14 Objek Wisata Kaliurang Yogyakarta yang Terbaru

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 13 Januari 2020 15:48
14 Objek Wisata Kaliurang Yogyakarta yang Terbaru
Simak yuk tempat wisata di Kaliurang yang terbaru!

Berbicara tentang destinasi wisata di Yogyakarta, Kota Gudeg ini menyuguhkan banyak pilihan wisata di setiap daerahnya. Salah satunya yaitu Kaliurang. Kaliurang sendiri merupakan kawasan wisata yang terletak di Kabupaten Sleman, tepatnya di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman.

Berlokasi di lereng Gunung Merapi menjadikan kawasan ini memiliki udara yang sejuk dan segar. Selain itu, jaraknya yang cukup dekat dengan Kota Jogja membuat Kaliurang menjadi alternatif wisata yang patut dicoba. Kawasan ini menawarkan beragam wisata mulai dari alam hingga trendy kekinian.

Bila kamu tertarik untuk menjadikan Kaliurang sebagai pilihan destinasi wisata selanjutnya, ini dia berbagai pilihan tempat wisata yang sangat sayang jika kamu lewatkan sebagaimana dilansir dari berbagai sumber (13/11). Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

1 dari 4 halaman

Taman Wisata Kaliurang

Taman Wisata Kaliurang bisa menjadi alternatif wisata keluarga buat kamu yang sedang berlibur ke Kaliurang. Banyak berbagai aktivitas dan wahana seru yang bisa kamu lakukan di tempat ini. Seperti flying fox atau bermain di rumah pohon Ridz High Hope.

Berada di lereng Gunung Merapi, tak heran jika kawasan ini memiliki udara yang sejuk. Pepohonan yang rindang di sekelilingnya juga membuat Taman Wisata Kaliurang nampak lebih asri. Terlebih lagi, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Merapi dari kawasan wisata ini.

Destinasi wisata ini juga sangat cocok dijadikan tempat bersantai bersama keluarga. Kamu bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan sekitar dan menyantap bekal yang dibawa. Tenang saja, memang di kawasan ini pengunjung diperbolehkan membawa bekal oleh pengelola.

Tiket Masuk Taman Wisata Kaliurang

Tiket masuk tempat ini cukup terjangkau yaitu Rp. 10 ribu saja. Tapi, untuk menikmati wahana permainannya kamu perlu mengeluarkan dana lagi sekitar Rp. 10 ribu sampai Rp. 25 ribu untuk setiap wahananya. Seperti flying fox misalnya, kamu perlu membayar seharga RP. 25 ribu.

Jam Operasional Taman Wisata Kaliurang

Taman Wisata Kaliurang buka setiap hari dari Senin - Minggu dengan waktu yang sedikit berbeda-beda. Hari Senin - Jumat, taman ini buka dari jam 8 pagi sampai 4 sore. Di hari sabtu, Taman Wisata Kaliurang buka mulai pukul 6 pagi sampai dengan 6 sore. Sedangkan di hari Minggu, buka mulai pukul 5.45 pagi sampai jam 6 sore.

Taman Kita Oreo

Taman Wisata Kaliurang sejak tahun 2018 lalu mendapat tambahan fasilitas yaitu Taman Kita Oreo. Seperti namanya, taman ini dibuat oleh salah satu brand biskuit yang sering menghiasi layar kaca. Taman Kita Oreo juga menyuguhkan wahana bermain yang tak kalah seru.

Wahana di taman ini sebenarnya bertujuan untuk membantu menciptakan interaksi sosial yang lebih dalam, tak hanya percakapan biasa. Diharapkan dengan adanya wahan ini bisa membangun hubungan antar pengunjung.

Kuliner khas Kaliurang

Meski Yogyakarta terkenal dengan bakpia dan gudegnya, sayang sekali jika kamu melewatkan mencoba jadah tempe. Makanan ini termasuk makanan khas dari daerah Kaliurang atau sekitar lereng Gunung Merapi.

Jadah tempe sendiri terbuat dari beras ketan dan berwarna putih. Rasanya gurih dengan tekstur empuk dan sedikit lengket. Salah satu jadah tempe yang populer di Kaliurang yaitu jadah tempe Mbah Carik yang berlokasi nggak jauh dari patung urang yang ada di Kaliurang.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Kaliurang

Selain taman wisata Kaliurang, daerah ini juga memiliki banyak destinasi wisata menarik lainnya. Di bawah ini beberapa tempat wisata Kaliurang yang banyak diminati. Yuk, langsung saja gulir ke bawah.

1. Ullen Sentalu Museum

Museum dengan nuansa alam menjadi gambaran dari Museum Ullen Sentalu. Pepohonan yang rimbun dan hijau disekitar dengan bangunan yang seakan menyatu dengan alam membuat wisata Kaliurang ini sangat menarik untuk dikunjungi. Museum ini menyajikan tentang seni dan budaya Jawa, terutama mengenai Kerajaan Mataram.

Di dalam museum ini kamu bisa melihat berbagai koleksi lukisan, kain batik khas Solo dan Yogyakarta, gamelan, dan koleksi lainnya. Kamu bisa mengunjungi museum ini di Jl. Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Sleman.

2. Tlogo Putri

Perpaduan wisata air dengan wisata alam menjadi daya tarik dari Tlogo Putri. Tlogo Putri sendiri adalah sebuah danau yang dikelola oleh Dinas pariwisata Sleman. Selain danau, kawasan wisata ini juga menyajikan banyak pilihan aktivitas dan permainan seperti flying fox, kano, bebek air, jungkat-jungkit, sampai dengan bianglala bisa kamu jumpai di Tlogo Putri.

Berada di lereng Gunung Merapi membuat kawasan wisata ini memiliki udara yang segar sekaligus juga asri. Sangat cocok kan buat kamu yang ingin refreshing sejenak. Di tempat wisata Kaliurang ini juga tersedia panggung yang biasanya digunakan untuk pertunjukan seni seperti campursari, orkes melayu, jathilan, juga dangdutan.

3. Bukit Klangon

Bukit Klangon menyuguhkan sensasi melihat kemegahan Gunung Merapi dari jarak dekat. Wisata ini terletak di Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman yang lokasinya sendiri lumayan dekat dengan Gunung Merapi. Dari atas gardu pandang setinggi lima meter, kamu bisa menikmati keindahan Gunung Merapi dan panorama alam di sekitarnya dengan jelas. Wisata Kaliurang ini juga sangat murah meriah karena kamu nggak akan dipungut biaya masuknya, tapi kamu cuma akan dikenakan biaya parkir saja.

4. Air Terjun Tlogo Muncar

Wisata alam lainnya yang bisa kamu kunjungi di Kaliurang yaitu Air Terjun Tlogo Muncar. Berada di lereng Gunung Merapi, air terjun ini memiliki air yang jernih dan segar sekaligus udara yang sejuk. Air Terjun Tlogo Muncar sendiri bersumber dari mata air Bukit Plawangan yang tak terlalu jauh dari lokasi. Jika kamu tertarik berkunjung, sangat disarankan untuk berkunjung saat musim penghujan. Hal ini karena saat musim kemarau debit air terjun ini tidak cukup deras.

3 dari 4 halaman

Wisata Kaliurang Terbaru

Meski tergolong baru, wisata Kaliurang ini menawarkan hal yang menarik dan nggak kalah dari wisata lainnya. Dengan mengusung konsep kekinian juga menjadi daya tarik dari Wisata Kaliurang Terbaru. Berikut ini beberapa daftar tempat wisatanya.

1. Merapi Park

Melihat landmark negara-negara terkenal sekarang bisa kamu nikmati di Kaliurang, tepatnya di Merapi Park. Di wisata Kaliurang ini kamu bisa melihat berbagai landmark dunia dalam bentuk miniatur. Mulai dari Big Ben London, Menara Eiffel, Patung Liberty, Menara Pisa, hingga Kicir Angin khas negara Belanda.

Selain menghadirkan bangunan ikonik dunia, Merapi Park juga menyuguhkan kawasan hijau yang dilengkapi dengan aneka bunga. Dengan latar Gunung Merapi di salah satu sisinya semakin melengkapi keindahan wisata Kaliurang satu ini.

2. Stonehenge Jogja

Masih menyuguhkan konsep bangunan ikonik dunia, Stonehenge Jogja juga menawarkan bangunan unik Stonehenge yang mirip dengan aslinya. Stonehenge sendiri merupakan bangunan unik di Wiltshire, Inggris berupa batu yang disusun melingkar secara tegak. Sedikit berbeda dengan Stonehenge di Wiltshire yang terbuat dari batu saja, Stonehenge yang ada di Kaliurang ini berasal dari batuan bekas erupsi Merapi dan beton yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai aslinya.

Terlebih lagi, kawasan wisata Kaliurang ini juga dibangun di tengah padang rumput hijau yang semakin membuat Stonehenge mirip dengan yang ada di Inggris. Wisata ini juga populer sebagai spot foto karena keunikannya.

3. The Lost World Castle

The Lost World Castle menjadi salah satu rekomendasi tempat menarik buat kamu yang ingin berburu foto unik. Wisata Kaliurang ini menghadirkan bangunan berbentuk kastil dengan beberapa area menarik seperti Wild Wild West yang berisi kawasan khas suku Indian lengkap dengan tenda dan perapiannya. Di area Wild Wild West ini kamu juga bisa menyewa properti khas Indian dengan harga yang cukup terjangkau.

Ada juga beberapa spot foto keren seperti sayap yang terbuka dan kawasan dengan latar bunga sakura. Selain itu, di wisata Kaliurang ini juga tersedia tempat makan di dalam maupun di area sekitarnya.

4. Rumah Hobbit Kaliurang

Tak jauh dari The Lost World Castle kamu bisa menemui kawasan wisata yang di desain mirip dengan rumah para hobbit dalam film The Lord of The Rings. Di sini, kamu bisa menemui rumah hobbit dengan tinggi sekitar dua meter yang menempel di bawah bukit buatan seperti di desa Shire, desa hobbit lengkap dengan pagar di sekelilingnya.

Tak hanya rumah hobbit, di wisata Kaliurang ini kamu juga bisa berfoto di rumah-rumah unik berbentuk jamur yang tersebar di sekitarnya. Rerumputan hijau yang ada di area ini juga menambah kesan asri dari destinasi wisata ini. Lokasi Rumah Hobbit sendiri berada di daerah Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

4 dari 4 halaman

Wisata Kaliurang Jogja

Kaliurang masih memiliki destinasi wisata yang seru lainnya. Seperti beberapa destinasi wisata di bawah ini. Langsuk simak ke bawah, yuk!

1. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi selain menyuguhkan keindahan panorama alamnya, juga bisa menjadi ajang menambah wawasan terkait gunung aktif di Jawa Tengah ini. Di museum ini, kamu akan memperoleh banyak informasi mengenai Gunung Merapi lengkap dengan diorama dan rekaman letusannya dari satu abad terakhir, termasuk yang terjadi pada 2010 silam.

Museum Gunung merapi bisa menjadi sarana edukasi yang murah meriah di Kaliurang. Karena, kamu cukup mengeluarkan uang sekitar Rp. 5 ribu saja untuk menikmati wisata Kaliurang satu ini.

2. Helio Garden

Menyuguhkan keindahan ladang bunga matahari yang terhampar luas menjadikan Helio Garden sebagai salah satu destinasi wisata Kaliurang yang digemari kalangan muda. Di tempat ini, kamu bisa menyaksikan ladang luas yang tampak kekuningan sejauh mata memandang. Tentu saja, hal ini bisa menjadi spot foto yang sangat menarik.

Bunga matahari yang cukup tinggi dan banyak serta harga tiket yang sangat terjangkau menjadi daya tarik dari Helio Garden. Lokasi kebun cantik ini berada di daerah Pakem, lebih tepatnya di Jl. Kaliurang KM 21.

3. Taman Gardu Pandang Kaliurang

Selain Helio Garden, Taman Gardu Pandang Kaliurang juga menjadi destinasi populer lainnya bagi anak muda. Di tempat ini. selain kamu disuguhkan dengan pemandangan indah sekitar, Taman Gardu Pandang Kaliurang juga menyediakan sejumlah spot foto menarik lengkap dengan lampu-lampu yang cantik. Malam hari merupakan waktu terbaik mengunjungi taman ini karena kamu bisa melihat beraneka macam lampu cantik yang menerangi setiap sudut taman. Salah satu fasilitas lain yang sangat menarik dari taman ini yaitu pagelaran Festival of Light yang biasanya diselenggarakan pada akhir tahun.

4. Agrowisata Bhumi Merapi

Wisata satu ini juga sangat cocok sebagai destinasi liburan bersama keluarga, terutama jika bersama si kecil. Di Agrowisata Bhumi Merapi kamu bisa berekreasi sekaligus menambah wawasan dengan berinteraksi langsung dengan hewan-hewan yang ada. Banyak macam wahana yang ditawarkan seperti memerah susu kambing, memberi makan kelinci, naik kuda poni, outbond khusus anak, dan masih banyak lagi wahana seru yang bisa dilakukan lainnya.

Harga tiket eduwisata ini juga cukup terjangkau yakni sekitar Rp. 10 ribu saja. Agrowisata Bhumi Merapi berlokasi Jl. Kaliurang KM 20, tepatnya di belakang Balai Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman.

Destinasi wisata Kaliurang juga sama menariknya kan dengan berbagai tempat wisata di Jogja lainnya. Yuk, jangan lupa agendakan berlibur ke Kaliurang ya jika di Jogja.

Beri Komentar