Indah Banget, Masjid Pink Dimaukom yang Jadi Simbol Cinta, Harmoni dan Keberagaman di Filipina

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 26 Februari 2020 11:44
Indah Banget, Masjid Pink Dimaukom yang Jadi Simbol Cinta, Harmoni dan Keberagaman di Filipina
Masjid biasanya berwarna natural seperti putih atau sebagainya. Namun, warna Pink di Masjid Dimaukom ini menjadi unik dan belum pernah ada di dunia ini.

Masjid Dimaukom atau Masjid Pink ini adalah sebuah masjid yang berdiri di Filipina. Masjid yang di cat warna pink yang sangat mencolok ini jadi pusat perhatian masyarakat dan wisatawan yang datang. Berlokasi di Kota Datu Saudi Ampatuan, Provinsi Magundanauo, Filipina Selatan, Masjid Pink ini telah menjadi ikon sekaligus tempat wisata religi daerah tersebut.

1 dari 4 halaman

Sejarah

Masjid Pink Dimaukom Filipina © Diadona

Masjid ini pertama kali dibangun pada 2011 lalu atas Walikota Datu Saudi Ampatuan, Samsodin Dimaukom. Ya, namanya juga diambil dari nama belakang Samsodin Dimaukom. Akhirnya diresmikan pada tahun 2013 lalu. 

2 dari 4 halaman

Dibangun oleh orang kristen

Masjid Pink Dimaukom Filipina © Diadona

Meskipun sudah dibuka pada 2013 lalu, namun baru populer baru-baru ini, lho. Tidak sedikit umat muslim yang datang untuk mengagumi keindahannya dan beribadah di sana. Namun ada yang unik dari pembangunan masjid pink ini. Kabarnya, pekerja yang membangun masjid kebanyakan adalah orang kristen.

Seperti diketahui, kebanyakan warga Filipina mayoritas memeluk agama Kristen. Namun para pekerja membangun masjid dengan sukarela dan tidak dibayar. Inilah yang mendasari masjid ini juga menjadi simbol cinta, persaudaraan, perdamaian, dan harmoni antar umat beragama yang sangat kuat.

3 dari 4 halaman

Filosofi Warna Pink

Masjid Pink Dimaukom Filipina © Diadona

Kalau masjid biasanya dibangun dengan warna yang natural, namun masjid ini dibangun dengan warna pink. Hal ini karena pink merupakan warna favorit walikota dan istrinya. Tapi bukan cuma itu lho. Pink juga menjadi lambang kedamaian dan cinta. Cinta kepada Allah SWT, cinta kepada sesama, dan cinta pada negara. 

4 dari 4 halaman

Arsitektur

Masjid Pink Dimaukom Filipina © Diadona

Para pengunjung akan disambut oleh pintu gerbang dan pagar berwarna pink. Warna pink juga akan kamu temui di bagian dalam masjid layaknya istana yang sangat imut.

Nggak hanya warna cat yang pink, bahkan siapapun yang datang ke sini harus berpakaian pink, dari para santri hingga para pengunjung.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi tempat ini? Silahkan tulis di kolom komentar, ya.

Beri Komentar