14 Destinasi Tempat Wisata Banten yang Murah termasuk juga Daerah Serang

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 23 Januari 2020 22:19
14 Destinasi Tempat Wisata Banten yang Murah termasuk juga Daerah Serang
Banten juga memiliki tempat wisata yang menarik dijadikan destiansi liburan. Cek di sini ya untuk rekomendasinya!

Provinsi Banten, sama halnya dengan daerah lainnya di Jawa Barat, juga mempunyai destinasi wisata yang juga beragam. Provinsi ini memiliki banyak destinasi wisata yang bisa kamu nikmati, terutama pantainya yang bisa dengan mudah kamu jumpai. Tak selalu tentang pantai, masih banyak destiansi wisata seperti danau, hutan, air terjun, hingga taman nasional yang bisa kamu jumpai di Banten.

Dilansir dalam berbagai sumber (23/01), yuk kita simak apa saja destinasi wisata Banten yang murah sekaligus menarik sebagai tujuan liburan. Langsung saja gulir ke bawah ya untuk selengkapnya.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Banten

Tentu kita tahu jika Banten juga memiliki pesona wisatanya sendiri. Buat kamu yang ingin mengunjungi provinsi ini, berikut ini beberapa destinasi yang nggak boleh kamu lewatkan. Terus simak di bawah, ya.

1. Pantai Sawarna

Seperti yang kita tahu, Banten memiliki banyak pantai yang indah. Salah satunya Pantai Sawarna. Berjarak kurang lebih 150 km dari Rangkasbitung, wisata Banten ini menawarkan keindahan yang menawan dari laut biru dan tebing di sekelilingnya. Ombak yang cukup besar di Pantai Sawarna juga sering dimanfaatkan oleh wisatawan untuk berselancar. Kamu juga nggak perlu bingung jika ingin menghabiskan waktu di pantai ini lebih lama karena di sekitar wisata Banten ini sudah tersedia banyak penginapan.

2. Masjid Agung Banten

      View this post on Instagram

A post shared by Explore Serang (@explore_serang) on

Masjid Agung Banten menjadi salah satu destinasi wisata religi yang bisa kamu kunjungi di kota ini. Masjid Agung Banten juga merupakan salah satu bangunan bersejarah yang memiliki gaya arsitektur perpaduan dari berbagai budaya yakni Tiongkok, Jawa, Eropa, dan Hindu.

Masjid Agung Banten ini selalu ramai dikunjungi peziarah dan juga wisatawan setiap harinya. Tak hanya bangunan masjd saja, di kawasan ini juga terdapat peninggalan dari kerajaan Islam sekaligus dengan makam orang-orang yang berjasa mengembangkan agama Islam di Banten.

3. Rawa Dano

Wisata alam selanjutnya yakni Rawa Dano. Rawa satu ini menyajikan wisata alam yang tak hanya berupa rawa, tapi juga danau sekaligus dengan hutan. Memiiliki luas sekitar 2500 hektar, Rawa Dano juga merupakan rumah bagi berbagai jenis reptil. Lokasinya sendiri berada di Kabupaten Serang.

4. Danau Tasikardi

      View this post on Instagram

A post shared by TBM JAWARA ???? (@terasbaca_jawara) on

Berlokasi di Kecamatan Kramatwatu, kamu bisa mengunjungi Danau Tasikardi sebagai alternatif wisata. Dulunya, Danau Tasikardi dipercaya sebagai tempat rekreasi bagi keluarga Sultan. Dengan luas sekitar 5 hektar, danau ini juga menawarkan pemandangan yang nggak kalah menawan.

Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di Danau Tasikardi seperti bermain perahu air, memancing atau berkemah di sekitar kawasan ini. Ada satu hal menarik dari Danau Tasikardi yakni di tengah danaunya kam bisa menjumpai pulau.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Serang Banten

Sebagai ibukota provinsi Banten, tentu saja Serang juga memiliki destinasi wisata yang sama menariknya dengan daerah yang lainnya. Simak yuk rekomendasi tempat wisatanya di bawah ini.

1. Pantai Sambolo

Dibanding dengan pantai lainnya di Banten, Pantai Sambolo ini memiliki keunikan tersendiri. Di sini, kamu nggak akan menjumpai karang di pinggiran pantainya. Karena memang pantai ini bebas karang dan juga landai. Sama seperti pantai kebanyakan, Pantai Sambolo ini juga menawarkan bergam aktivitas seru. Antara lain seperti speed boat, ATV, parasailing, donat boat, hingga jet ski. Kamu bisa langsung menuju ke wisata Banten ini di Jl. Raya Anyer, Bandulu, Serang.

2. Pulau Lima

      View this post on Instagram

A post shared by a n g g i a (@melliaanggia) on

Meski tergolong baru, Pulau Lima juga menawarkan panorama yang nggak kalah indah. Pulau ini memiliki pasir yang berwarna putih dan lembut. Selain memiliki pantai berpasir putih yang indah, di sekitar Pulau Lima juga terdapat hutan mangrove yang membuatnya semakin terlihat asri dan indah.

Pulau Lima memang dikembangkan sebagai pulau wisata sehingga banyak tersedia fasilitas dan wahana seru. Mulai dari snorkeling, memancing, hingga bermain banana boat merupakan beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di wisata Banten ini.

3. Hutan Kayu Putih Kragilan

Tak hanya pantai saja, Serang juga memiliki destinasi wisata alam lainnya. Salah satunya berupa hutan kayu putih. Hutan ini disebut dengan kayu putih karena kulit kayu pepohonan di hutan ini yang berwarna putih. Di sini, kamu bisa menjumpai deretan pohon albasia yang berjajar rapi dan indah. Hijaunya pohon dan rerumputan di kawasan Hutan Kayu Putih semakin membuat tempat wisata Banten ini tampak alami dan asri.

3 dari 4 halaman

Wisata Pantai di Banten

Pantai bisa dibilang sebagai destinasi wisata mayoritas yang ada di Banten. Jika kamu juga tertarik untuk berwisata ke pantai yang ada di Banten, berikut ini beberapa rekomendasinya.

1. Pantai Anyer

      View this post on Instagram

A post shared by Explore Serang (@explore_serang) on

Pasti kita semua sudah cukup akrab ya dengan kata Anyer, terutama dalam pelajaran sejarah. Nah, di Banten kamu bisa mengunjungi pantainya. Pantai Anyer sendiri merupakan salah satu pantai yang populer di kota ini. Tak heran jika wisata Banten ini selalu dipadati wisatawan, terutama saat akhir pekan atau menjelang liburan.

Pantai Anyer menawarkan pesona pantai dengan pasir putih yang terbentang sepanjang garis pantainya. Tempat wisata Banten ini juga menyuguhkan beragam aktivitas menarik seperti berselancar, menyelam, water sport, dan masih banyak lagi lainnya. Kamu juga enggak perlu khawatir tentang penginapan karena di sekitar kawasan Pantai Anyer ini sudah menyediakan banyak penginapan yang bisa kamu sewa.

2. Pantai Carita

Pantai Carita juga menjadi destinasi wisata pantai yang enggak kalah populer dari Pantai Anyer. Wisata Banten satu ini terletak di wilayah Pandeglang. Dari tepian pantainya, kamu bisa menyaksikan Gunung Krakatau yang menjulang gagah. Pasir yang berwarna putih dan airnya yang sangat jernih juga menjadi daya tarik lainnya dari Pantai Carita.

Ombaknya yang nggak terlalu besar juga bisa membuat kamu lebih puas untuk bermain-main di tepian pantainya. Sama seperti pantai Anyer dan kebanyakn pantai lainnya, kamu enggak perlu pusing lagi dengan fasilias yang ada di pantai ini karena lumayan lengkap.

3. Pantai Mabak

      View this post on Instagram

No Edit ???????? No Filter ???????? Canon Eos 100d It is original Sunset 01.05.2017 #pantaimabak #pulomerakkecil #pulaumerakkecil #merak #exploremerakbanten #explorebanten #info_cilegon #visitbanten #pesonaindonesia #bantenpunya #sunset #sunsetindonesia #pesonaalam #selatsunda #beach #awesome #awesomelife #beutiful #beutifulindonesia #indonesiaku #ilovecilegon #likeforlike @genpibanten @kemenpar #genpibanten #kemenpar

A post shared by Andri Botox (@andribotox) on

Pantai Mabak sangat cocok dijadikan destinasi menikmati sunset di Banten. Karena, menjelang sore hari, sunset di kawasan ini akan terlihat sangat indah. Tak jauh dari pantai juga terdapat pulau kecil yang indah bernama Pulau Merak Kecil. Pulau ini menjadi sentuhan yang indah di Pantai Mabak.

4 dari 4 halaman

Destinasi Wisata Banten

Selain tempat wisata di atas, kamu juga bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata Banten yang enggak kalah menarik di bawah ini. Yuk, kita simak destinasi wisatanya di bawah ini.

1. Pulau Sangiang

      View this post on Instagram

A post shared by official_indonesia (@gue_liburan) on

Pulau Sangiang juga merupakan wisata alam yang menawarkan keindahan pantai dan lautnya. Pulau ini memiliki pasir yang putih dengan laut berwarna biru kehijauan yang menawan. Lokasi wisata Banten ini sendiri berada di Selat Sunda. Nah, untuk mencapai Pulau Sangiang kamu bisa menyewa perahu dari Pantai Anyer.

Tak hanya menawarkan wisata pantainya, Pulau Sangiang juga memiliki peninggalan sejarah di pulaunya berupa benteng peninggalan Jepang. Wisata baharinya juga harus kamu coba karena menawarkan panorama yang mempesona.

2. Air Terjun Gendang

Air terjun ini bernama cukup unik ya. Nama gendang juga bukan datang tanpa alasan tentunya. Air terjun ini dinamai dengan gendang karena suara air terjunnya yang mirip dengan tambur atau gendang. Air terjun setinggi kurang lebih 7 meter ini juga termasuk salah satu tempat bersejarah. Karena, dulunya Air Terjun Gendang digunakan sebagai tempat persembunyian para pejuang bangsa pada masa penjajahan Belanda.

3. Taman Nasional Ujung Kulon

      View this post on Instagram

A post shared by Good News From Indonesia (@gnfi) on

Taman nasional satu ini memang sangat terkenal di Banten bahkan Indonesia. Berada di ujung barat Pulau Jawa, kawasan taman nasional Ujung Kulon juga mencangkup pulau-pulau kecil di sekitarnya. Taman Nasional Ujung Kulon sendiri merupakan tempat konservasi bagi hewan badak. Pengalaman trekking dan menikmati alam liar bisa kamu rasakan saat berkunjung di taman nasional satu ini.

4. Kampung Baduy

Selain wisata alam dan sejarah, Banten juga menyuguhkan wisata budaya yang salah satunya bisa kamu temui di Kampung Baduy. Kampung ini berada di Lebak Banten. Suku Baduy sendiri merupakan suku asli provinsi ini. Di Kampung Baduy, kamu bisa menjumpai budaya dan adat yang masih sangat terjaga.

Jadi, seperti itulah berbagai tempat wisata Banten yang reccomended dengan harga yang relative terjangkau. Sudah tertarik berkunjung ke Banten sekarang?

Beri Komentar