Pantang Kamu Lewatkan, Yuk Jelajahi Beberapa Pesona Wisata Halal di Filipina

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 1 September 2023 11:32
Pantang Kamu Lewatkan, Yuk Jelajahi Beberapa Pesona Wisata Halal di Filipina
Biar nggak di Indonesia melulu, bolehlah melipir ke Filipina guys~

Saat ini, wisata Muslim secara signifikan mendorong pertumbuhan industri pariwisata global dengan kedatangan wisatawan Muslim Di Filipina, Departemen Pariwisata sedang mengembangkan portofolio pariwisata halal dan menempatkannya pada daftar prioritas. 

Dengan rencana prioritas pariwisata halal ini, Filipina dengan bangga mengumumkan usaha menariknya dalam dunia Pariwisata Halal. Kemudian nggak lupa mengundang wisatawan dari seluruh penjuru dunia untuk merasakan perpaduan unik antara budaya, tradisi, dan pemandangan menakjubkan.

 

1 dari 5 halaman

Pesona Wisata Halal di Filipina © Diadona

Sebagai negara tujuan wisata ramah Halal yang sedang berkembang, Filipina menawarkan beragam pengalaman luar biasa yang disesuaikan dengan kebutuhan wisatawan Muslim. Bekerja sama dengan komunitas, dunia usaha, dan organisasi lokal, pemerintah Filipina telah bekerja tanpa kenal lelah untuk menciptakan lingkungan yang mendorong pemahaman dan inklusivitas budaya. 

Wisata Halal di Filipina bukan sekadar perjalanan; ini adalah jembatan yang menghubungkan budaya, membina koneksi dan persahabatan yang bertahan seumur hidup Dengan kekayaan sejarah dan keterbukaan yang hangat, Filipina menjanjikan perjalanan tak terlupakan di mana bagi mereka yang ingin berwisata dengan unsur halal dapat menjelajahi beragam pengalaman menarik di negeri ini.

Dari pantai berpasir putih bersih hingga pegunungan subur, dari pemandangan kota yang semarak hingga tempat peristirahatan pedesaan yang tenang, Filipina telah menyusun rencana perjalanan yang memenuhi keinginan wisatawan yang mencari petualangan otentik dan ramah halal.

2 dari 5 halaman

Destinasi Baru Ramah Muslim Tahun Ini

Pesona Wisata Halal di Filipina © Diadona

Inti dari Pariwisata Halal di Filipina terletak pada komitmennya untuk menyediakan keramahtamahan luar biasa yang selaras dengan nilai-nilai Islam. Wisatawan dapat menikmati beragam masakan bersertifikat Halal, menjelajahi masjid dan fasilitas sholat yang menakjubkan, dan melakukan aktivitas yang menghormati tradisi lokal. Integrasi yang harmonis ini memastikan bahwa setiap pengunjung merasakan esensi sejati dari destinasi tersebut dengan tetap menghormati persyaratan berdasarkan agama mereka.

Sehubungan dengan hal tersebut, upaya ini telah mendapatkan penghargaan Emerging Muslim-friendly Destination of the Year pada Halal in Travel Global Summit – sebuah acara industri penting – yang diadakan di Singapura pada 30 Mei - 1 Juni 2023 untuk menghormati tempat, kelompok, bisnis, dan orang-orang yang telah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pasar perjalanan umat Islam Tahun ini.

“ Penghargaan ini merupakan penegasan atas upaya kolaboratif kami dalam memposisikan Filipina sebagai tujuan pilihan bagi wisatawan Muslim, dan secara strategis mengembangkan portofolio pariwisata halal di seluruh wilayah kami,”terang Departemen Pariwisata Filipina dalam sebuah pernyataan yang mengutip Menteri Cristina Frasco.

Mulai dari jalanan Manila yang ramai, ketenangan Palawan, festival yang semarak, atau senyuman hangat penduduk setempat, Wisata Halal di Filipina menjanjikan perjalanan penemuan yang luar biasa. Terutama di pulau Mindanao dan kepulauan Sulu di selatan negara yang terkenal sebagai lokasi indah dengan pantai berpasir putih dan perairan biru kehijauan.

3 dari 5 halaman

Menyambut Wisatawan Muslim Indonesia

Pesona Wisata Halal di Filipina © Diadona

Untuk memudahkan perjalanan wisata Indonesia ke Filipina, tersedia penerbangan langsung dari Indonesia (Cengkareng/CGK) ke Filipina (Manila) melalui PhilippineAirlines (PAL) dan Cebu Pacific. 

Jadwal penerbangan PAL dari CGK ke Manila terdapat 10x/minggu, dengan rincian Selasa/Kamis/Sabtu terdapat 2x penerbangan per hari; Senin/Rabu/Jumat/Minggu 1x penerbangan per hari. Sementara itu, Cebu Pacific dari CGK ke Manila 7x/minggu dan Denpasar (DPS) ke Manila 10x/minggu, denganrincian pada Selasa/Kamis/Sabtu 2x/hari; Senin/Rabu/Jumat/Minggu 1x/hari.

Berikut ini pilihan tempat wisata di Filipina yang ramah Muslim:

Kota

Akomodasi

Restoran

Tempat Ibadah

Metro Manila

- Berjaya Makati Hotel 

- Makati Shangri-la

- Dusit Thani Manila

- Fairmont Makati 

- Edsa Shangri-la

- Swiss-Belhotel Blulane

- Amelie Hotel Manila

- Pearl Garden Hotel 

- Oyster Plaza Hotel 

- Marriott Hotel Manila

- Heritage Hotel -Sofitel Philippine Plaza Manila

- Marco Polo Ortigas

Manila

- New Bombday

- Gilak By Hossein

- Warung Indo

- Arya Persian Restaurant 

- Shawarma Snack Center 

- Ababu

- Beni's Falafel 

- Mister Kabab

- Hummus Elijah

- FETA Mediterranean

- Meshwe

- NAIA Terminal 1&3

- Mariott Manila Hotel 

- Uniwide MetroMall 

- Guadalupe Commercial Center 

- Alphaland SouthGateMall 

- Star Mall 

- Department of ForeignAffairs

- Harizon Plaza

- Quezon City Hall 

- Market! Market! Mall

Palawan

- Surya Beach Resort 

- Maydavian Resort 

- Crystal Paradise Resort 

- JS Pension

- Hue Hotel 

- Holiday Suites

-Ala-amid Bed and Breakfast

- Haim Chicken Inato

- Kinabuch Grill Restaurant 

- Gandhi's Revenge

- Kalui Restaurant

- Puerto Princesa International Airport Prayer Room

- Masjid Daawah

Cebu

- Alta Cebu Village

- Garden Resort 

- Cordova Reef Village

- Cebu Holiday Plaza Hotel 

- Cebu Parklane International Hotel 

- Crowne Garden Hotel 

- Marco Polo Plaza Cebu

- Golden Peak Hotel & Suites

- Bluewater Maribago Beach Resort

- Ama's Choice Halal Food Restaurant 

- Persian Palate

- Persian Kebab Tandoori 

- 888 Asian Gourmet Food & Restaurant Lounge

- Shawarma Gourmet 

- Little India-Lahug

- Taj Indian Restaurant 

- Biryani De Cebu

- Mactan-Cebu Airport Muslim Prayer Room

- Al-Hairiah Masjid

- Madinah Mosque

Bohol

- Casa Amihan

- Bohol Bee Farm Resort 

- Bluewater Panglao Beach Resort

- Halal Eatery

- Khan's Kebab Express Halal 

- Lanzadera's Eatery

- Buzzz Cafe

- Masjid Darussalam

- Bohol Islamic Dawah Center

Boracay

- Paradise Garden Resort-Hotel & Convention Center 

- Shangri-La Boracay Resort and Spa

- Belmont Hotel Boracay

- Nutrition and Vegetarian Cuisine Resto

- Kasbah Boracay

- Bismillah Halal Turkish

- Kebab BBQ Hause

- Bistro Valhalla Boracay

- Boracay Muslim Mosque

Filipina telah meluncurkan pedoman baru yang mengatur operasional dan pengakuan perusahaan akomodasi ramah Muslim. Hingga April 2023, DOT telah mencatat total 289 perusahaan Akomodasi Bersertifikat Halal atau Ramah Muslim secara nasional. Kementerian Pariwisata juga menyediakan dana untuk akreditasi tidak kurang dari 50 restoran halal dalam menambah 65 restoran bersertifikat halal dan 172 restoran bersertifikat Ramah Muslim.

4 dari 5 halaman

Fasilitas Pendukung

Pesona Wisata Halal di Filipina © Diadona

Untuk memudahkan wisatawan mendapatkan informasi dan layanan ramah Muslim, Filipina telah meluncurkan 10 Tourist Rest Area di seluruh negeri. Lokasinya Strategis di antara destinasi wisata, dengan toilet bersih, pusat informasi, pusat pengisian daya, dan Pusat Pasalubong untuk menyediakan tempat bagi usaha kecil dan menengah setempat untuk menjual produk mereka. 

Tidak hanya itu, Filipina juga meluncurkan aplikasi panduan wisata untuk membuat kunjungan ke Filipina berjalan lancar. Aplikasi ini menjadi aplikasi super yang akan menghubungkan wisatawan ke tempat wisata terakreditasi untuk akomodasi, makanan, dan belanja. Ini juga akan menawarkan perjalanan melalui transportasi terakreditasi, operator tur, dan pemandu wisata. Melalui ini, semua aspek pengalaman perjalanan akan berada dalam genggaman pengunjung.

Salah satu fokus upaya kolaborasi Filipina dengan lembaga pemerintah lainnya untuk meningkatkan pengalaman wisata secara keseluruhan adalah memperkuat perdamaian dan keamanan di destinasi wisata Filipina melalui Program Top Cop. Per Mei 2023, Filipina telah melatih 7.133 polisi wisata di seluruh negeri. 

5 dari 5 halaman

Pesona Wisata Halal di Filipina © Diadona

Promosi untuk lalu lintas Muslim menjadi pusat perhatian di Kantor USEC Abubakar. DOT saat ini sedang mengembangkan seri video Mesum Travelogue, Buku Resep Halal untuk Kuliner Halal, Kalender Hijiri, seri video Kuliner Halal Mindanao, buku meja kopi seri kuliner Halal BIMP EAGA, dan Festival Makanan Halal Idul Fitri.

Departemen Pariwisata Filipina juga telah meluncurkan kampanye wisata terbaru, yakni “ Love the Philippines”. Kampanye ini merupakan seruan untuk bertindak bagi setiap warga Filipina untuk mengingat keindahan negara, menghormati masa lalu dan menatap masa depan. 

Jadi, mari jelajahi Filipina dengan cara yang belum pernah ada sebelumnya dalam perjalanan yang memperkaya kehangatan keramahtamahan Filipina dan keindahan bentang alam yang beragam. Dari warisan budaya komunitas Muslim Yang dinamis hingga pantai yang tenang dan pulau-pulau yang menakjubkan, pengalaman Anda di sini menjanjikan perpaduan harmonis antara iman, budaya, dan keajaiban alam. 

Beri Komentar