13 Tempat Wisata Tulungagung termasuk Daerah Sendang yang Terbaru 2019

Reporter : Devi Puspitasari
Sabtu, 18 Januari 2020 13:30
13 Tempat Wisata Tulungagung termasuk Daerah Sendang yang Terbaru 2019
Tulungagung juga bisa jadi destinasi wisata menarik saat liburan. Ini dia 13 tempat wisata Tulungagung yang terbaru.

Tulungagung memiliki potensi wisata yang cukup melimpah. Buat kamu yang belum tahu, Tulungagung ini merupakan salah satu kabupaten yang terletak di sisi selatan Jawa Timur. Hal ini juga yang membuat Tulungagung terkenal dengan wisata pantainya.

Tak hanya pantai, masih banyak destinasi wisata lainnya yang dimiliki Kabupaten yang juga dijuluki Kota Marmer ini. Melansir dari berbagai sumber (18/01), ini dia berbagai tempat wisata di Tulungagung yang wajib kamu kunjungi. Simak selengkapnya di bawah ini, yuk.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Tulungagung

Mengunjungi tempat wisata di Tulungagung memang nggak cukup sehari saja. Banyak destiansi wisata yang sangat menarik di Tulungagung. Seperti beberapa tempat wisata Tulungagung di bawah ini.

1. Tebing Banyu Mulok

Tebing Banyu Mulok menghadirka wisata alam yang unik sekaligus memukau. Di sini, kamu bisa melihat aliran ombak yang menghantap tebing sehingga menimbulkan luapan air yang menarik. Kadang, luapan air ini juga menghasilkan pelangi yang indah. Dari fenomena inilah tebing ini dinamai dengan banyu mulok atau dalam bahasa Jawa berarti air meluap.

Tebing Banyu Mulok juga menjadi salah satu spot terbaik menikmati matahari terbit di Tulungagung. Jika kamu tertarik berkunjung kamu bisa langsung meluncur ke Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung.

2. Jambooland Water Park

Ilustrasi water park © Diadona

Jambooland Water Park bisa menjadi destinasi wisata keluarga yang menarik untuk dikunjungi. Wisata Tulungagung ini menawarkan beragam wahana permainan air yang seru. Beberapa diantaranya seperti kolam arus, slide luncur, kolam tumpah, dan beragam wahana air lainnya.

Tak hanya wahana permainan air, di wisata Tulungagung ini juga tersedia wahana permainan non-air yaitu roller coaster. Tempat wisata Tulungagung ini buka setiap hari Selasa - Minggu dari mulai jam 8 pagi sampai 5 sore.

3. Air Terjun Alas Kandung

Tulungagung cukup memiliki banyak wisata alam air terjun. Salah satunya yaitu Air Terjun Alas Kandung. Nuansa alam yang masih alami dengan air terjun berwarna biru kehijauan siap menyambutmu saat menginjakkan kaki ke wisata Tulungagung ini. Air Terjun Alas Kandung sendiri terbagi menjadi tiga tingkatan dengan kedalaman kolam sekitar 4 - 8 meter di setiap tingkatannya. Lokasi air terjun cantik ini berada di pinggiran Alas Kandung, Desa Tanen, Kecamatan Rejotangan.

2 dari 4 halaman

Wisata Pantai Tulungagung

Berada di sisi selatan Pulau Jawa membuat Tulungagung memiliki pantai yang cukup beragam. Nah, ini dia deretan pantai menarik yang ada di Tulungagung.

1. Pantai Pacar

Pantai Pacar ini menyuguhkan sesuatu yang unik dibanding dengan pantai di Tulungagung lainnya. Keunikan ini terletak dari adanya air terjun mini yang terletak di dekat bibir pantai. Meski Pantai Pacar nggak seluas pantai lain, tapi pesonanya juga nggak kalah memikat dengan air berwarna kebiruan dan pasir putihnya. Kamu bisa menikmati keindahan pantai ini di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban.

2. Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang © Diadona

Masih di daerah Pucanglaban, kamu juga bisa menemukan pantai cantik dengan ciri khas unik. Jika Pantai Pacar memiliki air terjun mini, Pantai Kedung Tumpang menawarkan keindahan karang yang membentuk kolam alami dengan air berwarna biru kehijauan yang indah. Kamu bisa berenang di kolam ini sembari menikmati keindahan laut lepas di depan mata. Satu hal lagi yang membedakan Pantai Kedung Tumpang dengan pantai kebanyakan yakni kamu nggak akan menemukan hamparan pasir melainkan tebing karang di sepanjang pantainya.

3. Pantai Molang

Seperti kebanyakan pantai lainnya, Pantai Molang menawarkan keindahan pasir putih yang terhampar luas dengan air laut kebiruan. Tebing karang di sekitar pantai juga membuat wisata Tulungagung satu ini semakin menarik. Saat berkunjung ke Pantai Molang, jangan lewatkan untuk menyaksikan sunset ya. Karena, Pantai Molang menjadi salah satu tempat terbaik menikmati sunset di Tulungagung.

4. Pantai Sine

Jika Pantai Molang terkenal dengan keindahan sunsetnya, Pantai Sine ini terkenal dengan keindahan sunrisenya. Pantai Sine menjadi salah satu spot populer menikmati matahari terbit di Tulungagung. Berada di Desa Kalibatur, wisata Tulungagung ini menawarkan panorama pantai yang tak kalah memukau.

Jika kamu sudah puas meikmati keindahan Pantai Sine, kamu juga bisa mengunjungi Pantai Cemoro Sewu dan Danu Cinta yang lokasinya berdekatan dengan wisata Tulungagung ini. Kedua objek wisata ini juga nggak kalah menarik untuk dikunjungi.

3 dari 4 halaman

Wisata Sendang Tulungagung

Daerah Sendang memang cukup terkenal juga dengan wisata alamnya. Beberapa wisata berikut ini patut kamu coba. Simak selengkapnya di bawah ini ya.

1. Kebun Bunga Krisan

Ilustrasi kebun krisan © Diadona

Buat kamu penggemar bunga krisan pastinya nggak ingin melewatkan wisata Tulungagung satu ini ya. Di daerah Sendang, tepatnya di Desa Geger kamu bisa menikmati bunga krisan beraneka warna. Jika kamu tertarik membawa pulang bunga krisan, kamu juga bisa membeli bibitnya dengan harga mulai dari Rp. 10 ribu rupiah. Tarif masuk ke wisata Tulungagung ini juga cukup terjangkau. Jika bunga sedang mekarnya, kamu akan dikenakan tarif sekitar Rp. 2.500 saja.

2. Jurang Senggani

Jurang Senggani menjadi wisata alam menarik lainnya di Tulungagung. Berada di Desa Ngelurup, kamu akan disambut dengan deretan pohon pinus dan suasana alam yang asri di sekitarnya. Tak ketinggalan, kawasan wisata Tulungagung ini juga menghadirkan berbagai spot foto kekinian yang bisa kamu coba.

Spot foto menarik seperti tulisan I love you hingga gardu pandang bisa kamu jumpai di sekitar kawasan ini. Payung beraneka warna yang menghiasi sepanjang wisata Jurang Senggani juga semakin menambah keindahan wisata Tulungagung satu ini.

3. Air Terjun Lawean

Di Kecamatan Sendang kamu juga bisa menjumpai Air Terjun yang tak kalah indah. Tepatnya, Air Terjun Lawean ini terletak di Desa Geger. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Wilis memang membuatmu harus mengeluarkan ekstra tenaga untuk mencapainya. Tapi, semua itu akan terbayar kok dengan keindahan wisata Tulungagung ini. Udara yang segar dan suasana yang masih alami menjadi salah satu daya tarik dari Air Terjun Lawean.

4 dari 4 halaman

Wisata Tulungagung Terbaru

Meski tergolong baru, wisata Tulungagung di bawah ini juga nggak kalah mempesona dibanding lainnya. Berikut sederet tempat wisata Tulungagung yang terbaru dan populer di kalangan anak muda. Simak, yuk.

1. Nyawangan Park

Nyawangan Park menjadi salah satu destinasi populer di Tulungagung, terutama bagi kalangan anak muda. Menawarkan perpaduan wisata alam dan kekinian, Nyawangan Park menawarkan beberapa spot foto keren sekaligus nuansa alam yang asri.

Di wisata Tulungagung ini kamu juga bisa melihat panorama alam sekitar dari atas gardu pandang. Tiket masuk ke Nyawangan Park juga cukup terjangkau yakni sekitar Rp. 3 ribu saja per orangnya.

2. Bukit Jomblo

Tak jauh beda dengan konsep Nyawangan Park, Bukit Jomblo juga menghadirkan spot foto kekinian yang dipadukan dengan alam. Sambil berfoto kamu bisa menikmati panorama alam Gunung Pakis yang asri dari ketinggian. Udara yang sejuk khas daerah pegunungan dan harga tiket masuk yang cukup terjangkau membuat Bukit Jomblo menjadi pilihan destinasi menarik saat berkunjung ke Tulungagung.

3. Bukit Jodho

Jika sebelumnya Bukit Jomblo, sekarang kita beralih ke Bukit Jodho. Wisata Tulungagung satu ini juga menawarkan spot foto kekinian yang tak kalah menarik dan beragam. Mulai dari bulan sabit, jembatan cinta, lorong asmara sampai kupu-kupu raksasa bisa kamu jumpai di Bukit Jodho. Lokasi Bukit Jodho ini berada di Desa Pakisrejo, Kecamatan Tanggung Gunung.

Tulungagung memang menghadirkan beragam tempat wisata yang sangat menarik, terutama pantainya. Jadi, tempat wisata mana nih yang ingin kamu kunjungi di Tulungagung? Jangan lupa tulis di kolom komentar, ya!

Beri Komentar