Kota Mulia di Papua Menjadi Kota Paling Dingin di Indonesia, Sedingin Hati Doi Nggak Ya?

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 19 Maret 2020 16:43
Kota Mulia di Papua Menjadi Kota Paling Dingin di Indonesia, Sedingin Hati Doi Nggak Ya?
Kota Mulia yang ada di Papua ini berada di ketinggian 2.448 mdpl, lebih tinggi dari kkawasan Ranu Kumbolo di Gunung Semeru.

Kalau kamu penasaran, kKota manakah yang paling dingin di Indonesia? jawabannya adalah Kota Mulia di Papua. Daerah yang menjadi bagian dari kabupaten Puncak Jaya Wijaya ini memiliki daratan seluas 883 km persegi. Di kota ini ada sekitar 24.649 penduduk. Letaknya yang berada di 2.448 mdpl, membuat kota Mulia menjadi kota paling dingin di Indonesia. Bahkan tempat ini nggak bersentuhan dengan garis pantai sama sekali. Seperti apa sih kotanya? Yuk kita lihat!

1 dari 2 halaman

Suhu

Kota Mulia Papua © Diadona

Suhu normal pada siang hari di Kota Mulia ini mencapai 15-12 derajat. Kemudian ketika malam udara akan makin turun menjadi 9 derajat ceclius. Karena tempatnya berada di dekat puncak Jaya Wijaya, kota ini bisa mencapai titik beku.

Untuk melawan cuaca dingin, para penduduk membangun rumah menggunakan hanoi dengan dinding utuh tanpa jendela. Di sini kamu akan jarang menemukan dinding semen, mungkin hanya sebagian rumah dan gedung perkantoran saja.

2 dari 2 halaman

Mata pencaharian

Karena letaknya yang berada di dataran tinggi, membuat perkebunan adalah pekerjaan yang paling diminati penduduk. Tanaman dan hasil tani mereka bisa tumbuh subur di Kota Mulia. Berbeda dengan kebanyakan tempat di wilayah timur Indonesia lainnya, Kota Mulia ini sudah tersentuh modernitas karena sudah adanya sejumlah kantor pemerintah. Setiap penjurunya juga sudah dibangun rumah ibadah, rumah sakit, sekolah, serta fasilitas olahraga lainnya.

Kota Mulia Papua © Diadona

Bagaimana pendapat kamu? apakah kotamu lebih dingin? kalau iya silahkan tulis di kolom komentar, ya.

Beri Komentar