Menyusuri Zhongdong, Sebuah Desa yang Berada dalam Gua Batu Raksasa!

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 23 Oktober 2020 16:20
Menyusuri Zhongdong, Sebuah Desa yang Berada dalam Gua Batu Raksasa!
Warga setempat tinggal di sebuah gua raksasa sepanjang tahun.

Desa adalah sebuah wilayah kecil dalam suatu daerah dan dihuni oleh beberapa penduduk di dalamnya. Biasanya, desa berada di daerah pesisir pantai, ataupun di lereng gunung. Berada jauh dari kehidupan kota, Desa biasanya punya pemandangan alam yang memanjakan mata.

Namun, ada salah satu Desa yang cukup unik. Berbeda dari Desa pada umunya, Desa unik ini berada di dalam gua batu raksasa. Seperti apa keunikan Desa ini? Yuk kita jalan-jalan!

1 dari 2 halaman

Desa Zhongdong

Desa Zhongdong © Diadona

Melansir dari Bored Panda, Desa Zhongdong ini terletak di Provinsi Guizhou, China. Letaknya sangat tersembunyi di dalam gua batu raksasa yang terbentuk secara alami.

Suasana di desa ini tak jauh beda dengan pemukiman pada umumnya. Ada sekolah, lapangan, dan juga rumah-rumah warga. Lalu, apa yang membuat mereka tinggal di sana?

2 dari 2 halaman

 

      View this post on Instagram      

A post shared by World Landforms (@geomorphological_landscapes) on

 

Sebenarnya, mereka tinggal di sana karena tak punya banyak pilihan. Berada di ketinggian 1800 meter di atas permukaan laut, tentu saja penduduk akan menghadapi cuaca yang cukup ekstrem. Gua itu menjadi pemukiman yang cukup nyaman dan aman untuk menghadapi cuaca buruk.

Mereka bahkan bisa melakukan aktivitas dalam gua mulai dari beternak, kerajinan tangan, sekolah hingga berolahraga.

Desa Zhongdong © Diadona

Nah, untuk bisa ke Desa Zhongdong ini, kamu perlu mendaki selama 1 jam. Akses yang sulit ini sayangnya kurang didukung oleh pemerintah. Sekolah satu-satunya di sana harus tutup pada tahun 2011. Akibatnya anak-anak Desa Zhongdong harus menempuh perjalanan selama dua jam setiap pagi dan sore untuk pergi ke sekolah terdekat.

Meskipun begitu, mereka tetap mendapat infrastruktur seperti saluran televisi dan surat kabar. Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi Desa Gua Zhongdong ini?

Beri Komentar