Sudah Berumur 385 Juta Tahun, Hutan Tertua di Dunia ini Ditemukan di New York

Reporter : Bagus Prakoso
Minggu, 23 Februari 2020 07:00
Sudah Berumur 385 Juta Tahun, Hutan Tertua di Dunia ini Ditemukan di New York
Fosil hutan tertua di dunia ini ditemukan di New York. Dan, usianya diperkirakan sudah 385 Juta Tahun.

Baru-baru ini telah ada bukti hutan tertua di dunia yang ternyata sudah berusia 385 juta tahun. Dilansir dari Current Biology, Tempat ini ditemukan di sebuah tambang yang ditinggalkan di bagian utara New York.

Ada sebuah akar fosil yang menjadi jejak kaki lanskap kuno dari pohon dengan kayu dan daun, mirip dengan akar pohon pada umumnya.

1 dari 1 halaman

Ilustrasi Hutan Tertua di Dunia © Diadona

Sebelumnya, telah ditemukan houtan fosil di Kota Kairo. Orang-orang mengira inilah fosil hutan tertua sebelum ditemukannya hutan fosil di New York ini.

Dikutip dari CNN, seseorang dari New York State Museum adalah orang yang pertama menemukan struktur besar seperti akar di bagian bawah tambang temuan itu. Dia berpikir pohon itu mungkin telah tumbuh menjadi batu dan telah tiada. Setelah memeriksa tanah lebih dekat, para peneliti dengan cepat mengkonfirmasi bahwa mereka sedang melihat jejak dari sesuatu yang jauh lebih tua. Hal ini dikatakan oleh William Stein, penulis dan profesor Emeritus Ilmu Biologi di Universitas binghamton.

Tim peneliti sangat berhati-hati dalam menyelidiki lapisan tanah, sambil dengan cermat memetakan penemuan yang luar biasa.

Ternyata, bumi kita udah tua banget ya.

Beri Komentar