13 Tempat Wisata Ponorogo Jawa Timur sekaligus Kulinernya yang Terbaru

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 21 Februari 2020 23:07
13 Tempat Wisata Ponorogo Jawa Timur sekaligus Kulinernya yang Terbaru
Tempat wisata Ponorogo lengkap dengan kulinernya, Bisa jadi paket komplit untuk liburanmu. Cek rekomendasinya di sini ya.

Apa nih yang terlintas di pikiran kamu saat mendengar kota Ponorogo? Reognya atau mungkin satenya? Memang, keduanya merupakan dua hal yang terkenal dan ikonik di Ponorogo. Bahkan, kabupaten ini juga dijuluki Kota Reog.

Tapi, enggak hanya itu aja lho, Ponorogo juga memiliki sederet destinasi wisata yang menarik. Terutama wisata alamnya. Juga, jangan lupakan beragam kulinernya yang menggugah selera. Seperti sate Ponorogo misalnya.

Melansir dari berbagai sumber (21/02), berikut ini 13 tempat wisata Ponorogo sekaligus kulinernya yang terbaru dan wajib kamu kunjungi. Yuk, cek selengkapnya di bawah ya!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Ponorogo

Ponorogo menawarkan sederet wisata dengan panorama yang indah. Seperti beberapa destinasi wisata Ponorogo di bawah ini. Bisa juga jadi referensi liburan kamu lho. Cek yuk ada apa saja wisatanya.

1. Mloko Sewu

Ingin mencari wisata lengkap dengan panorama yang indah? Kamu bisa datang ke Mloko Sewu. Cukup beragam lho wisata yang ditawarkan seperti rumah pohon, kebun bunga matahari, sampai berbagai spot selfie dengan latar panorama Telaga Ngebel dari ketinggian. Beragam spotnya bisa banget buat mempercantik media sosialmu. Mloko Sewu sendiri lokasinya berada di Prumbon, Pupus, Ngebel, Kabupaten Ponorogo.

2. Coban Lawe

      View this post on Instagram      

A post shared by INDONESIA | #ayodolan (@ayodolan) on

Berada di lereng Gunung Wilis, pesona Coban Lawe memang enggak diragukan lagi. Sejuknya udara pegunungan dan hijaunya pemandangan sekitar bakal menyambutmu sesampainya di air terjun ini. Eits, pastinya keindahan panorama air terjun dengan debit airnya yang deras enggak ketinggalan juga dong. Nah, kamu bisa membuktikan keindahan Coban Lawe secara langsung di Desa Krisik, Pegunungan, Krisik, Pudak, Kabupaten Ponorogo.

3. Gunung Gajah

Saat mendengar nama gunung gajah, apanih yang terlintas di pikiran kamu? Gunung yang ada gajahnya atau gunung berbentuk gajah? Tunggu dulu, bukan keduanya kok. Nama Gajah sendiri merupakan nama desa dari Gunung Gajah yang ada di Kecamatan Sambit. Kawasan ini juga banyak dibilang sebagai salah satu spot menarik untuk menikmati panorama sunrise dari ketinggian.

Gunung Gajah ini memiliki ketinggian sekitar 1.200 mdpl, kebayang dong gimana indahnya panorama sekitar dari atasnya. Enggak hanya menjelang pagi aja, saat malam pun panorama Bukit Gajah juga enggak kalah indah.

4. Bukit Cumbri

      View this post on Instagram      

A post shared by pendakiindonesia.com (@pendakiindonesia) on

Bukit Cumbri juga bisa jadi alternatif menikmati panorama sunrise lainnya di Ponorogo. Letak Bukit Cumbri persis di perbatasan Kabupaten Wonogiri dengan Kabupaten Ponorogo. Ketinggian bukit ini enggak setinggi Gunung Gajah sebelumnya yakni sekitar 638 mdpl. Cocok banget nih buat kamu yang pemula. Apalagi rute untuk sampai ke puncaknya juga cukup mudah.

2 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Ponorogo

Ada yang kurang pasti rasanya jika berwisata tanpa mencoba kulinernya. Buat kamu yang berlibur ke Ponorogo, ini dia rekomendasi wisata kuliner di kota ini yang wajib kamu coba.

1. Sate Ponorogo

      View this post on Instagram      

A post shared by Kuliner Surabaya Foodies | SF (@surabayafoodies) on

Berbicara tentang wisata kuliner Ponorogo pastinya kurang lengkap jika belum membahas sate Ponorogo. Yup, sate ini menjadi kuliner ikonik Ponorogo yang sudah populer di berbagai daaerah. Mungkin kamu juga sering banget menjumpainya ya di daerahmu.

Sekilas, jika kamu perhatikan sate ini mirip dengan sate ayam Madura. Bedanya, sate ini dipotong dengan cara menyayat tipis daging ayam mirip dengan fillet. Berbeda dengan sate ayam Madura yang dipotong dadu.

Enggak hanya itu saja, dari segi cara membumbui juga beda lho. Sebelum dibakar, sate Ponorogo direndam dalam bumbu lebih dulu agar bumbunya bisa lebih meresap ke daging. Nah, bisa kamu bayangkan kan gimana kelezatan sate ini.

2. Sego Gegog

Sego gegog ini merupakan salah satu kuliner murah yang bisa kamu coba di Ponorogo. Nama gegog sendiri berasal dari singkatan sego genem godhong gedang atau dalam bahasa Indonesia berarti nasi yang dibungkus dengan daun pisang.

Biasanya, ukuran nasi gegog ini cukup minimalis, kira-kira satu kepal. Lalu, dipadu dengan parutan kelapa yang sudah dibumbui dan daun kemangi. Baru deh dimasak dengan cara dikukus. Kuliner ini semakin nikmat jika kamu santap selagi hangat.

Kamu juga bisa menambahkan beragam lauk sesuai selera. Kamu bisa mencobanya sendiri di warung sego gegog yang ada di Jalan Puspowarno, Prajuritan, Kecamatan Tambakbayan, Ponorogo.

3. Sate Kopok Pasar Wage Jetis

      View this post on Instagram      

A post shared by Risang Aditya Dananjaya (@risangdananjaya) on

Satu lagi sate yang wajib kamu coba saat di Ponorogo. Enggak seperti sate Ponorogo yang bisa kmau temui di sejumlah daerah, sate Kopok ini cuma bisa kamu temukan di Ponorogo lho. Tepatnya di Kecamatan Balong. Menarik ya.

Dari segi tampilan, sate kopok ini juga berbeda lho. Terutama pada bagian bumbunya yang seperti berlendir. Biasanya, sate ini disajikan bersama sayur yang terdiri dari loto atau tolo, tempe dan tahu dengan kuah yang berwarna kuning. Bagaimana, tertarik mencoba sate yang sudah ada sejak jaman kolonial Belanda ini?

4. Dawet Jabung Bu Sumini

Enggak hanya aneka makanan, Ponorogo juga punya minuman khas yang juga menggugah selera. Salah satunya dawet jabung. Dawet jabung ini berisi gempol, bulir dawet, tapai ketan hitam, dan suwiran nangka yang disiram dengan kuah manis dari juruh atau gula kelapa dan santan.

Ditambah lagi dengan tambahan es batu, makin seger ya. Apalagi jika disantap siang hari waktu sedang terik-teriknya. Salah satu penjual dawet jabung yang cukup terkenal di Ponorogo yakni Dawet Jabung Bu Sumini yang berada di Jalan Raya, Dusun 2, Jabung, Mlarak, Ponorogo.

3 dari 4 halaman

Wisata Alam Ponorogo

Ponorogo memiliki panorama alam yang mempesona. Enggak heran jika sederet wisata alamnya memiliki pemandangan yang emmanjakan mata. Seperti tempat wisata Ponorogo di bawah ini.

1. Bukit Teletubbies Ponorogo

Buat kamu generasi 90an pasti familiar banget ya dengan serial Teletubbies. Bisa jadi juga kamu salah satu penggemarnya. Nah, di Ponorogo kamu bisa lho menjumpai bukit yang sekilas mirip dengan bukit yang ada di serial TV dengan karakter ikonik tersebut.

Dari puncak wisata Ponorogo ini, kamu bisa menyaksikan panorama pegunungan hijau di sekitarnya. Bukitnya sendiri pun juga didominasi dengan rerumputan hijau. Mirip kan dengan bukit di Teletubbies. Nah, kamu bisa menikmati keindahan alam ini sekaligus bernostalgia di Desa Pandak, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo.

2. Air Terjun Pletuk

      View this post on Instagram      

A post shared by Ponorogo dalam Bingkai (@ponorogopictures) on

Jika bosan ke bukit atau gunung, air terjun juga bisa jadi alternatif wisata lainnya. Salah satunya dengan berkunjung ke Air Terjun Pletuk. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan dikelilingi perbukitan dan pepohonan yang rindang. Pas banget buat kamu yang ingin refreshing atau mencari ketenangan. Wisata Ponorogo satu ini bisa kamu kunjungi di Dusun Kranggan, Desa Jurug, Kecamatan Sooko, Ponorogo.

3. Telaga Ngebel

Berada di kaki Gunung Wilis, Telaga Ngebel menawarkan pemandangan danau yang memanjakan mata. Sesekali kamu harus coba juga nih mengunjungi wisata Ponorogo ini saat menjelang pagi. Karena, panorama sunrise yang dipadu dengan kabut tipis di atas telaga ini bakal bikin kamu terkagum. Akses menuju Telaga Ngebel juga cukup mudah kok, begitu juga dengan transportasi umum yang melewati kawasan ini. Bagaimana, tertarik berkunjung?

4. Tumpak Pare

      View this post on Instagram      

A post shared by eastjava explore (@eastjava.explore) on

Satu lagi bukit yang menyuguhkan panorama indah di Ponorogo yakni Tumpak Sewu. Dari puncaknya, kamu bisa menyaksikan bentang alam perbukitan hijau dengan deretan pepohonan di sekitarnya. Jika kamu tertarik berkunjung, kamu bisa langsung menuju Desa Cepoko, Kecamatan Ngrayun. Wisata Ponorogo ini juga sejalan lho dengan jalur menuju Gunung Gajah. Bisa banget jika kamu ingin mendaki keduanya hehe.

4 dari 4 halaman

Wisata Baru Ponorogo

Wisata yang cukup baru di Ponorogo juga enggak kalah menarik untuk diexplore. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Air Terjun Kokok

      View this post on Instagram      

A post shared by INDONESIA | #ayodolan (@ayodolan) on

Cukup banyak wisata air terjun yang bisa kamu nikmati di Ponorogo, termasuk Air Terjun Kokok. Air terjun ini juga termasuk salah satu air terjun yang populer lho. Lokasinya berada di Senarang, Temon, Sawoo, Ponorogo.

Sedikit berbeda dengan air terjun lainnya di Kota Reog ini, Air Terjun Kokok memiliki kontur yang bertingkat dengan air yang berwarna jernih. Bakalan buat kamu betah deh berlama-lama di air terjun ini.

2. Gunung Bedes

Sebenarnya, Gunung Bedes ini adalah sebuah batu yang menjulang tinggi dengan ketinggian enggak lebih dari 200 meter. Gunung ini merupakan bagian dari jajaran gunung-gunung kecil yang saling berjajar dengan Gunung Poleng dan Gunung Tengah.

Sama seperti kebanyakan wisata ketinggian lainnya, dari atas wisata Ponorogo ini kamu akan disuguhi pemandangan indah dari bentang alam di sekitarnya. Dari hamparan sawah sampai rumah-rumah warga bisa kamu saksikan dari atas Gunung Bedes.

3. Kedung Gamping

      View this post on Instagram      

A post shared by infoponorogo (@info_ponorogo) on

Kedung Gamping juga enggak kalah kece buat kamu kunjungi. Perpaduan aliran airnya dengan bebatuan sungai dan perbukitan di sekitarnya bakal memanjakan matamu saat menginjakkan kaki ke tempat ini. Terlebih buat kamu yang sedang mencari wisata alam yang masih asri. Untuk menikmatinya, langsung saja menuju Desa Temon, Kecamatan Ngrayun, Ponorogo.

Seperti itulah sederet tempat wisata Ponorogo sekaligus kulinernya. Selamar berwisata ke Ponorogo ya! 

Beri Komentar