15 Tempat Wisata Kudus Jawa Tengah yang Terbaru termasuk Daerah Colo

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 14 Februari 2020 22:29
15 Tempat Wisata Kudus Jawa Tengah yang Terbaru termasuk Daerah Colo
Tempat wisata Kudus terbaru yang menarik untuk liburanmu! Simak rekomendasinya berikut ini, ya.

Kudus, salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah ini menawarkan wisata yang beragam dan pastinya sangat menarik untuk dikunjungi. Jika kamu belum memiliki agenda liburan tahun ini, Kabupaten Kudus bisa jadi alternatif yang patut dicoba. Berbagai destinasi wisata bisa kamu jumpai di kabupaten yang terkenal dengan Menara Kudusnya ini. Mulai dari wisata religi hingga alam semuanya bisa kamu nikmati.

Meski Masjid Menara Kudus menjadi salah stau ikon dan destinasi yang wajib kamu kunjungi, namun sebenarnya masih banyak tempat menarik lainnya yang sangat sayang jika kamu lewatkan saat berkunjung ke kabupaten ini. Apa saja itu? Karenanya, berikut ini Diadona sajikan 15 tempat wisata Kudus yang terbaru dan terkenal sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber (14/02). Yuk, langsung gulir ke bawah!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Kudus

Kudus memang menawarkan sederet wisata yang beragam dan menarik. Buat kamu yang akan berkunjung ke kabupaten ini, berikut rekomendasi wisata yang bisa kamu masukkan ke daftar liburanmu. Cek selengkapnya di bawah, yuk!

1. Air Terjun Kali Banteng

Kudus memiliki cukup banyak wisata alam yang menawarkan panorama yang menawan. Salah staunya termasuk Air Terjun Kali Banteng. Wisata Kudus ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan air yang tak begitu deras. Jadi, relatif aman jika kamu ingin bermain air di sekitarnya.

Panorama sekitarnya juga cukup asri. Bisa nih menjadi salah satu pilihan destinasi wisata saat berkunjung ke Kudus. Air Terjun Kali Banteng ini terletak di area Gunung Muria. Tepatnya di Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus.

2. Air Terjun Montel

Masih tentang wisata alam yang sama, panorama Air Terjun Montel juga tak kalah indah. Wisata Kudus satu ini terletak di Desa Kajar, Kecamatan Dawe, area Gunung Muria, Rahtawu, Kabupaten Kudus. Berbeda dengan Air Terjun Kali Banteng yang memiliki aliran air yang tak terlalu deras, di Air Terjun Montel ini aliran airnya cukup deras terutama saat musim hujan.

Tetumbuhan hijau di sekitarnya juga membuat panorama Air Terjun Montel nampak begitu asri. Selain itu, wisata Kudus ini juga memiliki fasilitas yang terbilang cukup lengkap. Mulai dari toilet hingga warung makan semuanya tersedia di kawasan ini.

3. Museum Kretek Kudus

Dari namanya kamu pasti sudah bisa menebak ya tentang museum satu ini. Museum Kretek sendiri merupakan museum yang menyajikan seputar pengetahuan tentang sejarah rokok kretek. Seperti yang kita tahu jika Kudus juga mendapat julukan sebagai Kota Kretek.

Di sini, kamu bisa menjumpai beragam koleksi peralatan tradisonal yang digunakan untuk membuat rokok kretek. Selain itu, ada juga diorama yang menyajikan proses pembuatan rokok tradisional satu ini dari proses penanaman hingga pembuatan.

4. Gray Canyon

Jika Pangandaran memiliki Green Canyon dan Amerika memiliki Grand Canyon, tak ketinggalan Kudus juga memiliki destinasi yang hampir serupa yakni Gray Canyon. Dulunya, wisata Kudus ini adalah kawasan tambang pasir dan batu yang kemudian menjelma menjadi destinasi wisata yang menarik.

Pemandangan di Gray Canyon juga sangat memanjakan mata dengan jajaran tebing batuan berwarna kecokelatan. Salah stau waktu terbaik berkunjung ke wisata Kudus satu ini yakni saat sore hari. Kamu juga bisa sekalian menikmati panorama sunset yang juga sangat indah dari kawasan Gray Canyon.

2 dari 4 halaman

Wisata Kudus Terbaru

Wisata Kudus yang relatif baru juga enggak kalah menarik untuk dikunjungi. Seperti beberapa wisata berikut ini. Simak, yuk!

1. Wana Wisata Ternadi

Buat kamu yang ingin menikmati panorama alam indah dari ketinggian sekaligus berburu foto keren, kamu bis amengunjungi Wana Wisata Ternadi. Wisata Kudus ini terletak di Ternadi, Dawe, Area Kebun, Ternadi, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus.

Tak hanya kamu akan dimanjakan dengan pemandangan pegunungan yang asri, namun juga beragam spot foto yang ciamik. Seperti spot foto berbentuk bunga matahari raksasa, sangkar burung, kapal, hingga spot bertuliskan I Love U. Menarik, ya!

2. Taman Sardi

Wisata Kudus satu ini juga enggak kalah menarik. Salah satu daya tarik sekaligus menjadi landmark dari Taman Sardi yakni Menara Pisang. Unik, ya. Terlepas dari hal ini, Taman Sardi bisa dikatakan sebagai tempat wisata lengkap dan cocok juga untuk keluarga.

Di wisata Kudus ini terdapat beragam fasilitas menarik seperti area bermain anak, area camping, outbound untuk anak, tempat makan, dan juga taman hutan yang cukup luas. Lokasi Taman Sardi sendiri berada di Dukuh Watu Lumpang, Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus.

3. The Hills Vaganza

The Hills Vaganza bisa dikatakan sebagai salah satu wisata baru di Kudus. The Hills Vaganza baru saja dibuka pertengahan tahun 2018 silam. Buat kamu pecinta foto pastinya kamu enggak ingin melewatkan berkunjung ke tempat wisata Kudus satu ini.

Pasalnya, The Hills Vaganza menawarkan beragam spot foto menarik. Mulai dari spot payung warna-warni, rumah hobbit, bunga kertas aneka warna, dan masih banyak lagi spot kece lainnya. Dilengkapi dengan tempat makan, outbound dan kolam renang akan membuat liburanmu semakin sempurna.

4. Wisata Alam Selam Semliro

Wisata Alam Selam Semliro juga menyuguhkan beragam spot foto kece yang tak kalah menarik dengan berlatar panorama lereng Gunung Muria yang indah. Beberapa spot foto yang bisa kamu pilih yakni spot foto berbentuk sayap malaikat, bunga raksasa berbentuk hati, hingga perahu.

Tak usah khawatir bila kamu lapar di kawasan wisata Kudus ini. Karena, di sekitarnya sudah tersedia saung-saung kecil yang menjual beragam cemilan. Wisata Alam Selam Semliro ini berlokasi di Semliro, Rahtawu, Gebog, Kudus.

3 dari 4 halaman

Wisata Kota Kudus

Beragam destinasi wisata Kudus ini juga bisa kamu jadikan alternatif saat mengunjungi Kabupaten Kudus. Langsung saja cek di bawha yuk untuk mengetahui destinasi wisatanya.

1. Masjid Menara Kudus

Terkenal sebaga Kota Santri, Kudus juga memiliki sederet wisata religi yang bisa kamu sambangi. Salah satu yang terkenal dan ikonik yakni Masjid Menara Kudus. Lokasi masjid unik ini berada di Jl. Menara, Pejanten, Kauman, Kecamatan Kota Kudus, Kabupaten Kudus.

Keunikan Masjid Menara Kudus yakni adanya menara berbentuk menyerupai candi khas Jawa Timur di sisi tenggara masjid. Semakin menarik, bangunan menara ini terbuat dari susunan batu bata merah dengan atap dari kayu berbentuk limas. Buat kamu pemeluk agama Islam, bisa nih kamu sekalian beribadah di masjid menarik satu ini.

2. Makam Sunan Kudus

Masih dengan wisata yang sama dan di kawasan yang sama pula dengan Masjid Menara Kudus, kamu juga bisa berkunjung ke Makam Sunan Kudus. Persisnya, Makam Sunan Kudus terletak tepat di belakang Menara Masjid Kudus. Sunan Kudus sendiri merupakan salah satu dari Walisongo.

Setiap 10 Muharram kawasan ini selalu ramai karena digelarnya tradisi Buka Luwur di mana masyarakat sekitar berebut Nasi Uyah Asem yang dipercaya membawa keberkahan. Pastikan kamu datang di waktu yang tepat ya jika kamu ingin menyaksikan tradisi menarik ini.

3. Taman Lampion Kudus

Taman Lampion Kudus bisa jadi pilihan menarik buat kamu yang ingin berwisata malam di Kudus. Taman menarik ini dibuka mulai dari jam 6 sore hingga 10 malam. Di sini, kamu bisa menjumpai beragam lampion dengan berbagai bentuk menarik seperti karakter dan juga tanaman.

Ditambah lagi dengan warna-warni lampu yang menerangi wisata Tuban ini membuatnya semakin terlihat indah. Pastinya bakal jadi spot menarik buat kamu yang hobi berfoto. Taman Lampion Kudus ini terletak di Jl. Gor No.103, Wergu Wetan, Kecamatan Kota Kudus, Kabupaten Kudus.

4. Museum Jenang Mubarok

Berbelanja oleh-oleh sekaligus menambah wawasan baru bisa kamu dapatkan di Museum Jenang Mubarok. Di wisata Kudus ini, kamu bisa belajar tentang asal-usul jenang sampai peralatan yang dipakai untuk membuat makanan satu ini.

Enggak hanya tentang jennag, saja Museum Jenang Mubarok juga memiliki koleksi beragam bangunan ikonik di Kudus termasuk rumah adat dan Menara Kudus. Ada juga kumpulan foto Kabupaten Kudus di masa lampau. Untuk alamatnya, Museum Jenang Mubarok berada di Jl. Sunan Muria No.33, Glantengan, Kota Kudus, Kabupaten Kudus.

4 dari 4 halaman

Wisata Colo Kudus

Colo merupakan salah satu desa yang ada di Kabupaten Kudus. Desa ini juga tak kalah menawarkan sederet wisata yang sangat menarik. Ini dia beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Colo.

1. Air Terjun Gonggomino

Daerah Colo juga memiliki destinasi wisata berupa air terjun yakni Air Terjun Gonggomino. Suasana air terjun yang sejuk dengan panorama yang menarik bisa kamu rasakan saat berkunjung ke wisata Kudus satu ini. Salah satu cara menuju Air Terjun Gonggomino yakni dengan menyusuri sungai yang ada di kawasan Rejenu. Di sini, kamu bisa bermain air sepuasnya sambil menikmati keindahan alam yang disuguhkan.

2. Kawasan Wisata Colo

Berjarak sekitar 18 kilometer dari pusat kota kudus, kamu bisa menjumpai kawasan wisata yang menawarkan pemandangan indah yakni kawasan wisata Colo. Desa Colo sendiri terletak di kawasan pegunungan Muria.

Tak heran jika memiliki udara yang sejuk dan pemandangan yang cukup memanjakan mata. Di kawasan ini, kamu bisa melakukan beragam aktivitas seperti trekking, berkunjung ke air terjun maupun bersantap kuliner.

3. Makam Sunan Muria

Tak jauh dari kawasan wisata Colo, kamu juga bisa menjumpai dan berziarah ke makam Sunan Muria. Sama halnya dengan Sunan Kudus, Sunan Muria juga merupakan salah satu walisongo. Makam Sunan Muria sendiri terletak di puncak pegunungan.

Pastinya, untuk mencapainya kamu harus mengeluarkan tenaga ekstra karena harus berjalan menaiki tangga. Tapi, jika kamu enggak ingin menghemat tenaga kamu bisa menaiki ojek yang banyak tersedia di sekitar kawasan ini. Karena berada di daerah pegunungan, pastinya kamu akan disuguhi panorama yang mempesona saat sampai di puncaknya.

Lumayan menarik kan tempat wisata Kudus di atas. Dari tempat wisata di atas, mana nih yang akan kamu kunjungi lebih dulu? 

Beri Komentar