15 Destinasi Tempat Wisata Padang dan Padang Panjang yang Wajib Dikunjungi

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 27 Januari 2020 21:36
15 Destinasi Tempat Wisata Padang dan Padang Panjang yang Wajib Dikunjungi
Tak hanay kulinernya, Padang juga memiliki destinasi wisata yang sangat menarik untuk dijadikan destinasi liburan kamu selanjutnya!

Padang menjadi salah satu kota yang cukup akrab di telinga kita. Terutama tentang kulinernya yang memiliki cita rasa khas. Selain karena kulinernya yang terkenal, Kota Padang juga menyimpan berbagai destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Beragam tempat wisata tersaji di Kota Padang. Alamnya yang indah sekaligus budayanya juga menjadi alasan lainnya kenapa kamu harus mengunjungi Kota Padang sebagai destinasi wisata. Begitu juga kota lainnya di Sumatera Barat yaitu Padang Panjang.

Seperti yang dilansir dalam berbagai macam sumber (27/01), inilah 15 destinasi tempat wisata Padang dan Padang Panjang yang wajib kamu kunjungi. Cek selengkapnya di bawah, yuk!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Padang

Kota Padang memang sangat menarik dijadikan destinasi wisata. Saat berwisata ke kota ini, jangan lewatkan untuk mengunjungi sederet destinasi berikut ini ya. Yuk, simak destinasinya!

1. Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat menjadi tempat yang tepat buat kamu yang sedang mencari destinasi wisata religi di Padang. Arsitektur masjid ini sangat menarik dengan desain atapnya menyerupai Rumah Gadang. Tak hanya atapnya saja yang mengusung budaya Minang, di dalam masjid yang juga dijuluki Masjid seribu Pintu Angin ini kamu juga bisa menemui ukiran Minangkabau di dindingnya. Berlokasi di jantung kota Padang, Masjid Raya Sumatera Barat menjadi salah satu ikon baru di Sumatera Barat, khususnya Padang yang enggak boleh kamu lewatkan.

2. Wisata Alam Tonang

Berjalan di padang bunga ala luar negeri bisa kamu temukan di Wisata Alam Tonang. Berlokasi di ketinggian, wisata Padang satu ini tak hanya menawarkan keindahan hamparan bunga beraneka warna namun juga udara yang sejuk dan segar. Bunga di kawasan ini juga ditata sedemikian rupa sehingga membentuk pola yang indah. Semakin lengkapnya lagi, Wisata Alam Tonang juga memiliki spot foto menarik yang akan memanjakanmu saat berkunjung ke wisata Padang ini.

3. Jembatan Akar Bayang

      View this post on Instagram

A post shared by Ubay | Blogger Padang (@beyubaystory) on

Meniti jembatan beton atau gantung pasti hal yang sudah biasa ya. Nah, di Padang ini kamu bisa meniti jembatan yang terbuat dari akar. Jembatan unik ini berada di Kecamatan Bayang Utara, Kota Padang.

Jembatan Akar Bayang terbentuk dari kelindan akar dua pohon beringin yang ada di masing-masing ujung Sungai Batang Bayang. Selain digunakan sebagai akses jalan warga, jembatan dengan panjang sekitar 25 meter ini juga menjadi salah satu destinasi wisata populer di Kabupaten Pesisir Selatan. Bagaimana, kamu tertarik mencoba?

4. Pulau Pamutusan

Pulau Pamutusan berjarak sekitar 38 km dari Kota Padang, tepatnya berada di daerah Bungus Teluk Kabung. Tak hanya memiliki panorama pantai yang indah, ekosistem bawah laut pulau ini juga sangat cantik sebagai spot snorkeling. Kamu bisa melihat beragam terumbu karang dan biota laut dengan air yang jernih.

Nama pamutusan sendiri dalam bahasa Minang berarti terputus. Hal ini karena saat air pasang daratan Pulau Pamutusan yang menyatu dengan daratan utama daerah pesisir selatan akan terputus seakan menjadi dua pulau yang berbeda. Nah, hal ini juga yang menjadi keunikan tersendiri dari pulau cantik ini.

2 dari 4 halaman

Wisata Kota Padang

Kota Padang menyajikan pesona wisata yang beragam. Dari wisata sejarah hingga alam bisa kamu temukan di kota satu ini. Berikut ini beberapa wisata kota Padang yang wajib kamu kunjungi.

1. Kota Tua Padang

      View this post on Instagram

A post shared by PADANG | SUMBAR (@soalpadang) on

Bangunan-bangunan tua yang lekat dengan kesan vintagenya bisa kamu temukan di kawasan Kota Tua Padang, tepatnya berada di daerah Berok Nipah, Kecamatan Padang Barat. Sepanjang kawasan ini, kamu bisa menikmati deretan gedung-gedung peninggalan kolonial Belanda yang masih berdiri kokoh hingga sekarang.

Di kawasan Kota Tua, kamu juga bisa menyaksikan keragaman budaya masyarakat Padang. Di sini, kamu bisa menjumpai beragam etnik seperti Tionghoa, India, Melayu, Jawa, hingga Minangkabau dengan memegang tradisi masing-masing. Buat kamu pecinta fotografi, pastinya kawasan Kota Tua padang juga sangat cantik sebagai spot foto di setiap sudutnya dengan bangunan yang bercirikan arsitektur Eropa.

2. Jembatan Siti Nurbaya

Cerita tentang Siti Nurbaya pasti sudah familiar ya di telinga kita. Kota Padang juga memiliki satu jembatan ikonik dengan nama serupa. Jembatan Siti Nurbaya ini berdiri di atas Sungai Batang Arau dan menjadi penghubung antara Taman Siti Nurbaya di Gunung Padang dengan kawasan Kota Tua Padang. Di puncak Gunung Padang ini terdapat makam yang oleh masyarakat Padang dipercaya sebagai makan Siti Nurbaya.

Dari atas Jembatan Siti Nurbaya kamu bisa melihat pemandangan Kota Tua dari kejauhan. Saat sore hari, panorama sunset juga sangat indah jika dilihat dari atas jembatan ini. Jembatan ini juga semakin cantik di malam hari dengan lampu-lampu yang menerangi sepanjang jembatan.

3. Pantai Air Manis

      View this post on Instagram

A post shared by Diella Yohana (@diellayohana) on

Selain cerita tentang Siti Nurbaya, Padang juga terkenal dengan legenda tentang anak durhaka yang dikutuk menjadi batu bernama Malin Kundang. Pasti sebagaian besar dari kita sudah pernah mendengarnya ya. Di Pantai Air Manis ini ada sebuah batu yang dipercaya sebagai batu Malin Kundang. Kamu akan terkesima dengan bentuknya yang menyerupai laki-laki yang seakan sedang tertelungkup atau bersujud.

Terlepas dari adanya batu Malin Kundang, wisata Padang ini juga memiliki panorama pantai yang indah dengan pasir berwarna kecokelatan. Sekitar pantainya, banyak para penjual souvenir dan kuliner yang bisa kamu nikmati.

4. Museum Adityawarman

Menjadi museum budaya terpenting di Sumatera Barat, Museum Adityawarman sangat reccomended buat kamu yang ingin mengenal lebih dekat dengan budaya Minang. Museum Adityawarman memiliki koleksi beragam benda peninggalan sejarah dari berbagai aspek kebudayaan Sumatera Barat dan Minangkabau. Beberapa diantaranya seperti beragam perkakas yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Minangkabau masa lalu, perhiasan tradisional, alat musik, keramik, ukiran, dan masih banyak lagi koleksi lainnya dengan jumlah total sekitar 6000 koleksi.

Lokasi museum yang menarik ini berada di Jl. Diponegoro No. 10, Belakang Tangsi, Padang Barat. Harga tiket masuk museum ini juga sangat ramah di kantong yakni untuk anak-anak dikenakan tarif Rp. 2 ribu, sedangkan untuk dewasa Rp. 3 ribu.

3 dari 4 halaman

Objek Wisata di Padang

Objek wisata di Padang selanjutnya ini pastinya juga enggak kalah menarik dari wisata sebelumnya. Langsung saja kita simak destinasinya berikut ini, yuk!

1. Air Terjun Sarasah Ulu Gadut

Air Terjun Sarasah Ulu Gadut menyuguhkan air terjun dengan panorama yang unik. Keunikan ini terletak pada bebatuan yang dialiri Air Terjun Sarasah Ulu Gadut yang bertumpuk-tumpuk seakan menyerupai piramida. Air terjun ini juga memiliki tujuh tingkatan yang masing-masing tingkatan memiliki jalurnya sendiri. Tapi, biasanya pengunjung hanya sampai ke tingkatan pertama atau kedua saja karena medannya yang cukup sulit unik mencapai ke tingkatan yang lebih tinggi.

Meski lokasi wisata Padang ini tersembunyi di dalam hutan, tapi jangan khawatir karena kamu bisa menemukannya dengan mudah. Di sepanjang jalan menuju lokasi ini penduduk setempat telah memasang tanda merah sebagai penunjuk jalan. Akses jalannya juga cukup datar jadi akan memudahkanmu untuk mengunjungi air terjun yang berada di kaki Bukit Sarasah ini.

2. Pulau Pasumpahan

      View this post on Instagram

A post shared by Sumatra Barat - #tripsumbar (@tripsumbar) on

Pulau Pasumpahan juga menjadi pulau lainnya yang nggak boleh kamu lewatkan. Berlokasi di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Pulau Pasumpahan cukup dekat dengan Pulau Sikauai yang berjarak sekitar 200 meter dari kawasan ini. Sama seperti Pulau Sikauai, pulau cantik ini juga memiliki potensi bawah laut dengan terumbu karang yang masih terjaga. Pasir putih bersih yang dimiliki pantai di Pulau Pasumpahan juga menjadi daya tarik lainnya dari pulau ini.

3. Pulau Sikauai

Pulau Sikauai merupakan salah satu pulau cantik di Kota Padang yang bisa kamu explore. Pantai di pulau ini sangat menawan dengan memiliki pasir putih dan air yang jernih. Kamu juga bisa menikmati pemandangan yang asri dari deretan pepohonan yang berada di sekeliling pantai ini.

Selain pemandangan pantainya, panorama bawah laut Pulau Sikauai juga nggak kalah indah dengan beragam biota laut dan terumbu karang. Nah, jika kamu tertarik untuk menginap, di Pulau Sikauai juga sudah tersedia penginapan yang bisa kamu sewa.

4 dari 4 halaman

Wisata Padang Panjang

Padang Panjang juga merupakan kota yang terletak di Sumatra Barat. Sama seperti Padang, kota ini juga memiliki beragam potensi wisata yang bisa menjadi destinasi liburan menarik buat kamu dan keluarga. Cek yuk beragam destinasinya di bawah ini!

1. Museum Kebudayaan Minangkabau

      View this post on Instagram

A post shared by weekendwarrior (@saefullah_14) on

Di kota Padang Panjang juga terdapat museum tentang kebudayaan Minangkabau yang berada di Kompleks PDIKM (Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau), Silaing Bawah, Kota Padang Panjang. Museum yang diresmikan tahun 1990 ini memiliki bentuk bangunan yang mengadopsi dari Rumah Gadang.

Di sini, kamu bisa mengenal kebudayaan Minangkabau dari dokumentasi visual maupun audio yang tersaji di dalam museum ini. Beberapa koleksi dari Museum Kebudayaan Minangkabau berupa kaset dengan nyanyian cerita klasik Minangkabau, replika alat musik tradisional Minangkabau, hingga naskah-naskah lama dan koran yang terbitt sebelum Perang Dunia II.

2. Desa Wisata Kubu Gadang

Kota Padang Panjang juga menyediakan wisata budaya yang bisa menjadi alternatif wisata lainnya yakni Desa Wisata Kubu Gadang. Desa wisata ini terletak di Jl. Haji Miskin, Ekor Lubuk, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat. Di sini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan sekitar yang asri dan kegiatan sehari-hari khas pedesaan.

Wisata Padang Panjang ini juga menawarkan beberapa paket wisata yang bisa kamu pilih dan ikuti yakni paket edukasi, atraksi, dan yang terakhir kuliner. Seperti kebanyakan desa wisata lainnya, Desa Wisata Kubu Gadang juga menyediakan homestay buat kamu yang ingin menginap.

3. Lembah Anai Padang Panjang

      View this post on Instagram

A post shared by Padang Tour (@padangtour) on

Saat melintasi jalan trans Sumatera, kamu bisa sekalian menyaksikan air terjun Lembah Anai yang hanya berjarak beberapa meter dari pinggir jalan. Tepatnya, berada di daerah Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Kota, Kabupaten Tanah Datar. Seperti namanya, Air Terjun Lembah Anai masih berada di kawasan Cagar Alam Lembah Anai. Di kawasan jalur ini siap-siap kamu akan dimanjakan dengan udara yang sejuk dan panorama pepohonan hijau yang asri.

4. Goa Batu Batirai

Wisata Padang Panjang yang terakhir ini sangat pas buat kamu yang suka berpetualang atau pecinta alam. Goa Batu Batirai berlokasi di Kelurahan Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjat. Nama batirai sendiri berasal dari batu-batu di dalam gua yang menjulur ke bawah seakan seperti tirai. Menarik juga, ya!

Nah, itu dia 15 tempat destinasi wisata Padang sekaligus Padang Panjang yang sayang jika kamu lewatkan. Sudah siap berkeliling Kota padang sekarang?

Beri Komentar