15 Destinasi Wisata Berbagai Kota Populer di Pulau Jawa sekaligus Bali

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 17 Februari 2020 23:25
15 Destinasi Wisata Berbagai Kota Populer di Pulau Jawa sekaligus Bali
Rekomendasi destinasi wisata di beragam kota populer. Ada apa saja sih wisatanya?

Berbicara tentang destinasi wisata di Pulau Jawa pastinya sangat beragam. Hampir setiap kotanya memiliki potensi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Meski seperti itu, ada juga kota yang bisa dikatakan lebih populer dari lainnya dalam hal wisata. Beberapa diantaranya seperti Bogor, Bandung, Jogja, Malang, dan sebagainya.

Tak hanya di Pulau Jawa saja yang menawarkan destinasi wisata yang menarik, tapi juga pulau lainnya. Salah satunya Bali. Sudah menjadi rahasia umum jika Bali merupakan destinasi wisata yang terkenal di Indonesia, bahkan kettenarannya hingga mancanegara.

Untuk itu, melansir dari berbagai sumber (17/02), di bawah ini 20 destinasi wisata berbagai kota populer di Pulau Jawa sekaligus juga Bali. Langsung saja yuk kita simak ulasan wisatanya.

1 dari 4 halaman

Destinasi Wisata Jogja

Berbicara tentang destinasi wisata populer di Jawa Tengah, pastinya pikiran kita langsung melayang ke Jogja. Jogja sendiri memang kaya akan wisata baik budaya maupun alam. Karena itu, berikut ini wisata menarik yang ada di Jogja.

1. Merapi Park

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Wisata Jogja (@wisatajogjarepost) pada

Merapi Park atau disebut juga dengan The World Landmark menyuguhkan perpaduan wisata alam dan kekinian. Di destinasi wisata ini, kamu bisa menjumpai beragam miniatur bangunan ikonik dunia seperti Menara Pisa, Menara Eiffel, Kincir Angin Belanda, dan masih banyak lagi landmark dunia lainnya.

Buat kamu yang hobi berfoto, kawasan ini pastinya akan memanjakanmu dengan beragam spot menarik dan ciamik. Tak hanya itu, panorama sekitar Merapi Park juga indah. Terlebih dengan adanya taman yang semakin mempercantik destinasi wisata di Jogja ini.

2. Taman Sari Jogja

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh CITY TOUR JOGJA MURAH (@aytraveljogja) pada

Destinasi wisata yang tak kalah menarik di Jogja lainnya yakni Taman Sari Jogja. Taman Sari ini juga merupakan salah satu destinasi wisata populer di Kota Gudeg. Dulunya, destinasi wisata ini merupakan tempat rekreasi sekaligus tempat meditasi keluarga kerajaan Yogyakarta. Saat memasuki Taman Sari, kamu akan disuguhi dengan arsitektur kuno yang menawan lengkap dengan kolam pemandian serta kanal-kanal air di sekitarnya.

3. Benteng Vredeburg Yogyakarta

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh i'm v i a a a a (@vinkhaaa) pada

Benteng Vredeburg merupakan benteng peninggalan Belanda yang sekarang sudah beralih fungsi menjadi sebuah museum. Di dalamnya, kamu bisa menjumpai beragam diorama tentang sejarah Indonesia. Lokasi Benteng Vredeburg sendiri tak terlalu jauh dari Jalan Malioboro. Di dalam benteng ini kamu juga bisa menjumpai kafe unik yang menyajikan makanan khas Belanda yakni Indische Koffie. Menarik, ya.

4. Goa Jomblang

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh berliburlara.id (@berliburlara.id) pada

Goa Jomblang juga menjadi salah satu wisata alam yang terkenal di Yogyakarta, khususnya daerah Gunung Kidul. Destinasi wisata alam ini terkenal dengan adanya cahaya yang menembus lobang gua yang disebut dengan "Cahaya Surga". Cahaya ini bisa kamu saksikan dari jam 10 pagi sampai 12 siang.

2 dari 4 halaman

Destinasi Wisata Bandung

Seperti yang kita tahu jika Bandung merupakan salah satu destinasi wisata utama di Jawa Barat yang menyuguhkan beragam wisata menarik. Panorama alamnya pun juga sangat menawan. Bila kamu tertarik berkunjung ke Kota Kembang ini, berikut rekomendasi wisatanya. 

1. Farm House Lembang

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh IVANATAMMY??? (@ivanatammy) pada

Farm House Lembang menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang sayang jika dilewatkan. Wisata ini sangat menarik dengan nuansa khas Eropa. Banyak spot-spot foto keren yang bisa kamu kunjungi disini. Selain itu, kamu juga bisa menyewa kostum khas Belanda yang akan membuat tampilanmu semakin maksimal.

Salah satu spot foto populer di Farm House Lembang yakni rumah hobit. Pasti sebagian besar dari kamu sudah enggak asing lagi ya dengan rumah dari para hobbit ini. Selain rumah hobbit, di kawasan ini juga terdapat kandang kelinci dan burung yang sangat cocok jika berkunjung bersama si kecil.

2. Curug Tilu Leuwi Opat

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh D E M O N G (@rismanursipa) pada

Jika kamu menyukai destinasi wisata alam yang cukup menantang, kamu bisa mengunjungi Curug Tilu Leuwi Opat. Destinasi wisata ini berada di kawasan Ciwangun Parompong. Untuk mencapainya, kamu harus melewati medan yang cukup curam dan berbatu terlebih dulu.

Hal unik dari curug ini adalah air terjun yang memiliki tiga tingkatan dan juga empat sungai dengan nama-nama yang berbeda. Selain itu, Panorama alamnya pun sangat indah dengan perpaduan tebing asri dan batu cadas yang memanjakan mata.

3. Gunung Tangkuban Perahu

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Explore Bandung | DestinasiBdg (@destinasibandung) pada

Nama Gunung Tangkuban Perahu pasti terdengar familiar ya di telinga kita. Apalagi dengan gunung ini juga lekat dengan legenda Sangkuriangnya. Nah, kamu bisa menjadikan Gunung Tangkuban Perahu sebagai salah satu destinasi wisata saat kamu berlibur di Bandung. Salah satu hal unik dari gunung ini yakni adanya sembilan kawah yang indah dan memiliki ciri khas berbeda-beda.

3 dari 4 halaman

Destinasi Wisata Bali

Sekarang, yuk kita bergeser ke Bali. Pulau Dewata ini memilki segudang wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Seperti beberapa destinasi wisata di bawah ini.

1. Pura Besakih

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bfree ice (@bfreeice) pada

Pura Besakih merupakan pura terbesar di Bali yang berlokasi di kaki Gunung Agung. Pura satu ini dipercaya sebagai tempat suci selain juga merupakan induk dari semua pura yang ada di Bali. Karena itulah, di Pura Besakih sering diadakan acara keagamaan Hindu. Untuk memasuki Pura Besakih, kamu harus menggunakan sarung yang bisa kamu pinjam di sekitar lokasi.

2. Museum Blanco

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Jord & Tom (@saltyskin.s) pada

Destinasi wisata menarik di Bali lainnya yakni Museum Blanco atau lebih tepatnya bernama Blanco Renaissance. Museum Blanco sendiri menyuguhkan beragam karya seni berupa lukisan-lukisan yang sangat mempesona dari pendiri museum ini yakni Don Antonio Blanco. Selain itu, saat memasuki area museum ini kamu akan disambut dengan nuansa bangunan khas Bali yang kental. Museum Blanco sendiri terletak di Jl. Raya Campuhan, Sayan, Ubud.

3. Air Terjun Banyumala

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh balijelajah (@balijelajah) pada

Air terjun cantik yang satu ini terletak di daerah Sambangan, Buleleng. Lokasi air terjun ini memang terpencil dan kamu harus mengeluarkan ekstra tenaga untuk mencapainya. Tapi, hal ini sepadan dengan keindahan panorama alam yang akan kamu dapatkan. Di sini, kamu akan disuguhi panorama air terjun dengan curahan air yang keluar dari celah-celah bebatuan. Tak hanya itu, suasana yang asri dan tetumbuhan hijau disekitar kawasan ini sangat memanjakan mata.

4. Desa Panglipuran

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh A R Y S M A (@arysmadwimegaa) pada

Mengunjungi dan berjalan-jalan di desa adat Bali bisa lho kamu jadikan alternatif liburan yang seru. Salah satunya dengan mengunjungi Desa Panglipuran yang berada di desa Kubu, Kabupaten Bangli. Di desa ini, kamu bisa melihat sekaligus merasakan suasana adat Bali yang masih kental dan terjaga. Bagunan-bangunan rumah yang masih mengusung budaya Bali dan juga udara yang sejuk juga membuat desa wisata ini sangat pas untuk kamu yang ingin refreshing sejenak.

4 dari 4 halaman

Destinasi Wisata Malang

Sebagai salah satu kota populer di kawasan Jawa Timur, Malang juga memiliki sederet wisata yang ciamik. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Batu Might Spectacular (BNS)

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh ????? (@avindayp) pada

Batu Night Spectacular atau BNS merupakan taman hiburan malam yang sangat seru dan pas buat kamu yang menyukai wisata malam. BNS sendiri dibuka mulai dari sore hingga tengah malam. Destinasi wisata ini menawarkan berbagai wahana permainan yang seru selain juga area lampion yang sangat cocok buat kamu yang hobi berfoto. Jika kamu lapar, tenang saja karena di dalam BNS sendiri tersedia berbagai kafe dan tempat makan lengkap dengan live musicnya.

2. Taman Selecta

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh SISI MALANG (@sisi.malang) pada

Wisata Malang selanjutnya yang juga menarik yakni Taman Selecta. Di taman ini kamu bisa menjumpai beragam koleksi tanaman asli baik dari Indonesia maupun mancanegara. Selain itu juga banyak spot-spot ciamik yang bisa kamu jadikan latar untuk berfoto ria. Untuk menikmati keindahan taman ini, kamu cukup menyiapkan budget sekitar Rp. 25 ribu saja.

3. Malang Night Paradise

      Lihat postingan ini di Instagram    

Masih dalam nuansa Valentines Day nih guys! Biarpun hujan, jangan sampai ketinggalan serunya @malangnightparadise ! Kita tunggu kedatangan kalian yaa! #malangtraveller #malangnightparadise #themeparkmalang #malanghits #malangterkini

Sebuah kiriman dibagikan oleh Malang Night Paradise (@malangnightparadise) pada

Tak hanya Batu saja yang memiliki taman hiburan malam yang cantik, Malang juga punya yakni Malang Night Paradise. Tempat wisata ini sangat menarik dengan gemerlap lampu yang menghiasi seisi taman. Taman ini menyuguhkan dua kawasan yang ciamik yakni Taman Dinosurus dan Taman Lampion dengan beragam wahananya. Salah satu yang menjadi spot favorit yakni light tunnel, yakni terowongan yang dihiasi dengan sekiatr 77 lampu LED yang menarik.

4. Pantai Ngliyep

      Lihat postingan ini di Instagram    

. Dulu pernah ada yang ngajak ke pantai, mungkin sekarang sudah lupa. . Fotone oket sam @gevi_oktavian . Lokasine ndek Pantai Ngliyep - Kab.Malang ?(klik peta lokasi diatas foto)? . . . . Ayo share foto/video hasil dolen/kluyuranmu kesini. ???????? atau pengen berbagi foto/video seputar malang raya / hasilmu mengeksplor Malang ? ???????? Carannya cukup upload, tag ke @malangchannel dan kasih hashtag #malangchannel ???????? . . . #MCwisata #MalangRaya2020 #MalangChannelCom #malangraya #malang #kotamalang #kabupatenmalang #kotabatu . #ngliyep #pantaingliyep #pantaingliyepmalang #pantaimalang #pantaimalangselatan

Sebuah kiriman dibagikan oleh MALANG | Event Wisata Kuliner (@malangchannel) pada

Destinasi wisata Malang selanjutnya yakni Pantai Ngliyep. Pantai Ngliyep sendiri berlokasi di Desa Kedungsalam, Donomulyo, Malang. Kamu bisa merasakan suasana ketenangan saat berkunjung ke pantai ini kerena suasananya yang tak terlalu ramai dan deburan ombaknya yang cukup tenang.

Salah stau yang menarik dari Pantai Ngliyep yakni adanya pulau kecil yang bernama Pulau Kambang. Kamu bisa mencapai pulau ini melalui jembatan yang tersedia.

Nah, itu dia sederet destinasi wisata diberbagai kota populer di Pulau Jawa. Semoga bermenafaat dan selamat berlibur, ya!

Beri Komentar