Dolar AS Melesat Tembus Rp 16.000/US$, Agenda Pelesir Luar Negeri Sepanjang 2020 Kudu Ditunda?

Reporter : Nasa
Kamis, 19 Maret 2020 12:56
Dolar AS Melesat Tembus Rp 16.000/US$, Agenda Pelesir Luar Negeri Sepanjang 2020 Kudu Ditunda?
Setidaknya pada Kamis (19/3), dollar AS sudah tembus Rp 16.000/US$.

Rupiah keok, babak belur dihantam dolar Amerika Serikat (AS) yang terus melesat setelah wabah pendemi virus corona di seluruh dunia. Bahkan laman google per Kamis (19/3) pukul 12.20 sudah menginformasikan dolar AS sudah tembus Rp 16.110.

Melansir dari laman Financial Times, perbankan konvensional Indonesia sudah menjual dolar AS pada posisi Rp. 16.000. Menurut laman CNBC Indonesia, pelemahan rupiah sudah terlihat sejak Rabu (13/03). Tanda-tanda depresiasi rupiah terlihat pada pasar Non-Deliverable Market (NDF).

1 dari 3 halaman

NDF sendiri merupakan instrumen yang memperdagangkan mata uang dalam jangka waktu tertentu, dengan menggunakan patokan kurs tertentu juga. Belum diketahui pasti apakah kondisi pelemahan rupiah ini akan bertahan dalam waktu lebih lama.

Terus bagaimana kamu yang sudah merencanakan pelesir ke luar negeri sepanjang tahun ini. Bagi kamu yang sudah merencanakan pelesir luar negeri dalam kurun 2 atau 3 bulan ke depan, memang harus menunda keberangkatan ya.

2 dari 3 halaman

Mengingat situasi wabah di Indonesia membuat pemerintah memberlakukan peraturan yang cukup ketat untuk lalu lalang ke luar negeri. Nah kalau begitu bagaimana dengan yang merencanakan liburan ke luar negeri pada pertengahan atau akhir tahun?

Sebaiknya kamu terus memperhatikan situasi Indonesia seiring berjalannya waktu ya. Pelemahan rupiah yang sangat signifikan beberapa waktu belakangan bahkan menorehkan sejarah baru setelah masa krisis moneter di tahun 1998.

3 dari 3 halaman

Perlu kamu ketahui, bahwa pelemahan mata uang tak hanya dialami oleh mata uang kita loh. Hampir seluruh mata uang berbagai negara juga babak belur dengan semakin melesatnya dolar AS. Jadi akan kurang bijak kalau kamu terlalu berprasangka negatif.

Semoga kondisi pelemahan rupiah ini tidak terjadi dalam jangka panjang. Pemerintah tentu tengah mengupayakan agar pelemahan rupiah bisa di tekan. Jadi kamu nggak akan menambah anggaran yang signifikan untuk agenda  pelesirmu tahun ini.

Nah nggak lupa juga nih buat ngingetin. Jangan lupa terus jaga kebersihan dan kesehatan tubuhmu dan orang-orang tersayang ya. Semoga kita semua bisa melalui wabah pendemi dunia ini. Sehingga agenda pelesirmu nggak kudu ditunda.

Beri Komentar