15 Tempat Wisata Depok Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi sekaligus Kulinernya

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 19 Februari 2020 23:23
15 Tempat Wisata Depok Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi sekaligus Kulinernya
Tak hanya deretan gedung dan kepadatan kota saja, di Depok kamu juga bisa menemukan sederet wisata yang menarik. Seperti beberapa wisata berikut ini.

Termasuk ke dalam kota Megapolitan, Kota Depok tak hanya memiliki beragam gedung-gedung dan jalanan padat perkotaan saja. Namun, juga beragam destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Di kota yang berada di sisi selatan Jakarta ini kamu bahkan bisa menemukan wisata alam dan taman yang indah.

Tak hanya itu saja, Depok menyimpan beragam destinasi wisata yang sangat menarik untuk dijadikan destinasi berakhir pekan atau hanya untuk menyegarkan pikiran. Selain itu, wisata kuliner di Depok juga tak kalah menarik untuk dicoba.

Melansir dari berbagai sumber (19/02), yuk simak sederet tempat wisata Depok yang wajib kamu kunjungi sekaligus kulinernya. Penasaran apa saja destinasi wisatanya?

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Depok

Tempat wisata di Depok berikut ini bisa jadi rekomendasi menarik buat kamu. Kota ini juga menyimpan beragam destinasi wisata yang seru dan ciamik, lho. Seperti beberapa destinasi wisata Depok berikut ini.

1. Taman Bunga Wiladatika

      Lihat postingan ini di Instagram    

Cantik nggak harus putih, tapi harus perempuan ???? . . . . . . . . #funny #tamanwiladatika #hijabstyle #hijab #l4l #hijabers #hijabootd #hijabista #ootdhijab #fff #ootd #ootdfashion #ootdshare #ootdindo #lfl #hijabindonesia #hijabindokece #likeforlikes #travel #likeforfollow #lff #travelphotography #instagram #hijabstyle #jakarta #jakartahits #jakartatimur

Sebuah kiriman dibagikan oleh teh indri (????) ???? (@indriwiyanii) pada

Taman Bunga Wiladatika ini merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat menarik sebagai tempat refreshing maupun berlibur besama keluarga. Taman yang tertata rapi dengan beragam bunga warna-warni akan memanjakan matamu saat berkunjung ke wisata depok satu ini.

Beragam fasilitasnya juga sangat menarik seperti taman bermain anak, goa mini, air terjun buatan, kolam air mancur, dan tentu saja taman bunga. Buat kamu yang ingin berlibur tanpa harus jauh-jauh keluar dari Kota Depok, Taman Bunga Wiladatika yang terletak di daerah Harjamukti ini bisa jadi opsi yang tepat.

2. Masjid Kubah Emas

Selain wisata edukasi dan alam, Depok juga memiliki wisata religi yang enggak kalah menarik yakni Masjid Kubah Emas. Kubah masjid ini berbalut mozaik berlapis emas yangmana mengacu pada kubah masjid-masjid di India dan Persia.

Masjid Kubah Emas sendiri terletak di Jalan Raya Maruyung, Lomo, Depok. Saat berwisata ke Kota Depok, kamu bisa sekalian berkunjung dan beribadah di masjid yang menarik satu ini.

 

3. Godong Ijo

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Treasuri ??? (@treasuri) pada

Godong Ijo Nursery juga merupakan destinasi wisata keluarga menarik lainnya di Kota Depok. Dengan luas kawasan sekitar 2,5 hektar, banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan, terutama tentang pembibitan tanaman. Wisata Depok satu ini juga sangat cocok untuk anak-anak. Di sini, si kecil bisa menyaksikan beragam satwa. Selain itu, juga terdapat bermain anak yang bisa si kecil nikmati.

Setelah puas bermain dan berkeliling wisata ini, kamu bisa menyantap makanan lezat sembari menyaksikan lingkungan asri sekitar. Untuk lokasinya sendiri Godong Ijo terletak di Jalan Cinangka Raya KM 10 No. 60, Serua Bojongsari, Sawangan, Depok.

4. Pondok Zidane

Pondok Zidane ini menjadi salah satu destinasi wisata keluarga yang menarik di Depok. Lokasinya berada di Jalan Rawa Bengkok, Kampung Prigi, Bedahan, Sawangan, Depok. Banyak beragam aktivitas yang bisa kamu lakukan di salah satu wisata Depok ini seperti menangkap ikan, naik rakit, berenang, dan outbound. Suasana sekitarnya pun sangat asri.

2 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Depok

Selain berkunjung ke berbagai tempat wisatanya, kamu juga bisa seklaina mencicipi beragam kulinernya. Beragam kuliner di KOta Depok juga enggak kalah menggoda selera lho. Berikut ini beberapa rekomendasi wisata kulinernya.

1. Pancong Sucang Mang Dadang

Salah satu kuliner yang sayang jika kamu lewatkan saat berkunjung ke Depok yakni Pancong Sucang Mang Dadang. Meski tempat makan ini terlihat sederhana, namun rasa rasa kue pancongnya menggugah selera. Kue Pancong sendiri merupakan kue khas Betawi yang sekilas mirip dengan kue pukis. Namun, yang membedakan adalah rasa dan teksturnya. Lokasi Pancong Sucang Mang Dadang ini berada dengan Stasiun Depok Baru.

2. Bebek Tik Tok van Depok

Nama tempat kuliner satu ini memang menarik ya. Tapi kuliner ini enggak bikin kamu menggoyangkan badan seperti aplikasi Tik Tok kok, namun akan menggoyangkan lidah dengan rasanya yang nikmat. Seperti namanya, Bebek Tik Tok van Depok ini menyajikan beragam olahan bebek mulai dari bebek goreng, bebek tongseng, bebek bakar, hingga bebek saus tiram.

Yang unik dari restoran ini yakni jenis bebek yang digunakan. Berbeda dengan kebanyakan tempat makan lainnya, di Bebek Tik Tok van Depok ini menggunakan bebek hasil persilangan dari itik dengan entok. Maka dari situlah disebut dengan tik tok. Jadi, bukan dari nama aplikasi ya.

3. Bakso Hitam Pak Bewok

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bakso segala rasa ???? (@jajanbakso) pada

asanya kita menyantap bakso dengan kuah bening, kali ini kamu harus mencoba sajian bakso yang berbeda yakni Bakso Hitam Pak Bewok. Seperti namanya, bakso ini memiliki kuah berwarna hitam dengan ditambah dengan campuran tulang ayam.

Porsinya pun cukup banyak. Kamu bisa langsung mencoba kuliner menarik ini di Jalan Mohammad Ridwan rais, Beji. Lokasinya sendiri berada di belakang poltek UI, dekat dengan flyover Depok.

4. Soto Bu Tjondro

Soto Bu Tjondro ini juga enggak kalah menggugah selera dari kuliner-kuliner sebelumnya. Lokasi Soto Bu Tjondro sendiri berada di Jalan Siliwangi No. 1, Pancoran MAS, Kota Depok. Selain soto, tempat makan ini juga menyediakan beragam menu lainnya seperti gudeg, karedok, ikan gurame, dan sebagainya. Kamu bisa mencicipi Soto Bu Tjondro ini dari jam 9 pagi hingga 9 malam setiap harinya.

3 dari 4 halaman

Wisata Kota Depok

Banyak wisata menarik yang bisa kamu kunjungi di Kota Depok. Apa saja sih wisatanya? Cek yuk di bawah ini!

1. Setu Asih Pulo

Menikmati panorama indah danau bisa menjadi salah satu opsi wisata menarik di Depok. Dengan luas sekitar 4,40 hektar, Setu Asih Pulo menyuguhkan panorama danau yang menawan dengan suasana sekitar yang asri. Salah satu wisata Depok ini terletak di Jalan Situ Asih No. 10, Rangkapan Jaya, Pancoran MAS, Kota Depok. Selain menikmati keindahan danaunya, kamu juga bisa menyewa perahu bebek berkeliling danau yang juga menjadi area konservasi ini.

2. Kampung 3D

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Aziz Syaifullah (@azizsyaifullah) pada

Tak hanya di Malang saja, kamu juga bisa menjumpai Kampung 3D di Depok. Kampung yang dihias denganlukisan 3D ini sangat menarik dijadikan sebagai spot foto. Dari gambar permadani yang seolah terbang hingga perahu bisa kamu jadikan spot keren saat berkunjung ke wisata Depok ini. Jika kamu penasaran langsung saja menuju Jalan Danau Tondano Abadijaya, Sukmajaya, Kota Depok.

3. Taman Mekarsari Depok

Taman Mekarsari ini bisa dikatakan sebagai destinasi wisata baru di Depok. Taman Mekarsari sendiri baru diresmikan tahun 2018 silam. Wisata Depok ini memiliki beragam fasilis menarik seperti ruang baca, amfiteater, jogging track, area permainan anak, dan lain sebagainya.

Menariknya untuk menikmati semua itu kamu enggak harus mengeluarkan biaya alias gratis. Lokasi Taman Mekarsari berada di Perumahan Pondok Mekarsari, RW 12, Kecamatan Cimanggis, Depok.

4. Studio Alam TVRI

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Nuraeni Novriyanti? (@nuraeni.78) pada

Suasana yang asri akan menyambut kamu saat menginjakkan kaki ke wisata Depok satu ini. Studio Alam TVRI merupakan sebuah kawasan yang digunakan untuk menunjang keperluan shooting film yang diproduksi oleh TVRI. Meski seperti itu, sejak tahun 2001 Studio Alam TVRI terbuka untuk umum.

Di sini, kamu bisa menumpai rumah-rumah bergaya Joglo, rumah panggung, danau, dan lainnya. Tempat ini juga kerap dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan acara outbound. Nah, kamu bisa mengunjungi Studio Alam TVRI di Kecamatan Sukmajaya, Depok.

 

4 dari 4 halaman

Wisata Depok Sawangan

Sawangan merupakan salah satu kecamatan yang ada di Depok. Seperti daerah Depok lainnya, kecamatan ini juga memiliki destinasi wisata yang sangat menaraik untuk dikunjungi. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Situ Pengasinan

Selain Situ Asih Pulo, Depok juga memiliki wisata Situ lainnya yang enggak kalah indah yakni Situ Pengasinan. Dengan luas sekitar 6 hektar, wisata Depok ini enggak hanya menawarkan panorama danau yang cantik saja namun juga beragam fasilitas menarik lainnya seperti flying fox dan perahu bebek. Seperti namanya, danau ini terletak di Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Depok.

2. Taman Pasir Putih

Wisata Depok selanjutnya yakni Taman Pasir Putih. Tempat wisata ini terletak di Jalan Raya Pasir Putih, RT. 01/RW. 07, Kekupu, Pasir Putih Sawangan, Kota Depok. Taman Pasir Putih merupakan waterpark yang dilengkapi dengan beragam fasilis seru dan menarik. Salah satunya flying fox. Selain itu, wisata Depok ini juga cocok untuk anak karena juga menawarkan beragam permainan seru seperti kereta mini, mobil remote, kiddie ride, dan lainnya.

3. D'Amazing Farm

Eduwisata satu ini sangat pas buat kamu yang ingin mengenalkan serunya dunia pertanian dan peternakan pada anak. Dengan mengusung konsep wisata alam yang edukatif, D'Amazing Farm menyuguhkan beragam aktivitas seru yang bisa kamu dan si kecil lakukan. Diantaranya seperti memberi makan hewan, memerah susu sapi, hingga memanen dan menanam sayuran. Suasananya juga sangat asri dan nyaman. D'Amazing Farm sendiri berlokasi di Jalan Penarikan, Pasir Putih, Sawangan, Kota Depok.

Jadi, seperti itulah 15 tempat wisata Depok yang wajib kamu kunjungi beserta kulinernya. Selamat berlibur ke Depok, ya!

Beri Komentar