14 Tempat Wisata Karimunjawa Jepara sekaligus Paketnya 2019

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 31 Januari 2020 22:57
14 Tempat Wisata Karimunjawa Jepara sekaligus Paketnya 2019
Rekomendasi tempat wisata Karimunjawa lengkap dengan paketnya. Penasaran apa saja?

Sudah menentukan destinasi liburan bulan ini? Jika belum, Karimunjawa juga bisa jadi destinasi yang menarik buat kamu kunjungi. Terlebih buat kamu yang suka berwisata alam ke pantai atau menikmati indahnya bawah laut, Karimunjawa menjadi destinasi yang sangat tepat.

Terletak di daerah Jepara, pesona Karimunjawa sudah terkenal luas di kalangan wisatawan. Tak hanya di Indonesia, bahkan hingga mancanegara. Buat kamu yang penasaran apa saja destinasi menarik yang disuguhkan kepulauan cantik ini, simak rekomendasi wisatanya yang dilansir dari beragam sumber (31/01) berikut ini ya.

1 dari 4 halaman

Paket Wisata Karimunjawa 2019

Sebelum merencanakan berwisata ke Karimunjawa, cek dulu yuk beragam paket wisata mearik di bawah ini. Paket wisata ini bisa jadi solusi yang tepat lho buat kamu yang ingin berwisata tanpa ribet.

1. Paket Wisata Karimunjawa 2 Hari 1 Malam

Ilustrasi liburan keluarga © Diadona

Paket wisata pertama yang bisa kamu pilih yakni paket wisata Karimunjawa 2 hari 1 malam. Paket wisata satu ini sangat cocok nih buat kamu yang ingin sekedar menghabiskan akhir pekan atau hanya memiliki waktu yang singkat untuk liburan. Fasilitas yang ditawarkan paket wisata Karimunjawa ini juga cukup lengkap.

Selama dua hari, kamu akan diajak berkeliling ke beragam destinasi populer Karimunjawa dan mencoba aktivitas yang menarik seperti snorkeling. Ada dua transportasi yang bisa kamu pilih untuk mencapai kepulauan Karimunjawa yakni kapal feri Siginjai dan kapal express. Tentunya dua kapal ini memiliki harga yang berbeda.

Nah, untuk paket wisata Karimunjawa 2 hari 1 malam dengan menggunakan kapal feri Siginjai tarif yang biasanya dikenakan yakni sekitar Rp. 470 ribu - 940 ribu. Sedangkan jika menggunakan kapal express, budget yang perlu kamu siapkan yakni mulai dari sekitar Rp. 750 ribu.

2. Paket Wisata Karimunjawa 3 Hari 2 Malam

Ilustrasi liburan keluarga di pantai © Diadona

Paket wisata selanjutnya yang banyak ditawarkan yakni paket wisata 3 hari 2 malam. Sama seperti paket wisata sebelumnya, juga ada dua pilihan yang bisa kamu pilih. Pertama yakni menggunakan kapal feri Siginjai dengan tarif sekitar Rp. 750 ribu - Rp. 1,5 jutaan. Pilihan selanjutnya dengan menggunakan kapal express yang akan dipatok dengan tarif mulai dari sekitar Rp. 940 ribu per orangnya.

3. Paket Wisata Karimunjawa 4 Hari 3 Malam

Ilustrasi liburan bersama teman © Diadona

Jika kamu merasa tiga hari masih belum cukup untuk menjelajahi Karimunjawa, kamu bisa memilih paket wisata Karimunjawa 4 hari 3 malam. Ada beragam destinasi wisata yang ditawarkan dalam paket ini diantaranya seperti Bukit Love Karimunjawa, Pantai Gosong, Pulau Cemara Kecil, Pulau Menjangan Kecil dan masih banyak lagi destinasi populer lainnya.

Tapi, satu hal yang perlu diperhatikan yakni jumlah dan destinasi wisatanya tentu saja tergantung dengan agen perjalanan yang kamu pilih ya. Harga yang biasanya ditawarkan untuk menikmati paket wisata ini yakni sekitar Rp. 840 ribu - Rp. 1,2 juta per orangnya dengan menggunakan kapal feri Siginjai. Sedangkan jika kamu memilih menggunakan kapal express, budget yang perlu kamu persiapkan yakni sekitar Rp. 1,1 juta.

2 dari 4 halaman

Obyek Wisata Karimunjawa

Destinasi wisata Karimunjawa memang didominasi oleh wisata alam, terutama pantai dan pulaunya. Nah, berikut ini rekomendasi objek wisata yang wajib kamu kunjungi di Karimunjawa.

1. Pulau Gosong

Pulau Gosong menjadi salah satu primadona di Karimunjawa dengan keunikannya yang sangat menarik. Berbeda dengan kebanyakan pulau lainnya yang biasanya berukuran luas dan memiliki tumbuhan, di Pulau Gosong kamu enggak akan menemukannya. Pulau ini hanya berupa gundukan pasir seluas kurang lebih 5x8 meter tanpa ada tetumbuhan di sekitarnya.

Meski berukuran mini, pesona pulau ini sangat indah. Hamparan pasir putih dan laut birunya akan memanjakan matamu sesampainya di sana. Tapi, Pulau Gosong ini hanya akan menyembul di atas permukaan saat laut sedang surut saja. Jadi, pastikan kamu datang di saat yang tepat ya agar bisa menikmati kecantikannya.

2. Pantai Ujung Gelam

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Mount & Travel Addict ???????? (@mountrav.addict) pada

Pantai Ujung Gelam juga menjadi salah satu destinasi yang populer di Karimunjawa. Wisata Karimunjawa ini memiliki pantai pasir putih yang indah. Selain itu, di sekeliling pantai ini juga terdapat deretan pohon kelapayang membuatnya nampak asri.

Salah satu waktu terbaik mendatangi wisata Karimunjawa ini yakni saat sore hari. Karena, kamu bisa menyaksikan panorama matahari terbenam yang indah dari Pantai Ujung Gelam.

3. Pulau Geleang

Pulau Geleang juga bisa jadi destinasi selanjutnya yang bisa kamu kunjungi. Sedikit berbeda dengan pulau lainnya di Karimunjawa, pulau ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding dengan pulau lainnya. Meski seperti itu, panoramanya juga nggak kalah indah dengan beragam pulau lainnya di Karimunjawa.

4. Pantai Annora

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh SEMARANG (@wisatasemarang) pada

Memiliki ciri khas yang sama dengan kebanyakan pantai di Karimunjawa lainnya, Pantai Annora juga menyuguhkan panorama hamparan pasir putih dengan air laut berwarna jernih yang mempesona. Wisata Karimunjawa ini terletak di di Dusun Cikmas. Ciri khas dari Pantai Annora ini yakni adanya banyak ayunan yang menggantung di sekitar pantainya. Karena inilah, kadang orang menyebut Pantai Annora dengan sebutan Pantai Ayunan Annora.

5. Bukit Annora

Masih di kawasan Annora, selain menikmati keindahan pantainya, kamu juga bisa mendaki bukitnya. Dari atas Bukit Annora ini, kamu bisa menyaksikan panorama sekitar termasuk Pantai Annora yang indah. Semilir angin yang sejuk juga bisa kamu rasakan dari atas kawasan ini. Panorama ini akan semakin indah di pagi hari saat matahari terbit.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Karimunjawa

Beragam tempat wisata Karimunjawa berikut ini juga enggak kalah menarik lho untuk dijadikan destinasi selanjutnya. Cek yuk apa saja destinasi wisatanya.

1. Pulau Menjangan Besar

Selain memiliki pemandangan yang indah, Pulau Menjanga besar juga menawarkan hal yang unik. Di pulau ini kamu bisa menjumpai penangkaran hiu. Tak hanya sekedar melihatnya saja, bahkan kamu juga bisa berenang bersama hiu tersebut. Kamu juga enggak perlu khawatir karena semua hiu di wisata Karimunjawa ini sudah jinak.

2. Pulau Cemara Besar

Pulau Cemara Besar menyajikan keindahan bawah laut yang luar biasa. Sangat cocok banget nih buat kamu yang suka snorkeling. Pulau Cemara Besar ini bisa jadi spot yang sangat menarik buat kamu jelajahi. Selain panorama bawah lautnya, wisata Karimunjawa ini juga memiliki pemandangan pantai yang juga tak kalah indah.

3. Bukit Love Karimunjawa

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh ???????????????????? (@ferrywid) pada

Menyaksikan panorama Karimunjawa dari ketinggian bisa jadi salah satu opsi liburan yang menarik ya. Salah satu tempat yang bisa kamu tuju untuk menikmatinya yakni di Bukit Love Karimunjawa. Persis dengan namanya, di kawasan ini kamu bisa menjumpai patung bertuliskan kata 'Love'. Nah, buat kamu yang berkunjung ke Karimunjawa bersama pasangan pastinya enggak boleh melewatkan wisata satu ini. Selain kata Love, di sisi lainnya juga ada patung bertuliskan kata 'Karimunjawa' yang juga bisa kamu jadikan spot foto menarik.

4. Pulau Menjangan Kecil

Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang Pulau Menjangan Besar, sekarang kita beralih ke Pulau Menjangan Kecil. Wisata Karimunjawa ini menjadi spot diving dan snorkeling yang populer di Karimunjawa. Hampir semua perairan di sekelilinnya memiliki beragam jenis terumbu karang. Air lautnya yang jernih dan pasir putihnya yang indah juga semakin menambah pesona dari Pulau Menjangan Kecil.

5. Hutan Mangrove Karimunjawa

Tak hanya wisata pantai dan bawah laut saja yang bisa kamu temui di Karimunjawa, ada juga hutan mangrove yang asri dan indah. Di sini, kamu bisa menikmati indahnya hutan mangrove dengan berjalan di jembatan kayu sepanjang 2 kilometer. Jika kamu beruntung, kamu juga bisa lho bertemu dengan binatang yang hidup di hutan mangrove ini.

4 dari 4 halaman

Wisata Karimunjawa Jepara

Wisata di Karimunjawa memang beragam ya. Berikut ini beberapa destinasi wisata menarik lainnya.

1. Pantai Nirwana

Destinasi wisata Karimunjawa selanjutnya yang bisa kamu explore yakni Pantai Nirwana. Terletak di sebelah timur Pulau Karimunjwa, Pantai Nirwana adalah pantai terpanjang yang ada di Karimunjawa. Pohon Kelapa yang banyak tumbuh di sekitarnya menjadi ciri khas dari wisata Karimunjawa ini.

2. Bukit Joko Tuwo

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Jepara Gayeng (@jeparagayeng) pada

Bukit Joko Tuwo ini merupakan salah satu bukit yang menghadap ke kota Kraimunjawa. Dari atasnya, kamu bisa menyaksikan dengan jelas pulau-pulau di Karimunjawa secara utuh. Tak hanya menyajikan panorama indah Karimunjawa, Bukit Joko Tuwo juga memiliki daya tarik lainnya yakni adanya Kerangka Ikan Paus atau warga sekitar menyebutnya dengan Joko Tuwo, Tasbih Raksasa, dan area olahraga alam.

3. Pulau Cemara Kecil

Pulau Cemara Kecil memiliki pantai yang masih sangat alami dan indah. Jika Pantai Nirwana didominasi dengan pohon kelapa, sedikit berbeda, Pulau Cemara Kecil didominasi oleh pohon cemara. Banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di pantai ini, salah satunya yakni snorkeling. Seperti kebanyakan pulau lainnya di Karimunjawa, Pulau Cemara Kecil juga menyuguhkan panorama bawah laut yang indah.

4. Pulau Sintok

Satu lagi destinasi wisata yang juga menyuguhkan panorama bawah laut yang mempesona yakni Pulau Sintok. Ekosistem bawha laut pulau ini sangat indah dengan terumbu karang yang masih terjaga. Pulau Sintok terletak di sebelah timur pulau Karimunjawa dan memiliki luas sekitar 21 hektar.

Nah, bagaimana sederet tempat wisata Karimunjawa di atas? Menarik semua, kan? Sekarang, kamu bisa nih langsung menyusun agenda liburan ke Karimunjawa!

Beri Komentar