Selamat Hari Bumi! Ini Loh Daftar Negara yang Dianggap Paling Ramah Lingkungan, Ke Sana Yuk

Reporter : Jossi Andriani Taswir
Rabu, 22 April 2020 20:35
Selamat Hari Bumi! Ini Loh Daftar Negara yang Dianggap Paling Ramah Lingkungan, Ke Sana Yuk
BIsa nyelametin bumi dengan berbagai macam cara nih.

Menyambut Hari Bumi yang diperangi setiap tanggal 22 April secara internastional, saatnya kita memperbaiki bumi nih! Apa lagi melihat bencana alam yang terjadi di mana-mana akibat ulah manusia yang membuat berbagai kerusakan di Bumi.

Kabar baiknya beberapa negara di Dunia ini sudah merubah gaya hidup warganya dan berkomitmen untuk menjaga bumi. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki kerusakan alam sehingga Bumi kembali sehat untuk hidup semua makhluknya.

Dilansir dari berbagai sumber, ini loh daftar negara yang dianggap paling ramah lingkungan!

1 dari 3 halaman

Swiss

Ilustrasi Negara Swiss © Diadona

Sejak zaman dahulu tepatnya tahun 1914, Swiss sudah membuktikan diri sebagai negara yang ramah lingkungan. Di negara ini, beberapa kota nggak ngizinin mobil masuk loh ke daerahnya! masyarakat yang tinggal di sana berpergian menggunakan sepeda atau berjalan kaki.

Selain itu, pemerintah setempat juga memberlakukan pajak tinggi utnuk lingkungan, layanan pengelolaan sampah dan juga air. Hal ini tentu dilakukan untuk meningkatkan udara segar dan menekan polusi udara di Swiss.

2 dari 3 halaman

Norwegia

Longyearbyen, Norwegia © Diadona

Norwegia menetapkan peraturan yang sangat ciamik sejak tahun 2009 lalu. Sistem pemanas yang mengunakan bahan bakar minyak, mulai dilarang loh! Semua kantor yanga ada di negara itu harus menggunakan energi yang lebih bersih. Hal ini dilakukan karena negara Norwegia karena berencana untuk menjadi negara yang bebas emisi gas pada tahun 2030 mendatang.

Gak cuma itu, negara dengan pabrik produksi tenaga surya terbesar di dunia ini berhasil loh menjalankan penjara ekologi pertama yaitu penjara Bastoy.

3 dari 3 halaman

Islandia

Cafe Gudbrandsjuvet Norwegia © Diadona

Negara ramah lingkungan selanjutnya yaitu Islandia. Terkenal dengan keindahan alamnya ini punya kebijakan lingkungan yang baik loh! Islandia diketahui menggunakan sedikit bahan bakar fosil untuk memproduksi tenaga listrik di negaranya.

Cara unik yang digunakan Islandia untuk sumber energi adalah Hidrogen. Zat ini bisa digunakan sebagai sumber panas, listrik dan sebagaian bahan bakar transportasi. 82% dari tenaga listrik di Islandia menggunakan tenaga hidrogen dari panas bumi loh!

Wah, beberapa negara ramah lingkungan di atas bener-bener sudah mencoba untuk menjadi lebih ramah dengan bumi. Semoga Indonesia cepat menyusul ya!

Beri Komentar