13 Tempat Wisata di Kuala Lumpur dan Melaka yang Wajib Dikunjungi dan Terbaru 2019

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 17 Januari 2020 17:34
13 Tempat Wisata di Kuala Lumpur dan Melaka yang Wajib Dikunjungi dan Terbaru 2019
Kuala Lumpur juga memiliki berbagai tempat wisata yang tak kalah menarik. Berikut ini diantaranya.

Sebagai ibukota negara Malaysia, Kuala Lumpur menyuguhkan banyak tempat wisata yang tak kalah menarik. Di Kuala Lumpur kamu bisa menjumpai beragam wisata mulai dari taman hingga bangunan ikonik seperti Menara Kembar Petronas. Beragam budaya juga bisa kamu temukan di kota ini. Menarik banget, kan?

Selain Kuala lumpur, ada satu kota yang juga nggak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Negeri Jiran ini yaitu Melaka. Pasti kita sering dengar kan tentang Melaka atau Malaka dalam sejarah? Nah, kota ini juga sarat akan bangunan bersejarah yang juga bisa menjadi destinasi wisata yang sangat menarik. Karena itu, berikut Diadona sajikan berbagai tempat wisata di Kuala Lumpur dan Melaka yang bisa kamu masukkan ke daftar tujuan wisatamu seperti yang telah dilansir dari berbagai sumber (17/01).

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Kuala Lumpur Malaysia

Pertama, kita bahas dulu yuk tempat wisata yang ada di Kuala Lumpur. Seperti yang kita tahu jika kota satu ini memiliki destinasi wisata yang sangat beragam. Nah, di bawah ini beberapa wisata rekomendasinya.

1. Menara Kembar Petronas

Siapa sih yang nggak kenal dengan ikon Negara Malaysia satu ini? Jika berlibur ke Malaysia, khususnya Kuala Lumpur, landmark satu ini wajib kamu kunjungi. Selain berfoto di depannya, kamu juga bisa berjalan-jalan di mall maupun bioskop yang terdapat dalam Menara Kembar Petronas. Dari jembatan penghubung menara ini kamu juga bisa menyaksikan panorama kota Kuala Lumpur dari ketinggian. Menarik kan?

Tempat wisata di Kuala Lumpur ini buka setiap Selasa sampai Minggu dari jam 9 pagi sampai 9 malam waktu setempat. Pada hari Jumat, menara ini akan tutup sementara dari jam 13.00 - 14.30.

2. Kuil Thean Hou

Kuil Thean Hou © Diadona

Malaysia memiliki beragam kuil yang cantik. Salah satunya yaitu Kuil Thean Hou. Berdiri sejak 1894, tempat wisata di Kuala Lumpur satu ini memiliki bangunan dengan arsitektur bergaya kontemporer khas Tiongkok yang indah. Selain itu, lampion-lampion yang terpasang di sisi luar semakin memperindah kuil ini. Di kuil ini juga terdapat tempat makan dan toko souvenir di bagian basement-nya. Ruang doanya sendiri berada di lantai tiga.

Terletak di jantung kota Kuala Lumpur membuat akses ke Kuil Thean Hou sangat mudah. Untuk memasuki kuil ini kamu juga nggak akan dipungut biaya. Bisa jadi opsi menarik kan buat kamu yang ingin berlibur ke Kuala Lumpur dengan hemat.

3. Taman Tasik Perdana

Berada di tengah kota Kuala Lumpur, Taman Tasik Perdana menjadi salah satu taman yang populer di kota ini. Tempat wisata di Kuala Lumpur ini menyuguhkan beragam wisata menarik dalam satu kawasan. Di sini, kamu bisa mengunjungi Taman Kupu-Kupu, Monumen Nasional, Taman Anggrek, Planetarium, Taman Burung, dan masih banyak lagi lainnya. Suasana taman yang rindang dan asri juga memberikan daya tarik tersendiri dari Taman Tasik Perdana.

Lokasi tempat wisata di Kuala Lumpur ini juga cukup dekat dengan destinasi wisata Malaysia lainnya seperti Taman Bunga Raya, Museum Negara, Islamic Arts Museum Malaysia, dan sederet wisata menarik lainnya. Kamu bisa nih sekalian berwisata ke banyak tempat dalam sekali waktu.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Kuala Lumpur 2019

Tempat wisata di bawah ini bisa kamu jadikan alternatif saat berlibur ke Kuala Lumpur. Nah, dimana saja tempat wisatanya? Langsung saja simak destinasi berikut ya.

1. Dataran Merdeka

Berwisata sejarah bisa menjadi opsi yang menarik saat liburan ke Malaysia. Dataran Merdeka salah satu tempat bersejarah di Malaysia yang nggak boleh kamu lewatkan. Tempat ini sangat bersejarah bagi warga Malaysia karena di Dataran Merdekalah pertama kali bendera Malaysia dikibarkan.

Menariknya, saat berkunjung ke Dataran Merdeka kamu bisa sekalian berwisata ke banyak destinasi menarik di sekitarnya. Mulai dari Masjid Jamek, Museum Musik, KL City Gallery, sampai Katedral St. Mary the Virgin.

2. Jembatan Putrajaya Malaysia

Jembatan Putrajaya © Diadona

Jika kamu berencana berwisata malam di Kuala Lumpur, jangan lewatkan berkunjung ke jembatan satu ini ya. Jembatan Purajaya akan sangat cantik di malam hari dengan gemerlap lampu yang terpasang di sepanjang jembatannya. Selain menikmati keindahan Jembatan Putrajaya, kamu bisa juga berjalan-jalan di sekitar kawasan ini dan mengunjungi beberapa destinasi menarik lainnya. Salah satunya yakni Masjid Putra. Putrajaya sendiri merupakan area kompleks pemerintahan Malaysia.

3. Jalan Alor Malaysia

Tempat wisata di Kuala Lumpur ini bisa menjadi tempat menarik untuk berwisata malam sambil berburu kuliner di Malaysia. Bisa dibilang jika Jalan Alor adalah surga bagi pecinta kuliner. Beraneka macam makanan bisa kamu temukan di tempat wisata di Kuala Lumpur ini. Mulai dari makanan berat hingga camilan semua tersedia di Jalan Alor. Sambil menyantap kuliner, kamu bisa sekalian menikmati nuansa khas Tiongkok dari banyaknya lampion-lampion yang menghiasi tempat wisata di Kuala Lumpur satu ini.

4. Little India

Little India Malaysia © Diadona

Tak hanya di Singapura saja kamu bisa menjumpai Little India, di Malaysia juga ada lho Little India. Little India ini juga dikenal dengan Brickfields. Hal ini nggak lepas dari lokasinya sendiri yang berada di daerah Brickfields.

Seperti namanya, tempat wisata di Kuala Lumpur ini merupakan kawasan komunitas India di Malaysia. Di sepanjang jalan banyak berderet toko yang menjual beragam barang khas India dan juga kulinernya. Kawasan ini juga sangat cocok lho jika kamu ingin berwisata malam di Kuala Lumpur.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Melaka Kuala Lumpur

Kota Melaka menjadi destinasi yang sangat tepat jika kamu menyukai tentang sejarah. Banyak tempat bersejarah di kota ini yang sayang jika dilewatkan. Yuk, langsung cek di bawah ini.

1. Melaka Straits Mosque

Berada di pusat kota Melaka, masjid yang juga dikenal dengan Masjid Selat Malaka ini bisa menjadi destinasi wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Bangunannya yang berada pinggir pantai sehingga saat laut pasang terlihat seolah mengapung menjadi daya tarik sekaligus keunikan dari Melaka Straits Mosque. Saat malam hari, masjid dengan kubah berwarna emas ini akan terlihat sangat cantik dari sisi luar dengan lampu berwarna hijau yang menerangi masjid.

2. Stadthuys

Stadthuys © Diadona

Berada di kawasan Red Square, Stadthuys juga memiliki warna bangunan dengan ciri khas merahnya. Red Square sendiri merupakan sebuah kawasan di Melaka dengan seluruh bangunannya berwarna merah. Di kawasan ini, kamu akan disuguhi dengan bangunan bergaya arsitektur Eropa yang sangat menarik.

Dibangun sejak tahun 1650, dulunya Stadthuys digunakan sebagai kediaman resmi Gubernur Belanda dan para pejabatnya. Sekarang, bangunan ini sudah beralih fungsi sebagai museum sejarah dan etnografi. Disekitar kawasan Stadthuys, kamu juga bisa menjelajahi beragam destinasi menarik. Salah satunya Christ Church Melaka.

3. Museum Maritim

Museum Maritim menjadi tempat wisata menarik lainnya saat berlibur ke kota Melaka. Lokasinya sendiri berada di sekitar area Bangunan Merah yang juga sangat populer di Melaka. Bangunan museum ini sangat unik dengan bentuk menyerupai kapal layar raksasa. Bangunan unik ini sebenarnya merupakan replika dari Kapal Flor de La Mar, sebuah kapal milik Portugal pada jaman Kesultanan Melayu Melaka silam.

Dulunya, Kapal Flor de La Mar ini tenggelam di Selat Malaka saat akan berlabuh ke Portugis dengan membawa berbagai barang bersejarah dari Kesultanan Melaka. Di dalam Museum Maritim ini kamu bisa menjumpai replika jenis-jenis kapal di Melaka, uang kuno, patung pahlawan Melaka, sampai replika kehidupan di masa itu. Museum Maritim menjadi destinasi yang sangat menarik untuk mempelajari sejarah kelautan dan Kesultanan Melaka.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Anak di Kuala Lumpur

Tak perlu khawatir jika kamu ingin berlibur bersama si kecil di Kuala Lumpur. Banyak destinasi di kota ini yang sangat menarik untuk dikunjungi bersama anak-anak. Di bawah ini beberapa rekomendasi wisatanya.

1. Aquarium KLCC

Aquarium KLCC © Diadona

Tempat pertama yang bisa kamu kunjungi bersama si kecil yaitu Aquarium Kuala Lumpur Convention Centre atau lebih dikenal dengan Aquarium KLCC. Tempat wisata di Kuala Lumpur ini menyuguhkan keindahan ragam biota laut dengan koleksi sekitar 150 spesies. Aquarium KLCC menjadi salah satu wahana menarik untuk berekreasi sekaligus edukasi bagi anak.

Di tempat wisata di Kuala Lumpur ini, kamu bisa menyusuri lorong aquarium sepanjang 90 meter sambil menikmati ikan-ikan yang berenang. Selain itu, kamu juga bisa mencoba sensasi menyelam bersama ikan hiu. Berlokasi di jantung kota Kuala Lumpur, Aquarium KLCC juga cukup dekat dengan wisata lainnya seperti Menara Kembar Petronas.

Untuk jam operasionalnya, Aquarium KLCC buka mulai jam 10 pagi sampai 8 malam, tapi antrian akan ditutup sampai jam 7 malam. Jadi, pastikan kamu datang sebelum jam 7 malam ya untuk menikmati tempat wisata di Kuaal Lumpur ini.

2. Sanrio Hello Kitty Town

Ada satu destinasi wisata menarik di Malaysia buat kamu pecinta Hello Kitty dan karakter Sanrio lainnya. Meski nggak berada tepat di kota Kuala Lumpur, Sanrio Hello Kitty Town bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi bersama si kecil. Berbagai karakter Sanrio yang lucu seperti Hello Kitty, My Melody, sampai Badtz-Maru bisa kamu jumpai di sini.

Selain berinteraksi langsung dengan karakter Sanrio yang lucu dan imut ini, kamu juga bisa melihat mini show dan parade bersama berbagai karakter Sanrio. Salah satu wahana favorit pengunjung di Sanrio hello Kitty Town yaitu Hello Kitty House. Di sini, kamu bisa menjelajahi seisi rumah dari karakter Sanrio yang menggemaskan ini.

Sanrio Hello Kitty Town sendiri buka setiap hari kecuali hari Selasa mulai jam 10 pagi sampai 6 sore waktu setempat. Bagaimana, tertarik berkunjung?

3. Legoland Malaysia

Legoland Malaysia © Diadona

Pasti kamu sudah familiar ya dengan permainan lego. Di Malaysia terdapat satu destinasi wisata bagi kamu pecinta lego yaitu Legoland Malaysia. Tempat wisata di Malaysia ini menjadi salah satu destinasi favorit yang digemari tak hanya anak-anak saja, tapi orang dewasa juga.

Di Legoland Malaysia sendiri ada tiga wahana utama yaitu Theme Park, Water Park, dan yang terbaru Sea Life. Di Theme Park, kamu bisa mencoba berbagai wahana seru seperti Miniland, Lego® Ninjago™ World, Lego® Kingdom, dan masih banyak lagi wahana menarik lainnya.

Wisata yang menarik ini buka setiap hari dari jam 10 pagi smpai 6 sore kecuali Sea Life yang buka mulai jam 11 pagi sampai 7 malam. Jika kamu ingin berkunjung ke dua atau tiga wahana sekaligus, Legoland Malaysia juga menyediakan tiket terusan.

Tempat wisata di Malaysia sangat beragam dan menarik ya. Ada nggak nih dari destinasi wisata di atas yang ingin kamu kunjungi? Tulis di kolom komentar, ya!

Beri Komentar