Menikmati Keindahan Alam Air Terjun Tumpak Sewu, Serasa Niagara di Lumajang

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 30 Desember 2019 12:14
Menikmati Keindahan Alam Air Terjun Tumpak Sewu, Serasa Niagara di Lumajang
Wisata air terjun Tumpak Sewu yang katanya adalah Niagaranya Lumajang, berada di dalam lembah curam memanjang dengan elevasi 500 meter di atas permukaan air laut.

Suguhan keindahan alam memang tidak akan ada habisnya. Sama halnya dengan keindahan alam air terjun satu ini. Wisata air terjun Tumpak Sewu yang katanya adalah Niagaranya Lumajang, berada di dalam lembah curam memanjang dengan elevasi 500 meter di atas permukaan air laut. Tumpak Sewu sering kebanjiran pengunjung di saat libur lebaran.

Air terjun Tumpak Sewu memiliki formasi terbilang unik karena aliran air yang melebar seperti tirai dan menjadikannya masuk dalam tipe air terjun Tiered. Air terjun Tumpak Sewu ini terbentuk di aliran Sungai Glidih yang berhulu di Gunung Semeru.

Pemandangan Menakjubkan dari Pos Panorama

Pos Panorama

Ketika kamu mengunjungi wisata air terjun Tumpak Sewu, kamu akan disuguhi pemandangan yang sangat menakjubkan dari pos panorama. Pos panorama ini memang disediakan oleh pemngelola untuk tempat melihat keindahan alam yang dibatasi dengan pelindung pagar besi, jadi aman untuk liburan anak-anak, keluarga, orang tua, hingga kaum berkebutuhan khusus. Para wisatawan cukup berjalan kakisejauh 400 meter untuk bisa sampai ke Pos Panorama.

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Dikutip langsung dari laman Liputan6 (17/12/2019), Air Terjun Tumpak Sewu berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Biasanya, untuk menuju air terjun Tumpak Sewu dijangkau melalui Kabupaten Lumajang lewat jalan nasional rute 3 lintas selatan Jawa Timur. Jika berangkat dari Malang, bisa memilih rute perjalanan Bululawang – Dampit – Tirtomoyo – Pronojiwo - perbatasan Lumajang dan Malang. Setelah sampai di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, wisatawan akan melihat pintu masuk obyek wisata air terjun Tumpak Sewu di tepi jalan. Jalan tersebut cuku lebar yang mampu dilintasi dua mobil.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi wisata alam di Lumajang ini? Share jawaban kamu di kolom komentar, ya!

Beri Komentar