18 Destinasi Wisata Bandung yang Murah dan Cocok untuk Keluarga 2019

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 13 Januari 2020 15:31
18 Destinasi Wisata Bandung yang Murah dan Cocok untuk Keluarga 2019
Destinasi wisata di Bandung yang murah dan cocok untuk keluarga.

Berlibur menjadi cara terbaik mengusir penat dan menyegarkan pikiran setelah beraktivitas. Salah satu kota yang populer sebagai destinasi wisata yaitu Bandung. Dengan beragam tempat wisata yang ditawarkannya memang tak heran jika Bandung menjadi kota destinasi wisata utama di Jawa Barat. Di tambah lagi dengan udara khasnya yang sejuk membuat Bandung sangat digemari di kalangan wisatawan.

Baik alam maupun non-alam, destinasi wisata di Bandung memang mempesona. Jika kamu tertarik berkunjung ke Kota Bandung, berikut ini sederet destinasi wisata menarik yang telah dirangkum dari berbagai sumber (13/01). Selain itu, destinasi wisata di bawah ini juga sangat cocok dijadikan sebagai wisata keluarga. Penasaran dimana saja tepatnya?

1 dari 4 halaman

Destinasi Wisata Kota Bandung

Sebagai salah satu kota rujukan wisata, tentu saja destinasi wisata di Bandung sangat beraneka ragam. Jika kamu sedang mencari rekomendasi wisata di Kota kembang, destinasi berikut ini bisa kamu coba. Untuk selengkapnya, langsung cek ke bawah yuk.

1. Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung menjadi destinasi wisata lainnya yang sayang jika kamu lewatkan ketika di Bandung. Museum Geologi ini menyuguhkan berbagai ruang peragaan yang menampilakn kondisi geologi Indonesia tiap zamannya, flora-fauna, fosil dan lain sebagainya. Untuk jam operasionalnya sendiri, Museum Geologi Bandung buka setiap hari selain hari Jumat dan libur nasional. Mulai dari jam 8 pagi sampai 4 sore untuk hari Senin sampai Kamis dan dari jam 8 pagi sampai 2 sore di akhir pekan.

2. Tempat Wisata Alam Ranca Upas, Ciwidey

Ranca Upas Bandung © Diadona

Berkemah bersama keluarga bisa menjadi salah satu alternatif liburan yang bisa kamu coba. Selain menawarkan bumi perkemahan, di Ranca Upas kamu juga bisa menemui tempat penangkaran rusa. Sangat cocok sekali buat kamu yang ingin mengenalkan binatang pada si kecil sekaligus rekreasi.

Dengan membayar sekitar Rp.5000 saja, kamu bisa memberi makan rusa. Selain itu, destinasi wisata Bandung ini juga menawarkan berbagai kegiatan outdoor dan air serta pemandian air panas.

3. Jendela Alam

Jendela Alam merupakan destinasi wisata yang sangat cocok untuk anak-anak. Mengusung konsep eduwisata, di Jendela Alam anak-anak bisa bermain sekaligus belajar tentang hewan dan pertanian. Beragam kegiatan seperti memandikan dan memberi makan hewan sampai bermain air di Waterboom bisa dilakukan di destinasi wisata Bandung ini.

4. Kampung Gajah Wonderland

Kampung Gajah Wonderland juga menjadi destinasi wisata keluarga lainnya yang ada di Bandung. Tepat wisata ini menawarkan puluhan wahana menarik seperti sepeda air, waterboom, sky rider, grass skating, dan masih banyak lagi. Destinasi wisata Bandung ini terletak di kawasan Jalur Sersan Bajuri, Desa Cihideung.

Selain itu, si kecil juga bisa belajar cara bertani dan juga metode bertani secara modern. Kalau kamu lapar, jangan khawatir karena Jendela Alam juga menyajikan berbagai kuliner khas Sunda yang nikmat.

2 dari 4 halaman

Destinasi Wisata Bandung Lembang

Berbicara tentang destinasi wisata Bandung pasti nggak bisa dipisahkan dari lembang. Memang, daerah Lembang memiliki beragam tempat wisata yang sayang banget jika kamu lewatkan. Ini dia beberapa diantaranya.

1. Wisata Grafika Cikole

Destinasi wisata Bandung yang satu ini sangat pas buat kamu yang ingin menghabisakan liburan atau berakhir pekan bersama keluarga. Wisata Grafika Cikole merupakan destinasi wisata lengkap yang menyuguhkan berbagai objek rekreasi seperti hutan pinus, wahana outbond dan juga penginapan. Bentuk hunian penginapan yang mengusung gaya vintage dan terbuat seluruhnya dari kayu inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari Wisata Grafika Cikole.

2. Floating Market Lembang

Ilustrasi Pasar Apung © Diadona

Selain Banjarmasin, di Bandung kamu juga bisa menjumpai pasar apung atau floating market yang berada di kawasan Lembang. Tak hanya pasar apung saja, destinasi wisata Bandung ini juga menawarkan wahan menarik lainnya seperti kota mini, penyewaan kostum Jepang dan Korea, wahana permainan air, dan juga rainbow garden. Selain pasar apung, kamu juga bisa berkunjung ke ladang bunga yang berkonsep seperti di Jerman dan kawasan pedesaan di Jepang.

3. Farmhouse Lembang

Dengan mengusung konsep Eropa, destinasi wisata Bandung ini bisa menjadi opsi menarik untuk liburan. Berbagai spot keren bisa kamu jumpai di kawasan ini. Selain itu, kamu juga bisa menywa kostum khas tradisional Belanda yang bisa membuat fotomu semakin ciamik.

Salah satu spot foto populer di Farmhouse Lembang yaitu rumah hobit. Jika kamu penggemar film Lord of The Rings, pastinya kamu sudah familiar dengan rumah unik para hobbit ini. Selain rumah hobbit, kawasan ini juga memiliki kandang burung dan kelinci yang sangat cocok jika berkunjung bersama buah hati.

4. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha © Diadona

Observatorium Bosscha merupakan observatorium tertua di Indonesia yang dibangun sejak tahun 1923. Destinasi wisata Bandung ini menawarkan kemegahan bangunan beraksitektur Belanda dengan atap setengah lingkaran yang indah. Di Observatorium Bosscha kamu bisa melihat cara kerja teleskop Zeiss dan juga jika langit cerah di malam hari, kamu bisa mencoba meneropong langsung dengan teleskop portable dan teleskop Bamberg. Untuk berkunjung ke observatorium ini, kamu harus mendaftar lebih dulu dengan biaya sebesar Rp. 15 ribu per orangnya di siang hari dan Rp. 20 ribu di malam hari.

3 dari 4 halaman

Destinasi Wisata Alam Bandung

Memang nggak bisa dipungkiri jika Bandung memiliki pesona alam yang luar biasa. Banyak destinasi wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi seperti beberapa destinasi di bawah ini. Yuk, simak.

1. Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat bisa menjadi destinasi yang sangta menarik buat kamu yang menyukai tantangan. Karena, untuk mencapainya kamu harus melewati medan yang cukup curam dan berbatu lebih dulu. Tapi, hal ini akan terbayar dengan suguhan air terjun unik yang memiliki tiga tingkatan dan empat sungai dengan nama yang berbeda-beda di setiap tempatnya. Terlebih lagi, destinasi wisata Bandung ini juga dikelilingi dengan panorama alam yang memukau berupa tebing asri dan batu cadas yang membuat Curug Tilu Leuwi Opat semakin sempurna.

2. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu © Diadona

Gunung yang juga terkenal dengan legenda Sangkuriangnya ini pasti sangat familiar bagi sebagaian besar dari kita. Terlepas dari legendanya, destinasi wisata Bandung ini memang sangat memanjakan mata dan bisa menjadi opsi menarik saat liburan. Gunung Tangkuban Perahu juga memiliki hal unik sekaligus menjadi daya tariknya yaitu adanya sembilan kawah yang memiliki ciri khas berbeda-beda.

3. Situ Lembang

Situ Lembang ini merupakan danau buatan tertua di Bandung yang dibangun sejak tahun 1914. Pemandangan alam di sekeliling Situ Lembang juga sangat memukau, terlebih kamu bisa melihat kemegahan Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Sunda dari destinasi wisata Bandung ini. Jika kamu berkunjung di saat yang pas, kamu bisa melihat kabut tipis yang menyelubungi danau tepat di atas telaga yang semakin membuat Situ Lembang semakin mempesona.

4. Pemandian Air Panas Ciater

ilustrasi pemandian air panas blerang © Diadona

Berendam di pemandian air panas memang sangat pas dengan udara Bandung yang dingin dan sejuk. Kawasan Pemandian Air Panas Ciater, selain menyuguhkan kolam pemandian, juga menawarkan fasilitas seru lainnya seperti outbound, flying fox, dan juga arung jeram. Sarana olahraga dan restoran juga bisa kamu temui di destinasi Bandung satu ini. Pemandian air panas ini sendiri terletak di perbatasan Bandung dan Subang dengan akses yang cukup mudah.

5. Curug Malela

Curug Malela ini sering juga disebut dengan " Niagaranya Indonesia" karena bentuknya yang seperti Niagara mini di Amerika. Wisata alam ini memiliki aliran yang jernih dan juga seperti tirai bertingkat. Jadi nggak heran kan kenapa Curug Malela disebut dengan Niagaranya Indnesia. Selain keindahan air terjunnya, pemandangan alama di sekitar destinasi Bandung ini juga tak kalah mempesona. Tapi, untuk mencapainya siap-siap menyiapkan tenaga lebih ya karena medannya yang nggak mudah.

4 dari 4 halaman

Destinasi Tempat Wisata di Bandung

Destinasi wisata Bandung di bawah ini juga nggak kalah menarik dari berbagai tempat wisata sebelumnya. Bisa juga sebagai alternatif destinasi wisata saat berkunjung ke Kota Kembang. Cek, yuk ada apa saja.

1. Menyusuri Kota Bandung

Gedung Sate © Diadona

Menyusuri Kota Bandung juga bisa menjadi alternatif yang murah meriah sekaligus menarik saat berlibur ke Kota Kembang ini. Kamu bisa menyusuri Jalan Braga atau berkunjung ke Alun-Alun Bandung dan Gedung Sate. Jalan Braga ini sangat menarik karena di sepanjang jalannya kamu akan menemui banyak bangunan-bangunan tua khas Eropa sisa peninggalan zaman Belanda. Karena ini jugalah Jalan Braga disebut dengan Paris Van Java.

2. Little Seoul Bandung

Buat kamu yang ingin berkunjung ke Korea dan belum sempat, tenang saja kamu bisa mencoba dulu sensasi berjalan di Seoul dengan mengunjungi Little Seoul yang ada di Bandung. Di sepanjang kawasan ini, kamu bisa berfoto di berbagai spot menarik salah satunya yaitu bangunan dengan arsitektur tradisional khas Korea. Agar semakin lengkap, kamu bisa menyewa hanbok yang tersedia di area ini dengan harga Rp. 30.000 saja.

3. Panama Park 825 Bandung

Destinasi Bandung satu ini menawarkan konsep yang cukup menarik yaitu indoor playground atau bermain di dalam ruangan. Panama Park 825 menyuguhkan beragam wahana seru seperti Game Master, LED Interactive Room, Role Play, Big Rides, dan masih banyak lagi wahana menarik lainnya. Di Panama Park 825 ini juga terdapat wahana bermain salju asli yang sayang banget jika kamu lewatkan. Jika tertarik mencoba sensasi bermain salju di Panama Park 825 kamu bisa langsung meuju Jl. Jend. Sudirman No. 825, Cijerah, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung.

4. Taman Asia Afrika Bandung

Taman Asia Afrika Bandung © Diadona

Taman Asia Afrika bisa menjadi alternatif wisata malam yang menarik di Bandung. Salah satu yang menjadi ikon dari taman ini yakni adanya atraksi air mancur yang menari mengiringi alunan musik dan akan menyala berwarna-warni di malam hari. Taman cantik ini lokasinya sangat strategis yaitu berada di kawasan Kiara Artha Park, Jalan Jakarta. Lokasi taman ini juga cukup dekat dengan tempat kuliner maupun tempat wisata populer di Bandung lainnya. Menarik juga, ya!

5. Lampion Park Tegallega

Lampion Park Tegallega sangat cocok sebagai destinasi wisata buat kamu yang ingin mencari wisata murah di Bandung. Karena, biaya masuk ke kawasan ini sangat terjangkau yaitu Rp. 1000 saja. Meski terbilang baru dan murah, daya tarik dari Lampion Park Tegallega juga nggak kalah dari tempat wisata lainnya. Di taman lampion ini, kamu bisa menjumpai patung T-Rex dan 20 replika dinosaurus yang bisa menyala di malam hari. Lampu hias yang berwarna-warni disekelilingnya juga semakin membuat taman ini menjadi menarik.

Bandung memang bisa dibilang sebagai salah satu surga wisata di Pulau Jawa dengan beragam destinasi menariknya. Bagaimana, apa kamu setuju juga? Tulis jawabanmu di kolom komentar, ya!

Beri Komentar