Maeklong, Pasar di Tengah Rel Kereta, Antara Wisata atau Setor Nyawa?

Reporter : Nasa
Rabu, 19 Februari 2020 12:06
Maeklong, Pasar di Tengah Rel Kereta, Antara Wisata atau Setor Nyawa?
Ada sebuah pasar populer di Thailand yang selalu menjadi jujugan turis asing. Lokasinya berada pas di tengah-tengah rel kereta.

Thailand selalu menyuguhkan sesuatu yang unik bagi para wisatawan yang berkunjung ke negaranya. Maklum ya, soalnya Thailand menjadi salah satu negara yang menjadikan sektor pariwisata menjadi ladang pendapatan utama negaranya. Nah kali ini bukan tentang wisata kota Bangkok yang kita bahas.

Tapi sebuah pasar yang berada di Sumut Songkhram, lokasinya tidak jauh dari kota Bangkok. Lokasi ini sudah menjadi jujugan wisatawan mancanegara sejak lama. Terdapat dua pasar yang berada di lokasi tersebut yakni pasar Maeklong dan juga pasar apung Amphawa. Namun lokasi pasar Maekloong berada tepat di tengah-tengah rel kereta api.

 

1 dari 3 halaman

Maeklong Market © Diadona

Makanya banyak yang menyebutnya sebagai pasar kereta api Maeklong. Kabarnya, pasar Maeklong dulunya merupakan salah satu pasar hasil laut terbesar di Thailand. Hingga pada tahun 1900-an, pemerintah Thailand membangun infrastruktur untuk transportasi kereta yang akhirnya membelah pasar tersebut. Wah jadi memang lebih dulu pasarnya ya ketimbang rel keretanya.

Pantas saja mereka enggan untuk mencari lokasi baru. Karena para pedagang yang tetap bersikukuh untuk berdagang di atas rel, maka diambilah pilihan menarik dari otoritas setempat. Jadi pedagang pasar akan menyingkirkan barang dagangannya untuk sementara waktu jika kereta api sedang lewat. 

2 dari 3 halaman

Maeklong Market © Diadona

Meskipun terlihat berbahaya dan sangat berisiko, ternyata hal tersebut justru menyedot banyak wisatawan mancanegara. Kabarnya, pasar tersebut kini juga memang ditujukan lokasi wisata semata bukan sebagai lokasi pasar jual beli reguler. Kereta api akan melewati pasar Maeklong selama 8 kali dalam sehari. Katanya nih, pasar Maeklong juga hanya dilewati pasar yang sama dengan nomor 1227.

Jadi setiap ada gemuruh suara kereta api yang mulai berjalan perlahan, pada pedagang di pasar Maeklong akan meminggirkan dagangannya dan membuka payung yang menjadi penutup lapak-lapak mereka. Namun nggak jarang juga para pedagang di sana yang kedapatan membiarkan dagangannya tetap di tengah rel ketika kereta api lewat. 

3 dari 3 halaman

Maeklong Market © Diadona

Pas momen itu biasanya banyak banget wisatawan yang berjajar di pinggir rel kereta untuk mengabadikan momen tersebut. Banyak juga wisatawan yang nekad mengambil foto di tengah rel ketika kereta api akan lewat. Duh kok ngeri banget sih, mereka ini lagi wisata atau setor nyawa ya?

Tapi sejauh ini belum ada kejadian aneh-eneh kok di pasar tersebut. Karena biasanya masinis kereta api yang melewati pasar tersebut akan menjalankan kereta dengan sangat perlahan, demi keamanan orang sekitar. Selain dari sisi luar kereta, wisatawan juga bisa melihat momen tersebut dari dalam kereta.

Kalau dilihat dari dalam kereta momen pedagang pasar yang cepat-cepat memindahkan dagangannya dan bergumul dengan para wisatawan ini jadi terlihat lebih lucu loh. Gimana nih pendapat kamu tentang pasar Maeklong? Atau kamu sudah pernah ke sana? Jangan lupa bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya.

 

Beri Komentar