15 Tempat Wisata Jakarta Selatan yang Murah Meriah sekaligus Kulinernya

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 26 Februari 2020 23:18
15 Tempat Wisata Jakarta Selatan yang Murah Meriah sekaligus Kulinernya
Tak melulu mahal, wisata Jakarta Selatan ini bisa kamu kunjungi dengan harga terjangkau bahkan gratis.

Mendengar kata Jakarta Selatan atau jaksel apa nih yang ada di pikiranmu? Anak-anak mudanya yang hits? Sebenarnya tak hanya itu saja yang bisa kamu jumpai di Jakarta Selatan, berbagai potensi wisata bisa kamu nikmati di kota ini. Bahkan wisata low budget sekalipun.

Tak melulu wisata mahal, kamu bisa kok menikmati wisata murah meriah namun tetap menarik di Jakarta Selatan, bahkan kulinernya sekalipun. Lalu, apa saja wisatanya? Melansir dari beragam sumber (26/02), ini dia 15 tempat wisata Jakarta Selatan yang murah meriah lengkap dengan kulinernya. Simak di bawah ini, yuk!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Jakarta Selatan

Berwisata di Jakarta Selatan tak perlu bikin kantong jebol kok. Berikut ini beberapa alternatif wisata yang bisa kmau kunjungi dengan harga terjangkau bahkan gratis. Yuk, langsung gulir ke bawah ya.

1. Taman Spathodea

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Teman Taman Jakarta (@temantaman.jkt) pada

Buat kamu yang mencari ruang terbuka hijau yang asyik dan murah meriah di Jakarta Selatan kamu bisa berkunjung ke Taman Spathodea. Taman cantik ini terletak di Jalan Raya Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Nama Spathodea sendiri bukan tanpa alasan lho. Wisata Jakarta Selatan ini dinamai demikian karena banyaknya Bunga Spathodea yang tumbuh di kawasan ini. Lebih menariknya lagi, Taman Spathodea juga dilengkapi dengan danau mini yang membuat suasana taman tampak segar.

2. Taman Langsat

Taman Langsat bisa juga menjadi alternatif lainnya jika kamu mencari ruang terbuka hijau di Jakarta Selatan. Sebelumnya, taman ini merupakan tempat penampungan bibit tanaman.

Sekarang, Taman Langsat sudah berubah menjadi salah satu ruang terbuka hijau dengan beragam fasilitas seperti area bermain anak, taman teratai, hingga jalur jogging. Tentunya untuk menikmati semua fasilitas ini kamu enggak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun.

3. Museum Basoeki Abdullah

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Natascha Gurning (@tacangtacang) pada

Nama Basoeki Abdullah terdengar enggak asing ya, terutama buat kamu pecinta seni. Nah, buat kamu yang belum tahu, Basoeki Abdullah ini merupakan seorang maestro pelukis Indonesia. Di Jakarta Selatan, tepatnya di Jalan Keuangan Raya No. 19 Cilandak Barat, kamu bisa menyaksikan karya-karya dari beliau.

Museum Basoeki Abdullah sendiri menyimpan berbagai koleksi pribadi maupun lukisan dari sang maestro. Tak hanya menyuguhkan koleksi lukisan saja, museum ini juga memiliki koleksi lainnya seperti wayang, patung topeng, senjata, dan masih banyak lagi lainnya yang bisa kamu nikmati.

4. Museum Harry Darsono

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Wisata Indonesia (@trip_beautiful) pada

Masih tentang museum yang menarik, kali ini museum yang menyajikan koleksi fashion dari desainer terkenal, Harry Darsono. Busana rancangan Harry Darsono ini sudah melalang buana di dunia internasional. Bahkan, juga pernah menjadi perancang busana orang-orang terkenal di Inggris, salah staunya Lady Diana.

Arsitektur Museum Harry Darsono ini sangat menarik karena bangunannya yang bergaya Eropa. Selain koleksi busana, kamu juga bisa menyaksikan berbagai desain interior dan aksesoris karya Harry Darsono di museum yang terletak di Jalan Cilandak Tengah Raya No. 71 ini.

2 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Jakarta Selatan

Sebelumnya, kita sudah membahas tentang tempat wisatanya. Kurang lengkap kan jika kita juga enggak membahas tentang kulinernya. Jakarta Selatan juga memiliki sederet tempat yang menyuguhkan makanan penggugah selera. Berikut ini beberapa diantaranya,

1. Sup Buntut Ibu Samino

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Resep Pawon (@resep_pawon) pada

Kamu penggemar sup buntut? Salah satu warung sup buntut yang yang wajib kamu kunjungi saat di Jakarta Selatan yakni Sup Buntut Ibu Samino. Banyak pilihan menu yang bisa kamu pilih seperti sup buntut kuah, sup buntut bakar, hingga sup buntut goreng.

Ada juga menu yang khusus buat kamu penggila pedas yakni sup buntut sambal hijau dan sup buntut balado. Dagingnya yang empuk dengan rasa yang nendang menjadi salah satu ciri khas warung sup buntut yang memiliki tiga cabang ini.

2. Bebek Kaleyo

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kuliner Makanan yuk! (@cbdnastiti) pada

Bila kamu mencari tempat makan dengan sajian bebeknya yang recommended, Bebek Kaliyo merupakan satu diantaranya. Daging bebeknya yang empuk dan bumbunya yang meresap hingga daging menjadi ciri khas dari Bebek Kaliyo.

Ada beberapa menu andalan dari warung ini yang harus kamu coba yakni bebek muda kremes, bebek muda cabe ijo, dan bebek muda rica. Bebek kaleyo ini memeiliki 18 cabang di sekitar JABODETABEK yang bisa kamu pilih sesuai selera.

3. Sate Maranggi Bu Yayah

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kuliner Bandung (@eatoutbdg) pada

Sate Maranggi Bu Yayah ini sebenarnya adalah sate khas Purwakarta yang juga membuka cabang di Jakarta. Berdiri sejak tahun 2011, pastinya kelezatannya sudah enggak perlu diragukan lagi. Ukuran dagingnya yang besar dengan bumbunya yang nikmat enggak heran jika sate ini akan membuat kamu ketagihan.

Sate Maranggi Bu Yayah menyajikan tiga varian sate yang bisa kamu pilih yakni sapi, kambing, dan ayam. Lokasinya sendiri berada di Jalan Laboratorium No. 3 Komplek PLN Duren Tiga, Jakarta Selatan.

4. Ragusa Es Italia

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh BUNCIT FOODIES |????Jakarta&TNG (@buncitfoodies) pada

Meski enggak berada tepat di Jakarta Selatan, kamu harus mencoba merasakan nikmatnya es krim yang berdiri sejak tahun 1932 ini. Salah satu menu andalan dari kedai es krim ini adalah es krim spaghetti. Pasti kamu bingung juga kan bagaimana bentuknya? Jadi, kuliner ini es krim atau spaghetti?

Tenang, kuliner ini masih es krim kok. Hanya saja bentuknya menyerupai spaghetti. Semakin nikmatnya lagi, es krim ini akan diguyur dengan toping cokelat dan kacang yang lezat. Kedai Ragusa Es Italia ini bisa kamu kunjungi di Jalan Veteran No. 10, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

3 dari 4 halaman

Wisata Malam Jakarta Selatan

Buat kamu yang lebih suka berwisata malam, berikut ini beberapa rekomendasi destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Tak hanya wisata tempat saja, tapi juga wisata kulinernya. 

1. Pasar Santa

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ayu Made Bintang Kardha (@misstwinkle15) pada

Mengisi waktu malam dengan berwisata kuliner juga tak kalah seru untuk dicoba. Salah satunya dengan berkunjung ke Pasar Santa yang terletak di Cikajang, Kabayoran Baru.

Di kawasan ini, kamu bisa menjumpai berbagai jenis kuliner nikmat dari yang murah hingga mewah. Tak hanya kuliner asli Indonesia saja, kuliner dari berbagai negara juga bis akamu nikmati di Pasar Santa ini.

2. Taman Ayodya

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Jakarta (@jakarta) pada

Tak hanya di pagi dan siang hari aja, berjalan-jalan di taman saat malam juga enggak kalah menarik kok. Apalagi, kamu enggak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk berwisata ini. Salah satu taman di Jakarta Selatan yang bisa jadi destinasi wisata menarik di malam hari yakni Taman Ayodya.

Lokasi taman ini berada di Jalan Lamandau III, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Di taman ini, kamu bisa menghaiskan malam sambil menyantap kuliner yang banyak dijajakan di sekitar area taman.

3. Lucy in the Sky

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Lucy In The Sky (@lucyintheskyjakarta) pada

Meski harganya sedikit menguras kantong, tapi hal ini sebanding dengan makanan dan juga kenyamana tempat yang akan kamu dapatkan sat berkunjung ke Lucy in the Sky ini.

Lucy in the Sky sendiri menjadi salah satu tempat nongkrong yang digemari banyak anak muda. Dengan lokasinya yang berada di rooftop, kamu bisa menyaksikan panorama malam Kota Jakarta sembari menyantap makanan lezat.

4 dari 4 halaman

Objek Wisata di Jakarta Selatan

Masih berlanjut lagi wisata yang murah meriah di Jakarta Selatan. Wisat berikut ini bisa kamu jadikan alternatif lainnya. Cek yuk selengkapnya di bawah!

1. Setu Babakan

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh JAKARTAKU (@jakarta.ku) pada

Setu Babakan menjadi salah satu destinasi wisata yang tepat jika kamu ingin lebih mengenal tentang budaya masyarakat Betawi. Setu Babakan sendiri adalah kampung budaya Betawi yang dibangun pada tahun 2002.

Di kawasan ini, kamu bisa menjumpai tiga danau buatan yang airnya berasal dari Sungai Museum. Dari mencicipi kuliner khas Betawi hingga menaiki becak air keliling danau menjadi beberapa aktivitas yang bisa kamu nikmati di kawasan ini.

2. Taman Tabebuya

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Teman Taman Jakarta (@temantaman.jkt) pada

Wisata murah meriah lainnya yang ada di Jakarta Selatan yakni Taman Tabebuya. Hampir sama dengan penamaan Taman Spathodea, nama Tabebuya sendiri berasal dari banyaknya Pohon Tabebuya yang tumbuh di sekitar kawasan wisata Jakarta Selatan ini.

Salah satu waktu terbaik berkunjung ke taman ini yakni saat musim berbunga. Pasalnya, kamu bisa menyaksikan keindahan Taman Tabebuya dengan bunganya yang berwarna merah muda dan kuning menghiasi seisi taman.

3. Museum di Tengah Kebun

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Meiske Yoe (@meiskeyoe) pada

Saat mendengar nama museum ini apa nih yang tercetus dalam pikiran kamu pertama kali? Museum yang letaknya berad di tengah-tengah kebun? Enggak seperti itu juga kok.

Museum di Tengah Kebun ini menyajikan berbagai macam karya seni dan sejarah dari Indonesia maupun mancanegara. Mulai dari patung, topeng, hingga fosil tanaman dan hewan bisa kamu saksikan di museum ini.

Meski tak berbayar, untuk memasukinya kamu perlu menghubungi pihak pengelola lebih dulu. Selain itu, kamu juga harus datang dengan rombongan sekitar 7 - 12 orang. Museum di Tengah Kebun ini beralamat di Jalan Kemang Timur Raya Nomor No.66, Bangka, Jakarta Selatan.

4. Museum Layang-Layang

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh JaeIndahPrasasti (@indahprasasti) pada

Layang-Layang bisa dibilang sebagai salah satu permainan legendaris yang ada di Indonesia. Meski sekarang nampaknya permain ini sudah tak sepopuler dulu lagi di berbagai daerah. Di Jakarta Selatan, ada sebuah museum khusus permainan tradisional ini.

Museum Layang-Layang sendiri memiliki koleksi sekitar ratusan layang-layang berbagai bentuk dan ukuran. Selain itu, museum ini juga menyajikan video mengenai sejarah layang-layang itu sendiri. Nah, bila kamu tertarik langsung saja menuju Jalan H. Kamang No.38, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan.

Enggak harus melulu mahal kan untuk berwisata ke Jakarta Selatan. Sekarang, kamu bisa berwisata bahkan dengan budget seminim pun di kota ini.

Beri Komentar