15 Tempat Wisata Ungaran Jawa Tengah yang Terbaru dan Wajib Dikunjungi

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 21 Februari 2020 22:02
15 Tempat Wisata Ungaran Jawa Tengah yang Terbaru dan Wajib Dikunjungi
Wisata Ungaran yang terbaru dan bisa jadi referensi wisatamu.Simak selengkapanya di sini ya.

Semarang tak hanya menyuguhkan bangunan-bangunan tua yang menarik, tapi juga panorama ala yang indah. Salah satu cara menikmatinya yaitu dengan berkunjung ke Kota Ungaran. Kota ini merupakan ibukota dari Kabupaten Semarang. Di Ungaran, kamu akan disuguhi sederet wisata menarik mulai dari curug hingga bukit dengan bentang alam yang indah.

Nah, bila kamu berencana berlibur di kota ini, simak dulu yuk sederet tempat wisata Ungaran terbaru dan wajib kamu kunjungi yang dilansir dari berbagai sumber (21/02) berikut ini. Cek yuk!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Ungaran

Ungaran ini memiliki banyak banget lho wisata yang indah. Apalagi wisata alam yang menjadi wisata mayoritas. Di bawah ini beberapa rekomendasi wisata di Ungaran yang bisa kamu tuju. 

1. Curug Benowo

Berada di lereng Gunung Ungraan, Curug Benowo ini mmeiliki panorama yang indah. Kesana alami dan asri juga terasa saat kamu menginjakkan kaki ke wisata Ungaran ini. Salah satu keunikan dari Curug Benowo yakni banyaknya cekungan tebing tinggi di sekitarnya. Meski untuk menikmatinya kamu harus mendaki selama 45 sampai 2 jam lebih dulu, tapi semuanya akan terbayar kok sesampainya kamu di Curug Benowo.

2. Curug Semirang

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh ??? YeonJ Park (@yeon.wanderer) pada

Masih tentang wisata curug, kali ini kita beralih ke Curug Semirang yang berlokasi di Ungaran Barat, Jawa Tengah. Curug Semirang ini menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer lho di Ungaran. Kesejukan udara dengan panorama alam yang asri semuanya terjadi di wisata Ungaran ini. Dari pintu Curug Semirang, kamu masih perlu berjalan sekitar 1 kilometer untuk sampai ke curug ini.

3. Bukit Lerep Indah

Meski bernama bukit, salah jika kamu menebak wisata ini adalah wisata perbukitan atau semacamnya. Bukit Lerep Indah ini adalah kolam renang yang airnya bersumber langsung dari pegunungan Ungaran. Bisa kamu bayangkan kan gimana jernih dan segarnya kolam renang ini. Apalagi airnya tanpa kandungan kaporit seperti kebanyakan kolam renang lainnya. Tertarik ingin langsung berenang? Langsung saja meluncur ke daerah Lerep, Ungaran Barat, Semarang.

4. Wana Wisata Penggaron

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Taufan Satyawiguna (@dzty_) pada

Wana Wisata Penggaron ini cocok buat kamu yang mencari spot camping di Ungaran. Wisata Ungaran ini berada di daerah Siroto, Susukan, Kecamatan Ungaran Timur, Semarang. Di sini, kamu enggak perlu khawatir dengan fasilitasnya karena fasilitas di Wana Wisata Penggaron ini cukup lengkap.

Dari musolla, camping ground, toilet, sampai area bermain anak bisa kamu temukan di sini. Suasana hutan yang asri bisa jadi tempat refreshing yang seru lho. Apalagi Wana Wisata Penggaron ini juga sangat cantik dijadikan spot foto.

2 dari 4 halaman

Wisata Semarang Ungaran

Bila kamu belum puas dengan sederet wisata sebelumnya, bisa juga berkunjung ke sederet wisata berikut ini. Enggak hanya wisata alam aja, ada wisata sejarah dan budaya juga lho. Yuk, gulir ke bawah ya.

1. Candi Gedong Songo

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh sekitar semarang (@semarang_sekitar) pada

Enggak melulu tentang wisata alam, kamu juga bisa mengunjungi wisata sejarah berupa candi di Ungaran. Salah satu yang populer dan terkenal yakni Candi Gedog Songo ini. Candi satu ini adalah peninggalan dari zamn wangsa Sanjaya pada abad ke-8 silam. Selain, itu Candi Gedong Songo juga dibangung untuk tujuan pemujaan bagi para dewa.

Selain menyajikan candi yang menarik ini, di kawasan Candi Gedog Songo kamu bisa menikmati fasilitas menarik lainnya. Diantaranya berkuda, berendam air panas, dan berkemah. Menarik juga, kan.

2. The Fountain Water Park

Kamu suka bermain air? The Fountain Water Park ini bisa jadi opsi menarik buat kamu. Di wisata Ungaran ini, kamu bisa menikmati seunya bermain air dengan berbagai permainan yang menarik. The Fountain Water Park menawarkan empat jenis kolam berbeda, termasuk salah satunya kolam anak.

Di The Fountain Water Park ini ada satu bangunan yang menjadi ikon wisata ini yakni empat pilar yang disusun membundar dan mengalir air pancur dari atapnya. Sekilas mirip seperti bangunan pada zaman Yunani kuno. Jika kamu penasaran, kamu bisa melihatnya dan merasakan keseruan wisata Ungaran ini secara langsung di Jalan Bima Sakti Raya No. 16A, Kelurahan Lerep, Ungaran Barat.

3. Watu Gunung Ungaran

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Nura (@noepreciouss) pada

Watu Gunung ini menjadi salah satu destinasi wisata keluarga yang ada di Ungaran. Udara yang sejuk dengan panorama sekitar yang indah pas banget buat mengisi waktu liburan. Hampir sama dengan Bukit Lerep Indah, Watu Gunung ini menyajikan kolam renang alami yang bersumber dari Gunung Ungaran. Bedanya, kolam air di wisata Ungaran ini adala kolam air panas. Ingin mencobanya? Datang saja ke daerah Lerep Satu, Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Semarang.

3 dari 4 halaman

Wisata Ungaran Bandungan

Bandungan merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Semarang. Saat berkunjung ke Ungaran, bisa juga sekalian meneruskan eprjalanan ke Bandungan. Wisatanya juga enggak kalah indah dan beragam. Ini dia beberapa diantaranya.

1. Umbul Sidomukti

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Viral Reposted (@viral.reposted) pada

Pasti sebagian besar dari kamu sudah familiar ya dengan Umbul Sidomukti. Wisata Ungaran ini juga salah satu wisata populer di kawasan Ungaran, bahkan Semarang. Umbul Sidomukti menawarkan wisata lengkap mulai dari camping ground, outbound, pondok wisata, pondok lesehan hingga meeting room.

Salah satu fasilitas sekaligus yang menjadi daya tarik dari Umbul Sidomukti yakni kolam renangnya. Memiliki konsep terbuka, kolam renang ini sangat menarik karena kamu bisa berenang sembari menyaksikan panorama sekitar yang Gunung Ungaran yang indah.

2. Camp Mawar

Camp Mawar ini merupakan post pertama pendakian Gunung Ungaran jika kamu memilih melewati trek Umbul Sidomukti atau Jimbaran. Di sini, kamu bisa berkemah sembari menyaksikan panorama sekitar yang indah. Camp Mawar juga sering lho dijadikan sebagai spot camping wisatawan.

Dari sini, kamu juga bisa menyaksikan panorama Kota Ungaran dari ketinggian. Untuk fasilitasnya, kamu enggak perlu khawatir karena cukup lengkap. Seperti musholla, warung makan, toilet, hingga spot foto tersedia di kawasan ini.

3. Taman Bunga Celosia

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh malisaaagustina (@malisaa_agustina) pada

Seperti namanya, Taman Bunga Celosia menawarkan hamparan bunga celosia yang ditata sedemikian rupa sehingga membentuk taman yang indah. Tak sampai di situ saja, Taman Bunga Celosia juga dilengkapi dengan beragam replika bangunan ikonik dunia yang terkenal.

Tiket masuknya juga sangat ramah di kantong yakni Rp. 5 ribu untuk anak-anak dan Rp. 10 ribu untuk dewasa. Kamu bisa mengunjungi taman cantik ini di Jl. Wisata Gedong Songo KM 05, Bandungan, Semarang.

4. Gedong Pass

Gedong Pass sangat pas buat kamu yang hobi selfie karena di sini ada spot foto berbentuk dek kapal raksasa yang ciamik. Dari spot foto ini kamu bisa menyaksikan panorama indah bentang alam Ungaran. Di sekitarnya juga ada sekitar tiga buah air terjun yang bisa kamu nikmati. Pemandangannya junga enggak kalah indah lho dengan kesan yang masih alami. Seperti namanya, Gedong Pass ini berada di Dusun Gedong, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Semarang.

4 dari 4 halaman

Wisata Daerah Ungaran

Panorama alam daerah Ungaran memang mempseona. Enggak heran jika wisata alamnya memiliki pesona yang memanjakan mata. Seperti beberapa destinasi wisata Ungaran ini.

1. Rawa Pening

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh gempol pleret (@gempollpleret) pada

Rawa Pening ini bisa dibilang sebagai salah satu destinasi wisata terkenal di Ungaran, bahkan daerah Semarang. Danau seluas 2.670 hektare ini menyuguhkan pemandangan yang mempesona. Apalagi saat matahari terbenam, panorama sunset dari Rawa Pening ini terlihat begitu ciamik. Di wisata Ungaran ini kamu juga bisa lho menyewa perahu berkeliling danau untuk menikmati keindahnnya.

2 Bukit Cinta Rawa Pening

Bukit Cinta ini lokasinya masih berada di sekitar objek wisata sebelumnya, Rawa Pening. Dari sini, kamu bisa menyaksikan keindahan danau populer tersebut sekaligus berburu foto. Karena, memang kawasan wisata Ungaran ini cukup instagrammable. Apalagi dengan adanya sederet spot foto menarik yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik fotomu.

3. Curug Lawe

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh WISATA UNGARAN SALATIGA AMB (@wisatausa) pada

Masih berada satu kawasan dengan Curug Benowo, Curug Lawe ini memiliki panorama yang enggak kalah indah. Udara yang sejuk dan segar juga bisa kamu rasakan saat menginjakkan kaki ke kawasan ini. Dengan banyaknya tetumbuhan hijau dan pepohonan di sekitarnya membuat Curug Lawe ini sangat asri. Sangat pas dijadikan tempat refreshing.

4. Kampung Seni Lerep

Kampung Seni Lerep menyuguhkan wisata budaya menarik yang berlokasi di lereng Gunung Ungaran. Selain belajar budaya, kamu juga bisa menikmati keindahan alam yang tersaji di desa ini. Kampung ini pertama kali digagas oleh Handoko pada tahun 2006. Handoko sendiri adalah seorang pecinta seni dengan keahlihan artefak-artefak seperti keramik, furniture Jawa dan China, keramik, dan lainnya.

Bagaimana, tertarik berkunjung ke sederet wisata Ungaran di atas? Jika kamu punya pengalaman berkunjung ke destinasi wisata di atas, kamu juga bisa lho menulisnya di kolom komentar!

Beri Komentar