Pengertian Biro Perjalanan Wisata, Lengkap dengan Tugas Beserta Fungsinya

Reporter : Nasa
Selasa, 23 Februari 2021 10:14
Pengertian Biro Perjalanan Wisata, Lengkap dengan Tugas Beserta Fungsinya
Pengertian Biro Perjalanan Wisata

Pengertian Biro Perjalanan Wisata masih belum dipahami oleh masyarakat secara umum. Belakangan ini, perjalanan wisata berkembang pesat seiring dengan kemajuan teknologi di tengah masyarakat dunia.

Menurut Undang-Undang No.9 Th 1990 bagian kedua pasal 12, disebutkan bahwa pengertian Biro Perjalanan Wisata adalah usaha penyedia jasa perencanaan dan atau jasa pelayanan dan penyelenggaraan wisata.

Biro Perjalanan Wisata sendiri memiliki tugas dan fungsi khusus, serta memiliki peran penting terhadap perkembangan sektor pariwisata di suatu daerah. Bagi turis domestik jarak jauh atau turis mancanegara, Biro Perjalanan Wisata tentu memberi andil yang sangat penting.

1 dari 1 halaman

Biro Perjalanan Wisata Adalah

Biro Perjalanan WisataBiro Perjalanan Wisata © 2021 indiamart.com

Menurut buku yang ditulis oleh R.S Damardjati (2009), Biro Perjalanan Wisata adalah perusahaan yang khusus mengatur dan menyelenggarakan perjalanan dan persinggahan orang-orang termasuk kelengkapan perjalanannya dari, dari suatu tempat ke tempat lainm, baik di dalam negeri, dari dalam negeri, ke luar negeri atau dalam negeri itu sendiri.

Lebih lanjut, fungsi umum Biro Perjalanan Wisata merupakan suatu badan usaha yang dapat memberikan penerangan atau informasi tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia perjalanan pada umumnya dan perjalanan wisata pada khususnya.

Sementara itu, fungsi khusus Biro Perjalanan Wisata terdiri dari 3 point :

  • Biro Pererjalanan Wisata sebagai perantara. Dalam kegiatannya ia bertindah atas nama perusahaan lain dan menjual jasa-jasa perusahaan yang diwakilinya. Karena itu, ia bertindak di antara wisatawan dan industri wisata.
  • Biro Perjalanan Wisata sebagai badan usaha yang merencanakan dan menyelenggarakan tour dengan tanggung jawab dan risikonya sendiri.
  • Biro Perjalanan Wisata sebagai pengorganisasi yaitu dalam menggiatkan usaha, aktif menjalin kerja sama dengan perusahaan lain baik dalam dan luar negeri. Fasilitas yang dimiliki dimanfaatkan sebagai dagangannya.

Demikian artikel terkait Biro Perjalanan Wisata yang terdiri dari Pengertian Biro Perjalanan Wisata dan juga tujuan dan fungsi Biro Perjalanan Wisata yang sudah dihadirkan sama Diadona. Semoga bermanfaat ya!

Sumber : http://digilib.polban.ac.id/

Beri Komentar