Tips Menghindari Serangan Penyakit Selama Perjalanan

Reporter : Firstyo M.D.
Selasa, 31 Desember 2019 16:40
Tips Menghindari Serangan Penyakit Selama Perjalanan
Sakit di perjalanan jelas mengganggu. Gimana cara menghindarinya?

Waktu liburan tiba. Kamu akan banyak menghabiskan waktu di perjalanan, berpindah dari satu tempat ke tempat lain baik dnegan kendaraan pribadi ataupun umum. Tentu kamu ingin menjalani liburan dengan senang dan nggak terganggu masalah kesehatan kan? Masalahnya, bahaya bakteri dan virus penyakit selalu mengintai, terutama di kendaraan umum yang kebersihannya nggak bisa kamu kontrol.

Bustle mewawancarai Dr. Jen Caudle (16/12), seorang dokter keluarga dan profesor di Rowan University School of Osteopathic Medicine tentang apa yang harus dilakukan untuk mewaspadai serangan bakteri dan virus penyakit selama perjalanan.

1 dari 3 halaman

Pertama, Dr. Caudle selalu menghimbau untuk membawa tisu basah atau hand sanitizer ke manapun kamu pergi. Tujuannya adalah agar kamu bisa selalu mencuci tangan, nggak cuma waktu kamu merasa tanganmu kotor. Idealnya, kamu mencuci tangan setiap akan dan sebelum melakukan suatu kegiatan yang menggunakan kontak langsung melalui tangan (misal: makan, kegiatan di kamar kecil, mengangkat koper).

Dr. Caudle juga mengatakan untuk nggak sering-sering memegang bagian wajah selama perjalanan, terutama pada bagian-bagian yang sensitif. " Bagian seperti mata, hidung, dan mulut adalah bagian yang sensitif dan bisa menjadi pintu masuk bagi bakteri dan virus untuk kemudian menyerang bagian dalam tubuh. Kontak langsung wajah dengan tangan yang nggak terjamin kebersihannya juga berisiko membuat kulit wajah iritasi," jelas Dr. Caudle.

Sebisa mungkin, kamu juga meminimalisir kontak langsung dengan benda-benda yang sepertinya menjadi sarang bakteri seperti meja lipat di pesawat, gagang pintu kamar mandi, dan keran wastafel. Kalaupun kamu perlu menggunakannya, lapisi dulu dengan tisu atau sapu tangan untuk menyentuhnya.

2 dari 3 halaman

Kalau kamu ragu dengan kebersihan barang-barang umum yang disediakan, kamu juga bisa membawa sendiri barang-barangmu. Misal, kamu bisa membawa sendiri bantal dan selimutmu ketimbang harus khawatir dengan kebersihan bantal dan selimut yang disediakan di bis, kereta, atau pesawat.

Selain memperhatikan faktor dari luar, kamu juga harus memperhatikan faktor ketahanan tubuhmu sendiri. Penting untuk memastikan kondisi imun tubuhmu sedang prima sehingga bisa tetap sehat meskipun harus berhadapan dengan bakteri dan virus sekalipun.

" Minumlah air yang cukup, tidur dengan porsi yang pas, dan makan-makanan yang sehat untuk menjaga tubuhmu tetap sehat. Untuk makanan, kamu bisa memakan makanan yang bisa mendukung kekuatan imunmu seperti sayuran hijau, jeruk, dan jamur," ujar Dr. Caudle menambahkan.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi main hape di pesawat © Diadona

Bagaimana, sudah siap untuk berwisata dengan tubuh yang sehat?

Beri Komentar