Nggak Hanya Nuansa Penjara, Kafe Join x Jeera Juga Mempekerjakan Napi?

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 5 Maret 2020 12:02
Nggak Hanya Nuansa Penjara, Kafe Join x Jeera Juga Mempekerjakan Napi?
Kamu pecinta kopi? Tempat ini mungkin bisa jadi referensi nongki kamu bersama temen-temen

Kafe maupun coffee shop sudah menjamur di beberapa sudut kota. Mereka menawarkan rasa kopi yang menjadi ciri khas tempat mereka atau menjual suasana yang instagramable di tempat mereka. Salah satunya adalah di Kafe Join x Jeera yang berdesain mirip penjara dengan terali besar ini.

Tapi, nggak hanya tampilannya aja lho yang menarik. Ternyata ada kisah dibalik para pekerjanya yang nggak kalah mengundang penasaran. Mereka kebanyakan berstatus narapidana.

1 dari 3 halaman

Karyawan Narapidana

Kafe ini bekerjasama dengan yayasan Jeera yang memang memberdayakan warga binaan macam narapidana. Bahkan, dilansir dari liputan6, salah satu barista di kafe tersebut masih berstatus narapidana dan diizinkan bekerja di luar hingga menjelang masa hukumannya berakhir. Selama hukuman berjalan, ia harus wajib lapor tiga bulan sekali.

Kafe itu sudah berdiri selama kurang lebih hampir 4 tahun. Selain menjual kopi, tempat ini juga menjadi wadah para narapidana maupun mantan narapidana mengembangkan diri dan mempraktikkan ilmu yang didapat dari lapas.

2 dari 3 halaman

Tempat pelatihan Barista

Kafe Join x Jeera © Diadona

Kafe yang buka setiap hari dari 08.00 hingga 18.00 ini sengaja dijadikan tempat pelatihan untuk para narapidana lantaran mereka sering kesulitan mencari pekerjaan setelah keluar dari lapas.

Para pekerja di kafe ini juga dilatih agar dapat berkominaksi dengan baik agar nggak ada persepsi negatif yang nempel pada mereka. Dengan begitu kan mereka bisa berbaur dengan pengunjung yang datang.

Selain melatih para narapidana, mereka juga membuka pelatihan membuat kopi pada para pengunjung.

3 dari 3 halaman

Menu andalan

Kafe Join x Jeera © Diadona

Di kafe penjara ini terdapat kopi yang menjadi andalan yaitu Kopi Paradise. Kopi ini disajikan dengan susu dan karamel yang membuat rrasanya lebih lezat. Harga Kopi Paradise ini dibanderol Rp 30 ribu. Tapi jangan khawatir, harga kopi di sini mulai Rp 10 ribu sampai Rp 30 ribu aja kok.

Tertarik untuk mengunjungi tempat ini bersama teman-teman kamu? Nggak serem kok orang-orangnya.

Beri Komentar