Tempat Ibadah Bawah Tanah Terdalam di Dunia Ternyata Ada di Papua, lho

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 20 Februari 2020 07:00
Tempat Ibadah Bawah Tanah Terdalam di Dunia Ternyata Ada di Papua, lho
Masjid Jami' Baabul Munawwar dan Gereja Oikumene Soteria menjadi tempat ibadah bawah tanah terdalam di dunia. Bahkan tempat itu berdampingan dan hanya terpisah 10 meter saja.

Tempat ibadah biasanya dibangun dengan sangat indah dan megah sehingga siapa saja bisa mengetahuinya dan memakai tempat ibadah tersebut untuki beribadah kepada sang pencipta. Namun, pernah terbayangkah kamu bahwa ada juga tempat ibadah yang dibangun dibawah tanah.

Masjid Jami' Baabul Munawwar dan Gereja Oikumene Soteria adalah tempat ibadah yang berada di kedalaman 1.760 meter di bawah tanah. Jarak mereka hanya terpisah 10 meter. Tempat ini bahkan menjadi tempat ibadah terdalam di dunia. Dan, letaknya berada di Tambang PT. Freeport, Papua.

1 dari 3 halaman

Masjid Baabul Munawwar

Tempat Ibadah Terdalam di Dunia © Diadona

Masjid ini dibangun di bawah pertambangan freeport. Masjid ini bahkan mampu menampung 250 jemaat. Masjid Baabul Munawwar diresmikan pada bulan Juni 2016 yang ditandatangani oleh Pangdam XVII/ Cenderawasih, Mayjen Fransen G. Siahaan.

Masjid ini lengkap dengan hiasan dinding perut bumi dengan penambahan lampu-lampu gantung yang menerangi masjid tersebut. Dalam masjid ini sudah dipasang alat teknologi sirkulasi udara untuk menyedot udara kotor ke luar bangunan.

2 dari 3 halaman

Gereja Oikumene Soteria

Tempat Ibadah Terdalam di Dunia © Diadona

Gereja ini hanya berjarak 10 meter dari Masjid Baabul Munawwar. Dilansir dari berbagai sumber, masjid ini mampu menampung 200 orang jemaat. Gereja ini juga merupakan fasilitas ibadah bagi karyawan PT Freeport sendiri.

3 dari 3 halaman

Rekor

PT Freeport mendapat penghargaan Piagam MURI dari Museum Rekor Indonesia sebagai satu-satunya rumah ibadah yang dibangun di kedalaman perut bumi. Bahkan ini juga menjadi tempat ibadah terdalam di dunia. Keberadaan ibadah ini dianggap sebagai bentuk kerukunan antarumat beragama. 

Beri Komentar