Tak Boleh Pakai Baju Merah di Curug Cikuluwung! Kenapa, ya?

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 26 Januari 2021 15:20
Tak Boleh Pakai Baju Merah di Curug Cikuluwung! Kenapa, ya?
Selain eksotis, Curug Cikuluwung ternyata juga menyimpan mitos-mitos yang bikin bulu kuduk merinding.

Kota bogor merupakan salah satu wilayah dengan destinasi air terjun yang melimpah. Air Terjun atau curug-curug eksotis tersimpan di wilayah Bogor dan sekitarnya.

Salah satu curug eksotis yang patut untuk kamu kunjungi adalah Curug Cikuluwung. Memiliki bebatuan sekitar yang eksotis, membuat Curug Cikuluwung ini salah satu air terjun terindah di Indonesia.

Namun, di balik keindahan dan eksotisnya Curug Cikuluwung, ternyata tempat ini juga menyimpan beberapa misteri di dalamnya. Seperti apa sih indhanya Curug Cikuluwung ini? Yuk kita jalan-jalan!

1 dari 3 halaman

Curug Cikuluwung

Curug Cikuluwung © Diadona

Curug Cikuluwung berada di kampung Sukaasih, Desa Cibitung Wetan, Kecamatan pamijahan, Kabupaten Bogor. Lokasinya cukup dekat dengan Institut Pertanian Bogor.

Curug Cikuluwung ini terbilang sebagai tempat wisata baru yang ada di Bogor. Meskipun baru, namun, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang berbeda dari curug-curug lainnya.

Yang membuatnya unik adalah bebatuan-bebatuan di sekitar Curug Cikuluwung. Bentuknya yang eksotis membuat kamu merasa berada di dimensi lain.

Curug ini juga memiliki kolam air yang tenang di tengah gemuruh suara air terjun yang menenangkan jiwa.

2 dari 3 halaman

Mitos

Curug Cikuluwung © Diadona

Di balik keindahan Curug Cikuluwung, tersimpan kisah-kisah dan mitos-mitos yang beredar di masyarakat. Adapun kabar menyebutkan jika curug Cikuluwung ini merupakan tempat di mana banyak kursi-kursi kerajaan Mulawarman yang hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang punya indra keenam.

Adapun orang-orang mengatakan jika ada ukiran-ukiran batu yang tak kasat mata. Ukiran-ukiran batu ini ternyata hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang punya indra keenam.

Salah satu mitos yang cukup ikonik di Curug Cikuluwung ini adalah tak boleh menggunakan baju merah khusus untuk perempuan. Konon katanya, jika hal ini dilanggar, maka hal-hal yang bisa mencelakakan diri sendiri bisa terjadi.

Menurut sejarahnya, penduduk zaman dahulu sangat suka dengan baju berwarna merah. Beberapa makhluk tak kasat mata dikabarkan tak suka tersaingi jika ada pengunjung yang juga menggunakan baju merah.

Untuk mengunjunginya pun juga tak boleh sembarang waktu. Menurut kuncen Curug Cikuluwung, ada jam-jam tertentu di mana curug sama sekali tak boleh dikunjungi manusia. Sangat tak disarankan untuk memasukinya di malam hari. Karena kabarnya 'penghuni' tak suka 'diganggu' dengan kehadiran manusia.

Untuk itu, Curug Cikuluwung dibuka pada 08.00 - 11.00 dan dibuka kembali pada 13.00 hingga 16.00. Di luar jam itu, pengunjung tak akan diperbolehkan masuk.

3 dari 3 halaman

Rute Menuju Curug Cikuluwung

Curug Cikuluwung © Diadona

Untuk bisa mencapai Curug Cikuluwung cukup sulit. Jaraknya juga cukup jauh jika kamu dari tengah Kota Bogor. Akses jalan cukup sulit dengan jalan menuju curug yang sangac curam dan susah dijangkau, membuat sangat tidak disarankan membawa anak-anak ke tempat ini.

Namun, meskipun perjalanan cukup jauh, semua akan terbayarkan dengan keindahan Curug Cikuluwung yang indah, ini.

Untuk harga tiketnya juga cukup terjangkau. Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10-15 ribu aja per orang. Dan membayar parkir kendaraan mulai dari Rp 5 ribu.

Gimana? Tertarik untuk mengunjungi curug Cikuluwung ini?

Beri Komentar