslah hanya pada pembersihan kulit kepala sebagai cara melembutkan rambut.

Beri Komentar