14 Tempat Wisata Klaten Terbaru 2019, termasuk Air Terjun dan Umbul Ponggok

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 22 Januari 2020 20:13
14 Tempat Wisata Klaten Terbaru 2019, termasuk Air Terjun dan Umbul Ponggok
Selain wisata umbulnya, masih banyak lagi destinasi wisata Klaten yang menarik. Penasaran apa saja?

Sama seperti berbagai kota di Yogyakarta lainnya, Klaten juga mempunyai potensi wisata yang nggak kalah menarik untuk dijadikan tempat menghabiskan liburan. Sebut saja Unggul Ponggok yang terkenal dan menjadi destinasi wisata populer di Jawa Tengah. Selain Unggul Ponggok, Klaten masih memiliki banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu explore.

Selain terkenal dengan umbulnya, Klaten juga terkenal dengan wisata sejarahnya, terutama candi. Memang Klaten memiliki destinasi wisata berupa candi yang cukup beragam. Nah, buat kamu yang tertarik berkunjung ke Kabupaten satu ini, intip dulu yuk berbagai destinasi wisata menarik lainnya yang ada di Klaten seperti yang dilansir dari berbagai sumber (21/01) berikut ini.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Klaten

Berbicara tentang tempat wisata di Klaten pastinya sangat banyak ya. Nah, berikut ini berbagai destinasi wisata di Klaten yang nggak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke kabupaten ini. Gulir ke bawah, yuk!

1. Kali Talang

      View this post on Instagram

A post shared by Wisata Jogja Istimewa ???? (@lingkarjogjakarta) on

Kawasan Kali Talang ini merupakan salah satu spot menikmati keindahan panorama Gunung Merapi yang ada di Klaten. Di sini, kamu bisa menyaksikan Gunung Merapi yang seakan terlihat dekat. Menariknya lagi, di sekitar kawasan Kali Talang juga terdapat gardu pandang yang bisa jadi spot foto keren berlatar keelokan Gunung Merapi dan panorama asri di belakangnya. Dari kawasan Kali Talang kamu juga bisa melihat bekas aliran larva erupsi Merapi dengan lebih dekat. Sangat menarik, ya!

2. Candi Prambanan

Pasti kamu sudah nggak asing lagi kan dengan candi terkenal satu ini. Memiliki bangunan candi yang megah dan indah, pesona Candi Prambanan memang sudah mendunia. Tak hanya wisatawan lokal saja, banyak wisatawan mancanegara juga yang berkunjung ke tempat wisata Klaten satu ini.

Candi Prambanan sendiri merupakan candi Hindu terbesr di Indonesia. Terhitung, wisata Klaten ini memiliki sekitar 240 candi besar maupun kecil. Relief cerita Ramayana yang terpahat di dindingnya juga membuat Candi Prambanan semakin cantik.

3. Museum Candi Prambanan

Masih dalam kawasan Candi Prambanan juga ada museum buat kamu yang ingin mengetahui lebih jauh tentang sejarah Candi Prambanan. Museum ini menyajikan beragam koleksi benda prasejarah peninggalan manusia Purba Jawa Tengah masa lalu. Selain itu, kamu juga bisa menjumpai foto Candi Prambanan dari masa ke masa sebelum adanya pemugaran. Tenang saja untuk memasuki museum ini kamu nggak akan dikenakan biaya lagi.

4. Candi Plaosan Lor

      View this post on Instagram

A post shared by ???????????????????? ???????????????? ???????????????????? ???????????????????? ???????????? (@ahmadrezarizky) on

Tak terlalu jauh dari Candi Prambanan, kamu bisa sekalian berwisata ke Candi Plaosan Lor. Di depan kompleks candi ini, tepatnya di sebelah barat, kamu akan disambut dengan dua pasang arca dwarapala setinggi manusia. Hampir sama dengan Candi Prambanan, di tempat wisata Klaten ini juga terdapat relief di dindingnya.

Salah satu waktu terbaik berkunjung ke Candi Plaosan Lor adalah saat sore hari. Karena, wisata Klaten ini akan semakin cantik saat matahari terbenam. Jadi, siapkan kamera dan angle terbaik ya untuk berfoto saat sunset di candi yang terletak di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan ini.

5. Umbul Cokro

Selain candinya, daerah Jawa Tengah juga terkenal dengan umbulnya atau kolam yang bersumber dari mata air murni. Umbul Cokro ini salah satunya. Lokasi wisata Klaten ini terletak di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten. Di Umbul Cokro juga tersedia waterboom dengan pilihan wahana yang cukup beragam. Diantaranya seperti kolam arus, kolam renang, papan seluncur, dan wahana menarik lainnya. Tempat wisata di Klaten ini buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai 5 sore.

2 dari 4 halaman

Wisata Klaten Air Terjun

Meski jumlah air terjun di Klaten sangat sedikit, kamu masih bisa kok mengunjungi wisata air terjun di beberapa daerah sekitar Klaten. Pastinya, jaraknya juga enggak terlalu jauh dari kabupaten satu ini. Lalu, air terjun apa saja sih itu?

1. Curug Gedangsari

Meski berada di area Gunung Kidul, Curug Gedangsari akan lebih mudah dan cepat ditempuh dari arah Klaten, tepatnya dari Kabupaten Bayat. Wisata Klaten ini memiliki panorama yang asri dengan tumbuhan hijau di sekitarnya. Curug Gedangsari masih terbilang baru dan dikelola oleh warga sekitar. Tiket masuknya sendiri juga cukup murah yakni sekitar Rp. 2 ribu saja.

Keunikan dari Curug Gedangsari yaitu aliran air terjunnya yang terbelah menjadi tiga bagian. Saat musim kemarau, debit air di curug ini akan mengecil. Jadi, pastikan kamu datang di musim penghujan ya agar bisa menikmati keindahan Curug Gedangsari secara maksimal.

2. Air Terjun Luweng Sampang

      View this post on Instagram

A post shared by ??????? ????? | ??? (@jogjabikinlaper) on

Sama seperti Curug Gedangsari, Air Terjun Luweng Sampang juga berada di perbatasan Kabupaten Gunung Kidul. Hal ini karena memang kedua air tejun tersebut berlokasi cukup dekat dan berasal dari aliran mata air yang sama. Pemandangan di Air Terjun Luweng Sampang juga sangat indah dengan dua batu raksasa yang mengapitnya. Panorama sekitar yang asri ditambah air yang berwarna jernih juga menjadi daya tarik tersendiri dari air terjun ini.

3. Air Terjun Tuwondo

Jika kedua air terjun sebelumnya berada di daerah Gunung Kidul, Air Terjun Tuwondo ini berada di daerah Bantul. Meski tidak terlalu tinggi, air terjun ini juga tetap menarik untuk dinikmati. Nama Tuwondo sendiri berasal dari kata 'tu' yang berarti watu atau batu dan 'ondo' yang berarti tangga. Nama ini nggak lepas dari bentuk air terjun ini yang menyerupai tangga. Air Terjun Tuwondo juga merupakan air terjun musiman. Jadi, akan lebih baik jika kamu berwisata ke air terjun ini saat musim penghujan ya.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Klaten Terbaru

Tempat wisata Klaten yang terbaru pastinya juga nggak kalah memukau dengan beragam tempat wisata lainnya. Langsung simak di bawah ini yuk untuk mengetahui apa saja destinasi wisata Klaten terbaru yang menarik.

1. Taman Bunga Kebon Asri

Di Klaten, kamu juga bisa menjumpai padang bunga yang indah. Taman Bunga Kebon Asri berlokasi di Desa Kebon, Kecamatan Bayat. Di taman ini, kamu bisa menikmati hamparan bunga celosia berwarna merah dan kuning yang mempesona.

Taman ini juga sangat cantik dijadikan spot foto. Terlebih, ada miniatur kincir angin yang membuat kawasan ini seakan seperti di Belanda. Tiket masuk Taman Bunga Kebon Asri juga cukup terjangkau yaitu sekitar Rp. 5 ribu saja per orangnya.

2. Bukit Cinta

      View this post on Instagram

A post shared by Anita Budi Irayani (@anita_irayani) on

Selain Taman Bunga Kebon Asri, Bukit cinta juga menjadi destinasi menarik lainnya untuk berburu foto di Klaten. Tempat wisata Klaten ini enggak hanya menawarkan pemandangan yang rindang dan asri, tapi juga beragam spot foto kekinian yang bertemakan cinta. Berbagai spot foto seperti gardu pandang cinta, dermaga cinta, jembatan cinta, sarang cinta, sampai gembok cinta bisa kamu jumpai di kawasan ini. Untuk lokasinya, Bukit Cinta terletak di Desa Gunung Gajah, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten.

3. Taman Lampion Klaten

Taman Lampion Klaten ini bisa dijadikan alternatif wisata murah meriah di Klaten. Meski bernama taman lampion, jangan berharap kamu menemukan lampion ya di kawasan ini. Pasalnya, taman lampion hanya sekedar sebutannya saja. Hal ini karena Taman Lampion memiliki nuansa China. 

Sama seperti fasilitas yang dimiliki taman kebanyakan, wisata Klaten ini juga memiliki taman bermain anak dan tempat duduk. Jika lapar, kamu bisa langsung membeli makanan di angkringan maupun penjual makanan yang banyak terdapat di sekitar area luar Taman Lampion.

4. Umbul Manten

      View this post on Instagram

A post shared by Explore Kota Solo Raya (@solopunya) on

Umbul lainnya yang juga enggak kalah indah di Klaten yakni Umbul Manten. Seperti kebanyakan umbul lainnya, air di umbul ini juga sangat jernih. Ditambah lagi dengan pohon-pohon yang langsung menyentuh kolam menambah kesan asri sekaligus teduh. Jangan khawatir dengan tiket masuknya karena sangat terjangkau yakni sekitar Rp. 3 ribu saja per orangnya. Langsung saja kamu bisa menuju Jl. Janti Boto, Boto, Wunut, Kecamatan Tulung, Klaten untuk menikmati umbul cantik ini.

5. Kebun Kamboja

Selain kebun bunga celosia, Klaten juga memiliki Kebun Kamboja yang juga nggak kalah instagrammable. Di tengah kebun ini terdapat jalan setapak yang diapit oleh puluhan pohon kamboja di sisi kanan-kirinya. Kebun kamboja ini berada di Desa Gayamprit, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten. Sudah siap hunting foto di kebun ini?

4 dari 4 halaman

Wisata Klaten Umbul Ponggok

      View this post on Instagram

A post shared by Wisata Jogja | Eksotika Jogja (@eksotika_jogja) on

Umbul Ponggok memang salah satu destinasi wisata yang favorit dan populer di Klaten. Selain airnya yang jernih seperti kebanyakan umbul lainnya, tempat ini memiliki keunikan tersendiri. Di dasar Umbul Ponggok kamu akan menjumpai beragam properti yang bisa kamu gunakan untuk berfoto. Mulai dari motor vespa, ayunan, tempat duduk, sampai laptop lengkap dengan mejanya. Wisata Klaten ini memang menjadi spot foto bawah air yang sangat menarik, terlebih dengan adanya ikan berwarna-warni yang ada di dalam umbul.

Umbul Ponggok sendiri berlokasi di Dusun Jeblogan, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Jika kamu tertarik berkunjung, kamu bisa langsung menuju Umbul Ponggok dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore, kecuali saat weekend umbul ini buka lebih pagi yaitu mulai jam 7 pagi sampai 5 sore. Untuk tarif masuknya, pengunjung akan dikenakan biaya Rp. 15 ribu di hari biasa dan Rp. 30 ribu di hari libur. Tapi, untuk menikmati fasilitas lainnya kamu masih perlu mengeluarkan uang tambahan lagi.

Itulah deretan tempat wisata di Klaten termasuk dengan Umbul Ponggok tentunya. Jadi, sudah siap berwisata ke Klaten?

Beri Komentar