Bukan Amerika, Liberty Ternyata Hadiah Dari Perancis Untuk Mesir

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 3 Maret 2020 17:33
Bukan Amerika, Liberty Ternyata Hadiah Dari Perancis Untuk Mesir
Patung yang menjadi ikon Amerika Serikat ini ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang.

Jika mendengar kata Liberty yang ada di otak kita adalah Amerika Serikat. Patung ini seakan menjadi ikon kota New York. Bahkan, patung ini menjadi simbol kebebasan para imigran yang datang ke Amerika Serikat. Patung ini menggambarkan perempuan yang mengangkat obor.

Terlepas dari itu, Patun Liberty ini ternyata mempunyai sejarah yang nggak disangka-sangka. Apa aja ya?

1 dari 2 halaman

Sejarah

Patung Liberty © Diadona

Patung Liberty ini ternyata nggak dibangun sendiri oleh Amerika Serikat. Tapi ini adalah pemberian dari Perancis. Tujuannya dari pembangunan ini adalah sebagai hadiah persahabatan dari orang-orang Perancis kepada orang Amerika.

Nah ternyata ada fakta unik lain nih.

2 dari 2 halaman

Patung Liberty Bukan Untuk Amerika Serikat

Nah lho, katanya tadi pemberian perancis sebagai hadiah persahabatan? Dilansir dari berbagai sumber, Patung Libery ini merupakan inspirasi dari perempuan Arab penjaga Terusan Suez di Mesir.

Patung Liberty © Diadona

Pada awalnya, pematung Perancis yang merancang Patung Liberty, Frederic Auguste Bartholdi ini melakukan perjalanan ke Mesir pada tahun 1855-1856. Dia tertarik terhadap monumen besar dan patung-patung raksasa yang ada di sana.

Patung Liberty © Diadona

Mesir ternyata pernah membuat proposal terkait pembangunan mercusuar pada tahun 1869. Bartholdi langsung merancang patung besar yang menggambarkan seorang perempuan berjubah megah memegang obor. Rancangan ini bernama " Mesir Membawa Cahaya ke Asia.

Patung Liberty © Diadona

Ternyata rancangan ditolak oleh pihak Mesir. Bukannya kecewa, Bartholdi justru dengan cepat merealisasikan hasil karyanya di negara asalnya yang menjadi sebuah hadiah dari Perancis guna merayakan seabad Deklarasi Kemerdekaan.

Beri Komentar