Paantu Matsuri, Festival Menyeramkan yang Bertujuan Menakuti Anak-Anak!

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 4 November 2020 19:20
Paantu Matsuri, Festival Menyeramkan yang Bertujuan Menakuti Anak-Anak!
Anak-anak akan ditakut-takuti sampai ia menangis minta ampun.

Jepang memang salah satu negara dengan budaya yang cukup beragam. Dengan keberagaman budaya ini, Jepang juga banyak memiliki festival unik yang tak ada di negara lain.

Salah satunya adalah Paantu Matsuri. Paantu Matsuri adalah salah satu festival unik yang ada di Jepang. Keunikannya adalah Festival ini hanya bertujuan untuk menakuti anak-anak yang ada di Jepang. Seperti apa seramnya festival ini?

1 dari 2 halaman

Paantu Matsuri

Paantu Matsuri Festival © Diadona

Paantu Matsuri dulunya adalah sebuah festival yang dirayakan di Kepulauan Miyako di Prefektur Okinawa. Festival ini dilakukan untuk membawa keberuntungan bagi anak-anak dengan mengusir roh jahat. Namun cara yang dilakukan cukup lucu dan unik. Yakni menakut-nakuti mereka dengan topeng dan mengolesi lumpur di wajah mereka.

Paantu Matsuri Festival © Diadona

Sebenarnya, Paantu adalah sebuah istilah yang ada di Jepang untuk roh jahat yang terlihat menakutkan dengan berlumuran lumpur dan dedaunan. Ini adalah tradisi lama di okinawa untuk menakut-nakuti anak kecil. Orang tua akan memberi tahu bahwa Paantu akan datang menculik mereka jika mereka berperilaku buruk.

2 dari 2 halaman

Tradisi Paantu Matsuri Mulai Meredup

Paantu Matsuri Festival © Diadona

Sayangnya, seiring berjalannya waktu, banyak penduduk lokal di Kepulauan Miyako mengeluh karena Paantu Matsuri perlahan meredup. Hal ini dikarenakan semakin banyak pria yang enggan berpartisipasi dalam festival ini.

Banyak jumlah pendeta wanita di desa-desa menurun karena kehidupan semakin sibuk. Dengan kesibukan ini banyak orang yang menutup mata terhadap tradisi semacam Paantu Matsuri ini. Populasi yang menua dan jumlah anak muda yang sedikit di pulau-pulau ini menjadi alasan mengaka mereka tak lagi mengadakan festival Paantu Matsuri ini.

Beri Komentar