Islandia, Negara yang Sama Sekali Nggak Ada Nyamuknya

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 14 Februari 2020 15:14
Islandia, Negara yang Sama Sekali Nggak Ada Nyamuknya
Islandia adalah satu dari sedikit negara yang ternyata gapunya populasi nyamuk.

Islandia adalah negara yang terletak di Eropa yang benar-benar bebas dari nyamuk. Negara dengan penduduk yang sedikit ini adalah rumah bagi 1.300 jenis serangga, tetapi tidak memiliki nyamuk sama sekali.

Nyamuk telah menjadi ancaman di hampir semua negara. Bahkan di beberapa tempat termasuk Indonesia, nyamuk bisa menimbulkan penyakit yang cukup menyakitkan seperti Demam Berdarah dan Malaria. Padahal, negara-negara tetangga Islandia seperti Greenland, Skotlandia, dan Denmak memiliki populasi nyamuk yang signifikan. Hal ini kemudian yang menjadi subjek bagi banyak peneliti.

Ternyata memang ada beberapa faktor yang menyebabkan tidak adanya nyamuk di Islandia.

1 dari 3 halaman

1. Jarang Genangan Air

Ilustrasi Nyamuk © Diadona

Nyamuk membutuhkan air yang tergenang atau air yang tidak mengalir untuk tempatnya bertelur. Di Islandia, ternyata tidak ada genangan air yang ada untuk waktu yang cukup lama untuk mendukung siklus pertumbuhan perkembangan nyamuk.

2 dari 3 halaman

2. Suhu Rendah

Islandia memiliki suhu yang sangat rendah mencapai -38 derajat celcius yang dapat membukan air. Sehingga nyamuk tidak mungkin berkembang biak dan menaruh telur di air yang beku. Diperkirakan metamorvosis yang terganggu menyebabkan nyamuk menjadi punah di Islandia.

3 dari 3 halaman

3. Kondisi Alam yang Tidak Ramah untuk Nyamuk

Komposisi air, tanah, dan ekosistem umum Islandia memang tidak mendukung kehidupan nyamuk. Islandia adalah negara satu-satunya melestarikan nyamuk dalam laboraturium di Institut Sejarah Alam Islandia.

Kalo kamu lagi sebel sama nyamuk, mending ngungsi ke Islandia kali, ya? :D

Beri Komentar