15 Destinasi Tempat Wisata di Garut, Jawa Barat yang Terbaru

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 30 Desember 2019 12:34
15 Destinasi Tempat Wisata di Garut, Jawa Barat yang Terbaru
Kamu sedang merencanakan berlibur ke Garut? Sebelum itu, simak dulu yuk berbagai destinasi tempat wisata di Garut yang terbaru.

Berbicara tentang Garut, satu hal yang pasti langsung terlintas di pikiran kita yakni dodolnya. Dodol Garut memang terkenal. Tapi, saat berkunjung ke Garut selain mencoba dodolnya kamu juga harus mencoba berbagai tempat wisatanya. Tempat wisata Garut juga nggak kalah mempesona dibanding daerah lainnya.

Garut sendiri merupakan salah satu kabupaten yang terletak di jawa Barat. Banyak spot wisata alam yang wajib kamu coba saat berlibur ke Garut. Seperti wisata pantai, air panas, air terjun hingga gunung yang memiliki panorama indah. Meskipun mayoritas tempat wisata di Garut adalah wisata alam, tapi masih ada kok jika kamu ingin mengunjungi wisata non-alam.

Lantas, dimana saja destinasi tempat wisata Garut yang menarik untuk kamu kunjungi? Dilansir dari berbagai sumber, ini dia beragam tempat wisata Garut. Yuk, cek di bawah ya.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Garut Jawa Barat

Terletak tak jauh dari Bandung, Garut memang bisa menjadi pertimbangan destinasi wisata di Jawa Barat. Beragam tempat wisata khususnya alam bisa kamu jumpai di salah satu kabupaten yang berada di Jawa Barat ini. Nah, apa saja itu?

1. Hutan Mati Gunung Papandayan

Hutan Mati merupakan sebuah padang yang menyuguhkan pemandangan pohon-pohon kering dengan latar Gunung Papandayan yang elok. Ditambah lagi, tanahnya yang berwarna putih menambah keindahan dari obyek wisata Hutan Mati. Seperti namanya, hutan yang memiliki pemandangan eksotis ini masih berada di kawasan Gunung Papandayan yang berjarak sekitar 69 km dari pusat kota Garut.

2. Pantai Cijeruk

Pantai satu ini memang tergolong unik. Pasalnya, Pantai Cijeruk memiliki tekstur pasir yang berwarna jingga unik dan landai sehingga terlihat seperti padang pasir. Selain itu, pemandangan pantainya pun juga sangat memanjakan mata. Untuk menikmati keindahan pantai ini kamu hanya perlu menyiapkan uang Rp.6 ribu saja. Sangat terjangkau, kan?

3. Talaga Bodas

Talaga Bodas © Diadona

Berkunjung ke Talaga Bodas saat ke Garut memang nggak boleh dilewatkan. Talaga Bodas sendiri hampir mirip dengan kawah putih di Bandung. Tapi, keindahannya nggak kalah kok. Disini, kamu akan disuguhkan pemandangan sekeliling yang indah dan tak ketinggalan juga telaga berwarna putihnya.

4. Bukit Pilar Angin

Salah satu tempat wisata Garut ini memang sangat mirip dengan sumbawa. Bahkan, Bukit Pilar Angin disebut juga dengan " Sumbawa Van Garut" . Disini, kamu akan disuguhkan pemandangan yang mirip dengan padang savana yang ada di Sumbawa. Sesekali, kamu harus nih mencoba berkunjung ke Bukit Pilar Angin saat senja. Pasalnya, pemandangannya akan sangat memukau mata.

2 dari 4 halaman

Objek Wisata Garut

Objek wisata Garut memang sangat beragam. Buat kamu yang ingin merencanakan berkunjung ke daerah ini, berikut beberapa tempat wisata Garut yang bisa kamu jadikan rujukan. Yuk, simak ada apa saja.

1. Curug Cibadak

Curug Cibadak memang lokasinya sedikit tersembunyi. Untuk mencapainya, kamu harus mengeluarkan tenaga lebih terlebih dulu. Tapi, semua usahamu akan terbayar kok saat tiba di salah satu tempat wisata Garut ini. Keindahan pemandangan air terjun dengan ketinggian 100 meter ini akan menyambutmu setibanya di sana. Airnya yang segar dan jernih juga menjadi salah satu daya tarik dari Curug Cibadak.

2. Kompleks Wisata Cipanas

Kawasan Wisata Cipanas © Diadona

Tempat wisata Garut satu ini menyuguhkan wisata air panas yang bersumber langsung dari gunung api aktif yakni Gunung Guntur. Tak hanya bisa berendam air panas, Kompleks Wisata Cipanas juga menyediakan arena water boom dan juga penginapan. Cukup lengkap, kan?

3. Leuwi Korsi

Bagi kamu pemburu spot foto menarik pasti akan dimanjakan saat berkunjung ke Leuwi Korsi. Hal yang unik dari tempat wisata Garut satu ini yakni bentuk dari tebing berbatunya yang menyerupai deretan kursi. Maka dari itulah, tempat ini dinamai Leuwi Korsi yangmana Korsi sendiri berarti kursi. Tak hanya itu, tempat ini juga menyuguhkan aliran air tenang yang jernih kebiruan.

4. Kampung Pulo

Nah, jika kamu ingin mencoba wisata Garut selain alamnya, kamu bisa mengunjungi kampung yang satu ini. Kampung Pulo sendiri merupakan kampung adat yang terletak di kecamatan Leles. Satu hal menarik yang ada di kampung ini yakni Candi Cangkuang yang terletak di tengah situ atau danau kecil.

3 dari 4 halaman

Wisata Alam Garut

Memang, sebagian besar wisata di Garut sendiri merupakan wisata alam. Jadi, tak heran jika kamu akan menemukan beragam wisata alam di daerah ini. Untuk mengetahui tempat wisata alam mana saja yang menarik, terus simak di bawah ini ya.

1. Curug Batu Nyusun

Salah satu tempat wisata Garut unik lainnya yang bisa kamu jadikan pilihan yakni Curug Batu Nyusun. Formasi bebatuan di curug ini memang sangat unik karena terlihat tersusun begitu indah dan rapi. Ditambah lagi, aliran air yang mengalirinya menambah keindahan Curug Batu Nyusun.

Tapi, pemandangan ini hanya bisa kamu saksikan saat musim kemarau saja karena debit air yang mengalirinya tidak terlalu deras. Saat musim hujan, susunan batu yang cantik ini akan tertutup dengan derasnya aliran air. Jadi, pastikan kamu berkunjung di saat yang tepat ya.

2. Puncak Guha

Puncak Guha merupakan spot yang cantik buat kamu yang mencari ketenangan. Pasalnya, di tempat ini kamu bisa melihat panorama indahnya laut selatan serta perbukitan hijau yang menenangkan. Tempat wisata Garut ini terletak di tebing yang berada di semenanjung kecil Desa Sinarjaya dan menghadap langsung ke laut selatan Jawa. Waktu terbaik berkunjung ke tempat ini yakni saat matahari terbenam karena kamu bisa menikmati sunset yang indah.

3. Karacak Valley

Kamu hobi camping? Jika seperti itu, berkunjung ke Karack Valley sangat tepat buatmu. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata Garut yang kerap dikunjungi wisatawan untuk berkemah. Karacak Valley sendiri merupakan perkebunan kopi yang dikelilingi hutan pinus yang cantik. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat curug yang bisa kamu kunjungi.

4. Gunung Guntur

Gunung Guntur © Diadona

Selain Gunung Papandayan, Gunung Guntur juga tak kalah menarik untuk dijadikan destinasi wisata. Di kawasan gunung ini kamu akan disuguhi pemandangan rumput liar yang indah dan beberapa tanaman kantilever dan pinus yang tumbuh di sekitar gunung. Jika kamu tidak ingin berkemah di gunung Guntur, kamu bisa menginap di penginapan yang terdapat di sekitar kaki gunungnya yang biasanya juga terdapat pemandian air panas.

4 dari 4 halaman

Wisata Garut Terbaru

Masih belum puas dengan destinasi wisata di atas? Jangan khawatir, kamu bisa mencoba tempat wisata terbaru yang ada di Garut. Nah, untuk selengkapnya, gulir ke bawah ya.

1. Kamojang Ecopark

Tempat wisata Garut yang relatif baru ini bisa menjadi salah satu pilihan buat kamu dan keluarga untuk menghabiskan liburan. Kamojang Ecopark sendiri letaknya cukup strategis dan mudah terjangkau yakni tepat di pinggir jalan Samarang-Kamojang. Daya tarik dari tempat wisata Garut satu ini yakni deretan hutan pinusnya dan beberapa spot menarik untuk berfoto. Tak hanya itu, Kamojang Ecopark juga menyediakan berbagai fasilitas yang menarik seperti penyewaan ATV dan Flying Fox.

2. Leuweung Oko D'Great

Leuweung Oko D'Great merupakan salah satu tempat wisata yang cukup populer belakangan ini. Disini, kamu bisa merasakan sejuknya pegunungan dan juga pohon-pohon pinus yang bisa kamu jadikan spot foto menarik. Selain itu, kamu juga bisa melihat keindahan pegunungan di sekitarnya melalui gardu pandang yang tersedia di tempat wisata Garut satu ini.

3. Bukit Palahlar

Bukit Palahlar merupakan surga bagi kamu yang suka berfoto. Pasalnya, tempat ini menawarkan beragam spot foto menarik dengan latar pemandangan hijau dan hunian perkampungan di bawahnya. Fasilitas di tempat wisata inipun juga cukup memadai seperti mushola dan juga gazebo.

Bagaimana, sangat menarik kan berbagai tempat wisata Garut di atas? Nah, sekarang kamu bisa nih mulai merencanakan akan mengunjungi destinasi wisata apa saja saat berlibur ke Garut.

Beri Komentar