13 Tempat Wisata Kuningan Jawa Barat yang Terbaru

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 22 Januari 2020 22:08
13 Tempat Wisata Kuningan Jawa Barat yang Terbaru
Selain Candi Penataran dan umbulnya, ini dia tempat wisata Kuningan yang memukau lainnya.

Jawa Barat terkenal dengan panorama alamnya yang indah. Ditambah lagi dengan udara yang sejuk dan segar membuat provinsi ini menjadi salah satu rujukan wisata. Salah satu destinasi wisata yang bisa kamu explore di Jawa Barat yakni Kabupaten Kuningan.

Potensi wisata Kabupaten ini juga begitu menarik, terutama wisata alamnya. Air terjun, telaga, hingga gunung bisa kamu jumpai di Kuningan. Tentunya tak hanya wisata alam, situs sejarah juga tersedia di Kuningan. Cukup lengkap, ya?

Nah, buat kamu yang tertarik berkunjung ke Kuningan, ini dia 12 tempat wisata Kuningan yang wajib kamu kunjungi seperti yang telah dilansir dari beragam sumber (22/01). Simak selengkapnya berikut ini, ya.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Kuningan

Berbicara tentang tempat wisata, Kuningan juga sama menariknya dengan daerah di Jogja lainnya. Mau tahu apa saja destinasi wisatanya? Langsung saja simak, yuk!

1. Pemandian Air Panas Sangkanuri

Jika kamu mencari destinasi wisata yang cocok untuk keluarga, Pemandian Air Panas Sangkanurip bisa menjadi pilihan. Selain pemandian air panas, di wisata Kuningan ini juga tersedia kolam air dingin yang dilengkapi dengan seluncuran. Sangat cocok banget kan untuk anak-anak?

Buat kamu yang kurang suka dengan pemandian air panas yang terbuka, di wisata Kuningan ini juga tersedia ruang pemandian air panas privat. Nah, untuk menikmatinya kamu perlu membayar biaya tambahan.

2. Ciboer Pass

      View this post on Instagram

A post shared by One Transport Majalengka (@onetransport.majalengka) on

Dari atas Ciboer Pass, kamu bisa menikmati keindahan terasering dari persawahan di bawahnya yang sangat memanjakan mata. Sama dengan kebanyakan wisata lainnya, di wisata Kuningan ini juga tersedia beragam spot foto yang sangat menarik. Sambil menikmati keindahan alamnya, kamu bisa sekalian berburu foto keren untuk diunggah di media sosial favoritmu.

3. Balong Dalem Jalaksana

Balong Dalem Jalaksana bisa dibilang paket lengkap yang menyediakan banyak hal dalam satu kawasan. Wisata Kuningan ini sebenarnya merupakan waterpark yang menyuguhkan kolam renang dengan menggunakan air dari sumber mata air murni sebagai daya tariknya.

Banyak fasilitas yang ditawarkan waterpark ini. Diantaranya flying fox, bumi perkemahan, homestay, tempat makan, dan masih banyak lagi lainnya. Cukup lengkap, ya.

4. Bumi Pelangi Kuningan

      View this post on Instagram

A post shared by PESONA WISATA KUNINGAN (@pesonakuningan) on

Berwisata ke Kuningan, jangan lupa mampir ke destinasi wisata kekinian yang satu ini ya. Berada di kaki Gunung Ciremai, Bumi Pelangi menawarkan pemandangan yang berbeda dan unik. Taman bermain air yang berwarna-warni sangat kontras dengan panorama Gunung Ciremai yang hijau. Tapi, hal ini malah yang membuatnya semakin menarik.

Di Bumi Pelangi, kamu bisa bermain air sekaligus berburu foto cantik. Udara yang sejuk di kawasan ini juga menjadi daya tarik lainnya dari Bumi Pelangi Kuningan. Jika kamu ingin menghabiskan malam di kawasan ini, pengelola juga menyediakan tenda dan peralatan kemah yang bisa kamu sewa.

2 dari 4 halaman

Wisata Kuningan Jawa Barat

Masih banyak lagi destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Kuningan. Nah, ini dia destinasi wisatanya.

1. Bukit Panembongan

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh ? ? ? ? (@diahmrdn) pada

Hampir sama dengan Sukageuri View, Bukit Panembongan ini juga menawarkan wisata ketinggian dengan pemandangan yang enggak kalah indah. Tak ketinggalan, kawasan wisata Kuningan ini juga menyediakan gardu pandang untuk spot berfoto ria.

Kamu juga bisa lho menikmati panorama alam dengan cara yang lebih memacu adrenalin yaitu dengan menaiki wahana flying fox. Seru banget, kan? Kamu bisa langsung menuju Desa Tembong, Kecamatan Garawang, Kabupaten Kuningan untuk mencobanyak secara langsung.

2. Sukageuri View

Menikmati panorama alam dari ketinggian bisa kamu rasakan di Sukageuri View. Di wisata Kuningan ini, kamu akan disuguhkan pemandangan perbukitan hijau yang terbentang dengan indah. Sama dengan kebanyakan tempat yang serupa, di Sukageuri View juga tersedia spot foto kekinian seperti rumah hobbit, spot foto berbentuk matahari, bulan, dan kapal. Lokasi Sukageuri sendiri berada di Jl. Palutungan, Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kuningan.

3. Telaga Biru Cicerem

      View this post on Instagram

A post shared by ????????ipith | fitria rahmadani ???????? (@ipith23) on

Telaga ini memang sangat pas sebagai tempat melepas penat. Airnya yang berwarrna hijau kebiruan dan pohon rindang di sekitar telaga membuat wisata Kuningan ini sangat memikat. Terlebih, di Telaga Biru Cicerem juga terdapat banyak ikan kecil beraneka warna yang membuat telaga ini semakin indah. Berada di kaki Gunung Ciremai, tak heran jika Telaga Biru Cicerem memiliki udara yang sejuk sekaligus nuansa alami yang asri. 

3 dari 4 halaman

Wisata Kuningan Terbaru

Wisata Kuningan yang terbaru juga sama menariknya. Langsung saja yuk kita simak berbagai wisata terbarunya.

1. Wisata Ipukan

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh @ p e n y u k a k a b u t (@s.suci.l) pada

Wisata Ipukan ini bisa jadi spot menearik buat kamu yang suka menikmati keindahan alam sekaligus berkemah. Pemandangan yang ditawarkan wisata Ipukan memang menawan dengan pemandangan yang asri dari lembah dan Gunung Ciremai di depannya.

Semakin lengkap, di kawasan wisata Kuningan ini juga terdapat curug. Diantaranya yakni curug Cisurian dan Curug Silutung. Langsung saja kamu bisa menuju Jl. Palutungan, Cisantana, RT.01/RW.04, Cigugur, Kabupaten Kuningan.

2. Taman Cisantana

Siapa sangka taman cantik ini dulunya merupakan lokasi pertambangan batu. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan taman yang tertata apik dengan latar pegunungan dari kejauhan. Bukit batu bekas pertambangan juga menjadi sentuhan indah Taman Cisantana ini. Untuk jam operasionalnya, wisata Kuningan ini buka setiap jam 8 pagi sampai 5 sore di hari biasa dan jam 7 pagi sampai 6 sore di akhir pekan.

3. Telaga Nilem

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh INDONESIA | #ayodolan (@ayodolan) pada

Selain Telaga Biru Cicerem, Telaga Nilem juga menyuguhkan panorama yang nggak kalah memukau. Airnya yang berwarna jernih dengan pemandangan sekitar yang hijau menjadi perpaduan sempurna dari telaga yang berlokasi di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan ini. Kamu juga bisa lho merasakan kesegaran airnya dengan berenang maupun menyelam di Telaga Nilem.

4 dari 4 halaman

Objek Wisata di Kuningan

Tak hanya wisata alam saja, Kuningan juga menyuguhkan wisata sejarah. Nah, di bawah ini beberapa destinasi wisata alam dan sejarah yang ada di Kuningan. Gulir ke bawah, yuk!

1. Waduk Darma

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Serena Delvichio (@jejak.delvi) pada

Wisata alam yang menyajikan wisata air dan pemandangan sekitar yang asri juga bisa kamu nikmati di Waduk Darma. Ditambah dengan udaranya yang sejuk, waduk ini sangat cocok sebagai tempat refreshing maupun rekreasi bersama keluarga. Jika kamu datang di saat yang tepat, kamu bisa menyaksikan beberapa budaya menarik yang kerap diadakan seperti lomba panahan tradisional, Gembyungan, lomba rakit, atraksi seni tradisional Saptonan dan lainnya.

2. Situs Purbakala Cipari

Tak hanya wisata alam saja, Kuningan juga memiliki cagar budaya yaitu Situs Purbakala Cipari. Situs ini adalah peninggalan masa prasejarah era megalitikum dan diduga dulunya merupakan sebuah desa pemukiman purbakala. Selain menambah wawasan, kamu juga bisa menikmati suasana sekitar yang asri. Situs wisata ini buka setiap harinya dari jam 7 pagi sampai 4 sore.

3. Curug Putri Landung

Berada di kaki Gunung Ciremai, Curug Putri Landung memiliki panorama yang tentunya nggak kalah indah dari wisata curug lainnya. Air yang jernih dan juga suasana curug yang asri akan membuatmu betah berlama-lama di wisata Kuningan ini. Selain menikmati keindahan air terjun, kamu juga bisa bermain ATV dan bersantai di hammock yang bisa kamu sewa di pengelola. 

Sangat menarik ya berbagai wisata Kuningan di atas. Siap berlibur ke Kuningan?

Beri Komentar