Ingin Tahu Sejarah Toilet di Seluruh Dunia? Yuk ke Museum Toilet Korea

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 7 Februari 2020 11:16
Ingin Tahu Sejarah Toilet di Seluruh Dunia? Yuk ke Museum Toilet Korea
Di Museum Toilet ini kamu akan menemukan banyak toilet dari seluruh dunia, dan sejarahnya.

Apa yang kamu bayangkan ketika membahas tentang museum? Mungkin berkaitan dengan sejarah, perang, dan zaman penjajahan. Namun apa yang kamu bayangkan ketika mendengar Museum Toilet?

Ya, Museum Toilet di Korea Selatan ini memang mengupas sejarah tentang toilet dari masa ke masa yang ada di Korea Selatan. Wah, unik ya. Ada apa aja sih yang ada di sana? Yuk kita simak.

1 dari 3 halaman

Sejarah

Museum Toilet Suwon Korea © Diadona

Museum Toilet ini dibangun oleh Sim Jae-duck. Dia adalah Walikota Suwon, Korea Selatan yang telah berjasa meningkatkan sanitasi yang ada di Korea Selatan. Setelah sukses dengan itu, dia akhirnya membangun Museum Toilet untuk mengedukasi dunia tentang pentingnya sanitasi di seluruh dunia sebelum akhirnya dia meninggal pada 2009 lalu.

2 dari 3 halaman

Fasilitas

Museum Toilet Suwon Korea © Diadona

Museum ini bertema toilet dan materi pendidikan tentang pentingnya fasilitas toilet bersih. Sejak 2012, museum ini berkembang dengan menampilkan seluruh toilet jongkok hingga toilet duduk, dari masa ke masa.

Museum Toilet Suwon Korea © Diadona

3 dari 3 halaman

Lokasi

Museum Toilet Suwon Korea © Diadona

Museum Toilet ini terlatak di utara Suwon. Kamu bisa ke sana dengan naik metro ke stasiun Sungkyunkwan (Jalur satu, menju selatan dari Seoul) dan kemudian naik bus lokal.

Dan, tiket masuknya gratis. Satu-satunya biaya ya transportasi tadi dan tergantung dari Seoul mana kamu berangkat.

Bagaimana? Tertarik untuk menjadikan Museum Toilet ini sebagai destinasi wisata kamu selanjutnya ketika kamu berkunjung ke Korea Selatan? Silahkan tulis di kolom komentar ya. Jangan Lupa Share ke temen-temen kamu.

Beri Komentar