15 Tempat Wisata di Bali Unik dan Terbaru Selain Pantai yang Wajib Dikunjungi

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 30 Desember 2019 11:43
15 Tempat Wisata di Bali Unik dan Terbaru Selain Pantai yang Wajib Dikunjungi
Surga wisata di Indonesia satu ini memang tempat yang pas untuk menghabiskan liburan. Berikut ini berbagai rekomendasi tempat wisata unik dan terbaru di Bali yang wajib kamu kunjungi.

Bali memang menjadi surganya wisata yang diminati baik masyarakat lokal maupun mancanegara. Budaya dan alamnya yang indah menjadikan Bali sebagai salah satu destinasi wisata populer di Indonesia. Tak heran jika sepanjang tahun Bali selalu ramai dengan wisatawan dari berbagai tempat.

Banyak pilihan tempat wisata di Bali yang bisa kamu kunjungi saat liburan. Mungkin, selama ini kita hanya mengenal Bali dari pantainya yang indah saja, tapi ternyata masih banyak tempat wisata lainnya yang menarik di Pulau Dewata ini. Mulai dari wisata alam hingga wisata budaya karena memang Bali sendiri memiliki pesona budaya yang indah.

Berikut ini berbagai tempat wisata di Bali yang bisa kamu masukkan ke daftar liburanmu. Nah, dimana saja tempatnya? Gulir ke bawah ya.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata Unik di Bali

Sebagai destinasi liburan yang populer, Bali memiliki banyak tempat wisata yang menarik sekaligus unik. Tempat-tempat berikut ini akan sayang jika kamu lewatkan saat berkunjung ke Bali. Yuk, simak beberapa tempat wisata di Bali yang unik.

1. Rumah Pohon Batu Molenteng

Salah satu tempat wisata di Bali yang kekinian sekaligus menarik untuk dikunjungi yakni Rumah Pohon Batu Molenteng. Destinasi wisata menarik ini berlokasi di ujung Nusa Penida, lebih tepatnya menghadap Pantai Atuh. Saat berada di rumah pohon ini, kamu akan disuguhi pemandangan alam yang luar biasa dari sekelilingnya. Kamu bisa melihat keindahan pantai Atuh dengan pulau-pulau kecil yang mirip Raja Ampat, batu-batu karang, sampai tebing-tebing tinggi yang memanjakan mata.

2. Taman Ayun

Taman Ayun © Diadona

Taman Ayun merupakan sebuah kompleks Pura yang besar dan indah yang terletak di Kabupaten Badung, Bali. Saat kamu masuk di kawasan ini, kamu akan disambut dengan taman yang luas serta bangunan-bangunan Pura yang indah. Selain itu, Taman Ayun juga berbatasan dengan sungai lebar yang mengairi sawah-sawah disekitarnya sehingga membuat Pura ini sangat menarik untuk dikunjungi.

3. Pantai Lovina

Jika berbicara pantai di Bali, sebagian dari kita pasti akan menyebut Pantai Kuta, Sanur atau mungkin Tanjung Benoa sebagai salah satu destinasi wisata. Ternyata, ada satu pantai unik dan menarik di Bali yang wajib kamu kunjungi yaitu Pantai Lovina. Pasalnya, di Pantai Lovina kamu dapat melihat lumba-lumba meloncat-loncat dan berenang di habitat aslinya. Biasanya, lumba-lumba akan bermain di tepi pantai pada pagi hari. Karena itu, biasanya wisatawan akan berangkat mulai dari jam 6 pagi dari bibir pantai.

4. Mundik Moding Plantation

Resort di bali yang satu ini akan memberikan pengalaman berbeda untuk liburanmu. Di Mundik Moding Plantation terdapat kolam renang infinity pool sepanjang 18 meter yang akan membuatmu serasa dapat menjangkau awan. Ditambah panorama perkebunan kopi di bawahnya akan membuat liburanmu semakin mengesankan. 

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Bali Selain Pantai

Pantai memang menjadi salah satu pesona dan destinasi liburan yang sangat terkenal di Bali. Siapa sih yang nggak tahu Pantai Kuta atau Sanur saat menyebut Bali? Tapi, buat kamu yang ingin mencari suasana yang berbeda, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat selain pantai di bawah ini.

1. Tari Kecak Uluwatu

Kamu pasti sudah tidak asing lagi kan dengan tari kecak? Saat liburan di Bali, kamu bisa nih melihat pertunjukkan tari khas Bali ini di Uluwatu. Disini, kamu akan disuguhkan pertunjukkan tari kecak yang indah dengan berlatar matahari tenggelam di Pura Uluwatu. Karena pertunjukkan tari kecak sangat populer, akan lebih baik jika kamu pesan jauh-jauh hari agar tidak kehabisan.

2. Pura Besakih

Pura Besakih merupakan pura terbesar di Bali yang berlokasi di kaki Gunung Agung. Pura yang satu ini dipercaya sebagai tempat suci selain juga merupakan induk dari semua pura yang ada di Bali. Karena itulah, di pura ini sering diadakan acara keagamaan Hindu. Untuk memasuki Pura Besakih, kamu harus menggunakan sarung yang bisa kamu pinjam di sekitar lokasi.

3. Desa Panglipuran

Desa Penglipuran © Diadona

Mengunjungi dan berjalan-jalan di desa adat Bali bisa lho kamu jadikan alternatif liburan yang seru. Salah satunya dengan mengunjungi Desa Panglipuran yang berada di desa Kubu, Kabupaten Bangli. Di desa ini, kamu bisa melihat sekaligus merasakan suasana adat Bali yang masih kental dan terjaga. Bagunan-bangunan rumah yang masih mengusung budaya Bali dan juga udara yang sejuk juga membuat tempat wisata di Bali yang satu ini sangat pas untuk kamu yang ingin menenangkan pikiran sejenak.

4. Museum Blanco

Ada salah satu tempat wisata di Bali yang menarik untuk dikunjungi yakni Museum Blanco lebih tepatnya bernamana Blanco Renaissance. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai karya seni karena di museum ini kamu bisa menikmati karya seni berupa lukisan-lukisan yang sangat menarik dan indah. Tak hanya itu, saat memasuki area museum Blanco kamu akan disambut dengan nuansa bangunan khas Bali yang kental.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Bali Terbaru

Tak hanya berbagai destinasi wisata di atas, tempat wisata di Bali yang terbaru pun juga nggak kalah memikat. Kamu bisa menjadikan beberapa destinasi liburan di bawah ini sebagai pilihan saat berkunjung di Bali. Yuk, simak untuk mengetahui selengkapnya.

1. Hidden Canyon Guwang Sukowati

Canyon Guwang Sukowati memang sebenarnya sudah ada sejak dulu, namun baru terekspose dan populer di kalangan wisatawan baru-baru ini. Lokasi dari canyon atau ngarai yang satu ini memang tersembunyi yakni berada di aliran Sungai Beji yang lokasinya dekat dengan Pura Dalem Sukawati, Gianyar. Di Canyon Guwang Sukowati, kamu akan disuguhi pemandangan ngarai dan aliran sungai yang memukau.

2. Air Terjun Banyumala, Buleleng

Air Terjun Banyumala © Diadona

Air terjun cantik yang satu ini berada di Sambangan, Buleleng. Lokasi dari air terjun Banyumala memang terpencil dan kamu harus mengeluarkan ekstra tenaga untuk mencapainya. Tapi, hal ini sepadan dengan keindahannya dimana kamu akan disambut dengan panorama air terjun dngan curahan air yang keluar dari celah-celah bebatuan yang indah. Tak hanya itu, suasana yang asri dan tetumbuhan hijau disekitar air terjun sangat memanjakan mata.

3. Gemitir Garden

Hamparan taman bunga marigold yang menawan menjadi daya tarik dari tempat wisata di Bali yang satu ini. Gemitir Garden sendiri berlokasi di Desa Balok, Badung yangmana lokasinya berdekatan dengan Kebun Raya Bali. Disini, kamu bisa berfoto dengan latar belakang kebun bunga Marigold yang cantik. Cocok banget kan untuk mengisi feed di Instagrammu?

4. Yellow Bridge, Nusa lembongan

Yellow Bridge atau Jembatan Kuning menjadi salah satu ikon wisata yang ada di Nusa Lembongan, Bali. Jembatan yang memiliki panjang 140 meter ini menjadi penghubung 2 pulau yakni pulau Nusa Lembongan dan pulau Nusa Ceningan. Di sepanjang jembatan kuning kamu bisa melihat pemandangan laut biru yang cantik yang memisahkan kedua pulau tersebut.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Baru di Bali

Tempat wisata menarik di Bali memang tidak ada habisnya. Bali memang menyimpan banyak tempat-tempat indah yang sangat pas sebagai destinasi liburan. Untuk mengetahui apa saja tempatnya, gulir ke bawah ya.

1. The Blooms Garden, Bedugul

The Blooms Garden merupakan tempat wisata di Bali yang baru saja dibuka pada Juni 2019 lalu. Tempat ini menawarkan spot-spot foto menarik seperti miniatur rumah khas Belanda hingga taman bunga yang indah. Tarif masuknya pun cukup terjangkau yakni bagi wisatawan domestik dikenakan biaya Rp. 20 ribu untuk dewasa dan Rp. 15 ribu untuk anak-anak sedangkan untuk wisatawan asing Rp. 40 ribu untuk dewasa dan Rp. 20 ribu untuk anak-anak.

2. Ice Cream World

Menikmati ice cream yang enak sambil berfoto dengan spot bertemakan es krim yang keren, bisa banget. Kamu wajib mendatangi kedai es krim yang berada di Kota Denpasar ini. Berbeda dengan kedai es krim lainnya, Ice Cream World menyediakan berbagai ruangan-ruangan khusus bertemakan es krim yang kekinian dan menarik buat kamu yang hobi befoto.

Untuk menikmati tempat wisata di Bali yang menarik ini kamu perlu menyiapkan budget sebesar Rp. 100 ribu untuk orang dewasa dan Rp. 50 ribu untuk anak-anak. Jangan khawatir, harga ini sudah termasuk menikmati es krim dan berbagai spot foto menarik sepuasnya.

3. Pantai Karma Kandara

Terakhir, tempat wisata di Bali terbaru kali ini adalah Pantai Karma Kandara. Pantai ini sangat cocok buat kamu yang menginginkan suasana tenang karena lokasinya sendiri yang terpencil dan jauh dari hiruk pikuk kota. Disini, kamu bisa menikmati air laut yang bening dengan pasir putih yang mempesona. Pantai Karma Kandara sendiri berlokasi di Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan.

Cantik dan menarik kan berbagai destinasi wisata Bali di atas? Bagaimana, sudah siap untuk berlibur di Bali?

 

Beri Komentar