5 Coban Bertingkat di Malang yang Wajib Masuk List Destinasi Liburanmu

Reporter : Wicha Mashita
Selasa, 28 Januari 2020 11:42
5 Coban Bertingkat di Malang yang Wajib Masuk List Destinasi Liburanmu
Kelima coban ini siap membuatmu rileks dan tenang saat mendatanginya.

Apakah kamu penggemar wisata bahari untuk liburan? Nggak cuma menawarkan pantai-pantai cantiknya, tapi juga coban di Malang wajib banget, loh untuk dikunjungi!

Biasanya Malang terkenal akan cerita Coban Rondo, Coban Pelangi atau Coban Bidari yang memang sudah tidak asing lagi. Tapi ternyata, Kota Dingin ini masih banyak menyimpan coban yang nggak kalah cantiknya. Melansir dari berbagai sumber, ada lima coban di Malang yang mengundangmu untuk datang.

1 dari 5 halaman

Coban Nirwana

Ilustrasi Air Terjun © Diadona

Sebelumnya, nama dari coban ini lebih dikenal dengan sebutan 'Coban Mbok Karimah' yang berkaitan dengan nama sesepuh yang tinggal di sekitar air terjun. Banyak orang yang terpikat dengan keindahannya sehingga namanya diganti dengan Coban Nirwana. Istilah nirwana sendiri menggambarkan desain alam dari wanawisata yang menakjubkan. Tapi, ada juga yang menyebutnya sebagai Coban Gedangan karena lokasinya ada di Kecamatan Gedangan, Krajan Lor, Malang.

Pemandangan tebing bertingkatnya menjadi pesona tersendiri dari coban ini. Warnanya mengkilap sehingga membuatnya tampak eksotik. Alam hijau di sekitar tebing cokelatnya menciptakan kesan sejuk untuk tinggal lebih lama di sana.

2 dari 5 halaman

Coban Tundo

Ilustrasi Air Terjun © Diadona

Coban yang satu ini memiliki keunikan di mana dalam satu kawasan memiliki 4 air terjun dan 4 kolam, wow! Bahkan kedalaman kolam di sini juga bertingkat dan kamu bisa memilih sesuai kenyamananmu. Tapi, buat kamu yang nggak bisa renang sebaiknya jangan nekat ya soalnya kondisi kolam alami ini masih sulit diperkirakan kecuali kalau di Coban Tundo yang pertama karena cukup dangkal.

Buat kamu yang menyukai tantangan, cocok banget buat main ke Coban Tundo karena untuk sampai di sana kamu harus trecking melintasi perbukitan. Coban yang berlokasi di Gunung Tambakan Sumbermanjing ini masih belum banyak dijamah manusia sehingga alamnya yang sunyi cukup ampuh menenangkanmu. Apalagi kalau kamu lagi suntuk dan stress.

3 dari 5 halaman

Kedung Darmo

Ilustrasi Air Terjun © Diadona

Kedung Darmo juga memamerkan kolam bertingkatnya yang berpadu dengan udara sejuk. Secuil surga dunia di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur di Malang Selatan ini searah dengan pantai Balekambang. Selain kolam bertingkat, ada juga kolam utama yang paling besar untuk kamu berendam atau berenang di sana. Warna dari kolam di Kedung Darmo juga siap membuatmu terpesona karena jernih bak berlian tosca.

4 dari 5 halaman

Coban Trisula

Ilustrasi Air Terjun © Diadona

Coban Trisula memiliki air terjun tiga tingkat yang letaknya ada di tengah-tengah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Lokasinya ada di Dusun Ngadas, Poncokusumo. Nama dari tiga tingkatan air terjun tersebut juga berbeda-beda. Air terjun paling atas diberi nama Coban Atas yang memiliki ketinggian sekitar 35 meter dari curahan Sungai Lajing. Kemudian Coban Tengah yang memiliki ketinggian hanya 2,5 meter dan terakhir adalah Coban Bawah dengan ketinggian 11 meter. Selain alamnya nggak boleh terlewatkan, juga ada peninggalan sejarahnya, loh!

5 dari 5 halaman

Coban Srengenge

Ilustrasi Air Terjun © Diadona

Coban yang berlokasi di Area Sawah Ampelgading, Malang ini punya banyak pesona yang luar biasa. Dalam Bahasa Jawa, Srengenge mempunya arti sinar matahari. Di sinilah kamu akan mandi dan dimanjakan cahaya matahari pagi maupun sore hari. Sehingga, air jernihnya juga akan berkilau karena pantulan cahaya. Coban Srengenge juga memiliki tiga tingkat sumber mata air yang tumpah siap mengguyur tubuhmu. Selain itu, kamu bisa melihat pelangi yang terpancar di antara bukit dan tebing di antara pukul 09.00-12.00 WIB.

Pemandangan air yang berpadu dengan pepohonan hijau dan pegunungan memang tidak pernah salah untuk didatangi. Dari kelima coban tersebut, mana nih yang paling menarik untuk kamu kunjungi duluan?

Beri Komentar