15 Tempat Wisata Karanganyar Jawa Tengah yang Terbaru

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 5 Februari 2020 21:47
15 Tempat Wisata Karanganyar Jawa Tengah yang Terbaru
Selain Gunung Lawu dan Telaga Sarangan, ini dia rekomendasi tempat wisata Karanganyar yang bisa masuk list menarik liburanmu.

Buat kamu yang mencari destinasi wisata menarik di Jawa Tengah, kamu bisa berkunjung ke Karanganyar. Karanganyar sendiri merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. Tak hanya Telaga Sarangan dan Gunung Lawu saja yang bisa kamu jelajahi di Kabupaten ini, namun masih banyak lagi destinasi wisata yang asyik lainnya.

Destinasi wisata di Karanganyar juga cukup lengkap. Dari candi, gunung, air terjun, taman, hingga telaga tersaji semuanya di Kabupaten Karanganyar. Lalu, dimana saja destinasi wisata Karanganyar yang seru dan menarik? Dilansir dari berbagai sumber (05/02), ini dia rekomendasi berbagai tempat wisata Karanganyar yang bisa jadi teman liburanmu!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Karanganyar

Berbagai wisata Karanganyar ini bisa buat liburanmu makin seru. Karanganyar sendiri memang menyuguhkan berbagai wisata yang beragam. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi wisata di Karanganyar.

1. Museum Purbakala Dayu

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh KALIJAMBE (@kalijambekece) pada

Selain menikmati keindahan alamnya, saat di Kraanganyar kamu bisa sekalian menambah wawasan dengan mengunjungi Museum Purbakala Dayu. Sama seperti namanya, wisata Karanganyar ini terletak di desa Dayu, Kecamatan Kondangrejo, Karanganyar. Di Museum Purbakala Dayu ini kamu bisa mempelajari tentang sejarah manusia purba dan jejak kehidupan manusia purba berjuta-juta tahun silam.

2. Candi Cetho

Maish seputar sejarah, namun kali ini berupa candi. Candi Cetho ini menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di Karanganyar. Candi ini merupakan candi Hindu peninggalan pada masa kerajaan Majapahit. Salah satu wisata Karanganyar ini terletak di dusun Cetho, desa Gumeng, Kecamatan Jenawi. Tak hanya candi saja, di kawasan yang sama kamu juga bisa menjumpai petilasan Ki Ageng Kriunciwesi yang menjadi leluhur dari desa Cetho itu sendiri.

3. Grojogan Sewu

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ibnu Kamal Rahman (@ibnu.kamal94) pada

Selain Candi Cetho, Pesona Grojogan Sewu ini juga sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan. Air terjun ini terletak di desa Beji, Kecamatan Tawangmangu. Nama Grojogan Sewu sendiri diberikan karena air terjun ini memiliki tinggi mencapai sekitar 1000 pecak kaki. Pecak berarti telapak kaki. Tapi, sebenarnya tinggi Air Terjun Grojogan Sewu sekitar 80 meter.

Terlepas dari itu, panorama wisata Karanganyar ini memang memanjakan mata. Derasnya aliran air terjun dengan panorama sekitar yang asri memberikan kesan alami sekaligus eksotis.

4. Air Terjun Jumog

Lokasi Air Terjun Jumog ini tak terlalu jauh dari Grojogan Sewu. Meski tak sepopuler Grojogan Sewu, panorama Air Terjun Jumog juga tak kalah indah. Saat ini, wsiata Karanganyar ini sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah. Aksesnya pun juga mudah. Fasilitasnya juga cukup memadai. Jika kamu memutuskan untuk berkunjung, siap-siap kamu akan disambut dengan kesejukan lereng Gunung Lawu saat sampai di air terjun ini ya.

2 dari 4 halaman

Wisata Kemuning Karanganyar

Kemuning merupakan salah satu kecamatan di Karanganyar. Sama halnya dengan daerah karanganyar lainnya, wisata di daerah Kemuning ini juga sangat menarik lho. Cek di bawah yuk untuk beragam tempat wisatanya.

1. Kebun Teh Kemuning

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh @jayantinis_ pada

Berwisata ke kebun teh bisa menjadi cara terbaik buat kamu yang ingin refreshing sejenak dari aktivitas yang padat. Karanganyar juga memiliki kebun teh yang bisa kamu kunjungi yakni Kebun Teh Kemuning. Selain menikmati hijaunya hamparan perkebunan teh, kamu juga bisa mencoba serunya paralayang yang ada di bukit sekitar wisata Karanganyar ini. Tepatnya berada di Bukit Paralayang desa Segoro, Kemuning, Karanganyar.

2. Lembah Semilir

Pasti kamu sudah sangat akrab ya dengan rumah hobbit. Terlebih lagi banyak juga daerah yang menyajikan wisata rumah hobbit. Karanganyar ini salah satunya, tepatnya di desa Kemuning. Di sini, kamu bisa berfoto ria dengan rumah para hobbit ini. Selagi berfoto di rumah hobbit, kamu juga bisa sekalian menikmati panorama sekitar yang asri.

3. Taman Bintang

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Karanganyar Kita (@karanganyarkita) pada

Area perkebunan teh di Taman Bintang ini disulap menjadi kawasan wisata kekinian yang menarik. Terutama buat kamu yang hobi berfoto. Karena, banyak spot-spot foto keren yang disuguhkan wisata Karanganyar satu ini.

Pastinya yang paling ikonik adalah spot foto berbentuk deretan bintang yang terbuat dari hiasan bambu. Juga ada spot foto lainnya berbentuk hati dan balon udara yang bisa kamu coba. Tak ketinggalan, Taman Bintang juga menyediakan fasilitas ATV buat kamu yang ingin berkeliling di kawasan ini.

3 dari 4 halaman

Wisata Karanganyar Solo

Masih belum puas dengan beragam wisata sebelumnya? Tenang saja, Karanganyar masih memiliki beragam destiansi wisata menarik lainnya. Ini dia diantaranya.

1. Wisata Tubing Goasari Ngargoyoso

Wisata Karanganyar satu ini bisa jadi tantangan tersendiri buat kamu yang menyukai aktivitas yang memacu adrenalin. Di wisata tubing Goasari kamu bisa merasakan keseruan rafting menyusuri sungai yang berada di antara tebing. Pasti seru banget, ya. Nah, kamu bisa merasakan sensasinya secara langsung di desa Punthukrejo, Kecamatan Ngargoyoso.

2. Alun-Alun Karanganyar

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Karanganyar Kita (@karanganyarkita) pada

Berada di pusat kota, Alun-Alun Karanganyar bisa juga jadi destinasi menarik. Wisata Karanganyar ini juga asyik dikunjungi pada malam hari. Banyak beragam fasilitas yang ditawarkan Alun-Alun Karanganyar, salah satunya persewaan sepeda hias.

Nah, kamu bisa berkeliling alun-alun ini dengan menggunakan sepeda hias yang menyala di malam hari. Jika lapar, tak usah khawatir karena di sekitar kawasan Alun-Alun Karanganyar juga banyak penjual makanan yang bisa kamu pilih sesuai selera.

3. Kebun Stroberi Tawangmangu

Siapa penyuka stroberi? Kebun Stroberi Tawangmangu ini wajib kamu kunjungi saat berwisata ke Karanganyar. Di sini, kamu bis memetik sekaligus memakan langsung stroberi yang kamu petik. Kebun Stroberi Tawangmangu ini memiliki luas sekitar 2000 m2. Panorama sekitarnya juga tak kalah indah dengan berlatar perbukitan.

4. Telaga Madirda

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Travellingnya Karanganyar (@karanganyar_masa_kini) pada

Pemandangan alam yang indah juga bisa kamu nikmati di Telaga Madirda. Lokasi wisata Karanganyar satu ini sedikit tersembunyi dan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Meski seperti itu, panorama yang disuguhkan sangat memanjakan mata. Cocok juga sebagai tempat melepas penat dan menyegarkan pikiran.

4 dari 4 halaman

Wisata Karanganyar Terbaru

Wisata terbaru di Karanganyar juga sangat menarik untuk di explore. Terlebih banyak banyak wisata terbaru di Karanganyar yang menghadirkan spot foto keren. Cocok banget nih pastinya untuk anak muda. Yuk, kita simak bergam destinasi wisatanya.

1. Taman Ria Balekambang

Air Terjun Grojogan Sewu memang dekat dengan beberapa wisata menarik lainnya. Salah satunya Taman Ria Balekambang ini. Di taman ini, kamu bisa berfoto dengan miniatur bangunan ikonik dunia seperti Menara Pisa, Menara Eiffel, Patung Merlion, dan masih banyak lagi bangunan ikonik lainnya. Tak hanya di mancanegara, juga ada bangunan ikonik Indonesia seperti Candi Borobudur di kawasan wisata Karanganyar ini.

Selain berfoto di sederet bangunan ikonik dunia, kamu juga bisa mencoba beragam wahana lainnya. Diantaranya kolam renang, flying fox, ATV, outbound, dan masih banyak lagi. Menarik, ya. Taman Ria Balekambang juga sangat asyik lho sebagai destinasi wisata keluarga.

2. Bukit Hope

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Afif DoHc (@afif.099) pada

Karanganyar juga menyajikan wisata kekinian lainnya yang cocok bagi kalangan muda. Bukit Hope atau Bukit Harapan ini menyuguhkan wisata menyaksikan panorama alam dari ketinggian dengan beragam spot foto keren sebagai pelengkapnya.

Salah satu yang paling populer yakni spot foto berbentuk kata "I Love U". Kamu bisa berfoto cantik di berbagai spot ini dengan berlatar Pegunungan Lawu yang indah. Lokasi Bukit Hope terletak di dusun Tawang, desa Wonorejo, Kecamatan Jatiyoso.

3. Bukit Sekipan

Menyajikan beragam fasilitas dan wahana menarik, Bukit Sekipan menjadi salah satu destinasi wisata yang juga harus kamu kunjungi saat di Karanganyar. Wisata Karanganyar ini menawarkan beragam wahana seru yang bisa kamu coba. Diantaranya rumah halloween, waterboom, flying fox, dan masih banyak lagi lainnya. Bukit Sekipan juga memiliki beragam spot foto kece yang bakal memuaskanmu untuk berfoto.

4. Tenggir Park

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Enka Ratna Nurdila (@enkaratnanurdila) pada

Wisata lama yang dipadukan dengan konsep yang trendi juga bisa kamu jumpai di Tenggir Park. Berada di kaki Gunung Lawu, wsiata satu ini memiliki udara yang sejuk dan segar. Pemandangan sekitarnya juga tak kalah indah.

Banyak beragam wahana yang bisa kamu coba di Tenggir Park. Sepeda layang, gardu pandang atau rumah pohon, dan karpet terbang adalah beberapa diantaranya. Tenggir Park juga tak kalah menarik lho sebagai spot selfie. Tertarik berkunjung ke wisata satu ini?

Semua tampak menarik ya beragam destinasi wisata Karanganyar di atas. Ada enggak nih yang pernah kamu kunjungi dari tempat wisata di atas? Share jawabanmu di kolom komentar, ya!

Beri Komentar