Yang Harus Diperhatikan Agar Bisa Tidur di Perjalanan

Reporter : Firstyo M.D.
Senin, 30 Desember 2019 15:46
Yang Harus Diperhatikan Agar Bisa Tidur di Perjalanan
Beberapa melakukannya untuk menghindari mabuk perjalanan, beberapa lainnya untuk membunuh waktu, tapi lebih banyak juga yang nggak bisa. Jadi bagaimana biar bisa tidur selama perjalanan?

Tidur di perjalanan, terlebih di rute jauh dengan durasi yang panjang, adalah idaman semua orang. Kamu pasti ingin menjaga diri tetap segar biar bisa langsung beraktivitas setiba di tempat tujuan kan?

Masalahnya, nggak semua orang punya kemampuan 'nempel molor' yang tinggi. Terlebih kalau kamu duduk di kursi ekonomi yang nggak senyaman kursi kelas bisnis, atau kamu melakukan perjalanan dengan bis yang ruang antar kursinya nggak terlalu lega.

Kepada Huffington Post (04/12), Meg Jerrard--seorang traveler kontributor website Mapping Megan--membagikan tips bagaimana cara agar kamu bisa tidur selama perjalanan.

1 dari 3 halaman

Pertama, Meg nggak menyarankan untuk kamu mengonsumsi minuman beralkohol sebelum melakukan perjalanan. Memang alkohol akan memberikan efek kantuk, tapi ingat juga bahwa alkohol memicu rasa kembung, keinginan untuk sering buang air kecil, dan pusing yang justru akan membuat perjalananmu nggak nyaman.

Meg juga mengingatkan untuk nggak mengonsumsi terlalu banyak makanan yang manis-manis. Kandungan gula dalam makanan manis akan memberikan energi yang memicumu untuk bergerak.

2 dari 3 halaman

Untuk alas kaki, Meg menyarankan pemakaian sepatu yang agak longgar atau sandal. Sepatu longgar dan sandal dianggap membantu sirkulasi darah dan udara agar tetap lancar sehingga menghindari kemungkinan kaki bengkak dan pengap.

Kenakan juga pakaian ternyamanmu selama perjalanan. Ingat, yang nyaman. Nggak perlu mikir rapih atau keren terlebih dulu. Kenakan pakaian tebal yang mudah dilepas-pakai karena suhu dalam kendaraan umum sulit tertebak.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi perempuan tidur dengan eye cover © Diadona

Terakhir, jangan lupa untuk membawa tiga aksesoris penutup; penutup mata, earphone, dan masker. Penutup mata akan membatasi cahaya masuk ke mata sehingga memudahkan kamu untuk memancing rasa kantuk. Kamu bisa menyetel musik yang tenang melalui earphone. Sementara masker berfungsi untuk menjaga agar mulutmu nggak dibiarkan terbuka selama tidur.

Oh iya, jangan lupa juga untuk menjaga makanan dan minuman sebelum berangkat. Semoga selamat sampai tujuan!

Beri Komentar