12 Tempat Wisata Wonosobo Jawa Tengah yang Terbaru sekaligus dengan Kawasan Dieng 2019

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 28 Januari 2020 20:58
12 Tempat Wisata Wonosobo Jawa Tengah yang Terbaru sekaligus dengan Kawasan Dieng 2019
Rekomendasi tempat wisata Wonosobo yang terbaru. Ada wisata Dieng juga, lho. Cek selengkapnya di sini, ya.

Wonosobo bisa menjadi salah satu alternatif liburan di Jawa Tengah. Meski nggak sepopuler Jogja maupun Semarang, salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini sebenarnya menyajikan beragam destinasi wisata yang juga tak kalah menawan, terutama alam. Sebut saja wisata Dieng yang sangat populer di kalangan wisatawan.

Tapi, tak hanya itu saja, kamu bisa menjumpai banyak wisata lainnya di Wonosobo. Panorama alamnya yang indah juga menjadi keunggulan dari beragam wisata di Kabupaten ini. Melansir dari berbagai sumber (28/01), berikut ini Diadona sajikan sederet wisata di Wonosobo yang populer dan menjadi favorit. Penasaran apa saja destinasi wisatanya?

1 dari 4 halaman

Wisata Dieng Wonosobo

Kawasan Dieng memang sudah terkenal dengan panorama alamnya yang indah. Berikut ini rekomendasi wisata Dieng Wonosobo untuk menemani liburanmu. Yuk, simak di bawah ya!

1. Bukit Sikunir

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dhesti Fitriani (@dhestifitriani) pada

Bukit Sikunir menjadi destinasi yang tepat buat kamu yang ingin menikmati panorama wisata Dieng dari ketinggian. Salah satu daya tarik dari wisata Wonosobo ini yakni panorama matahari terbitnya yang indah. Pastikan kamu meuju ke Bukit Sikunir saat menjelang subuh ya agar enggak ketinggalan menyaksikan pemandangan yang indah ini.

Meski kamu perlu mengeluarkan ekstra tenaga untuk mencapai bukit ini, semuanya akan terbayar saat kamu sampai di puncaknya. Setelah lelah mendaki, kamu juga bisa menyantap beragam kuliner khas Dieng yang banyak dijajakan di bagian bawah Bukit Sikunir.

2. Kawah Sikidang

Berada tak jauh dari Bukit Sikunir kamu bisa menemukan destinasi wisata menarik berupa kawah belerang bernama Kawah Sikidang. Wisata Wonosobo ini tepatnya berada di Desa Dieng Kulon, Banjarnegara. Meski demikian, aksesnya akan lebih cepat jika kamu berangkat melalui Wonosobo. Selain menikmati panorama Kawah Sikidang yang indah, kamu juga bisa menyaksikan pembuatan kerajinan tradisional di sekitar kawasan wisata Wonosobo ini. 

3. Telaga Merdada

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh tiket.com (@tiketcom) pada

Tak hanya Telaga Warna, Wonosobo juga memiliki telaga yang enggak kalah indah yakni Telaga Merdada. Memiliki luas mencapai 21 hektar, wisata Wonosobo ini menjadi telaga yang paling luas di kawasan Dieng. Telaga Merdada akan sangat menarik jika dilihat dari ketinggian karena bentuknya yang menyerupai kaldera bekas letusan gunung berapi.

Berada di antara dua bukit, wisata Wonosobo ini menawarkan panorama yang indah. Di sekitar danau juga terdapat lahan perkebunan kentang warga yang semakin membuat kawasan ini nampak asri. Telaga Merdada sendiri berlokasi di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Wonosobo

Kabupaten Wonosobo juga memiliki destinasi wisata yang beragam. Ini dia sederet tempat wisata Wonosobo yang sayang jika kamu lewatkan. Langsung geser yuk ke bawah untuk selengkapnya!

1. Gunung Prau

Selain Bukit Sikunir, spot terbaik lainnya untuk menikmati sunrise di Wonosobo yakni puncak Gunung Prau. Dengan ketinggaian 2.565 mdpl, gunung ini juga bisa menjadi tantangan menarik bagi kamu yang suka mendaki gunung. Buat kamu yang masih pemula, Gunung Prau juga sangat cocok bagi kamu karena waktu tempuh pendakiannya yang tak terlalu lama. Dari atas pucak Gunung Prau, kamu akan disuguhi panorama bentang alam yang indah dengan hijaunya pedesaaan yang berada di lerengnya.

2. Agrowisata Tambi

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh ???? ASSA (@assafarizatul) pada

Agrowisata Tambi menjadi tempat berikutnya yang bisa menjadi destinasi liburan menarik saat berkunjung ke Wonosobo. Wisata Wonosobo ini menyuguhkan hamparan perkebunan teh yang menyejukkan. Terletak di ketinggaian 1400 mdpl, tak heran jika wisata Wonosobo ini memiliki udara yang sejuk dan segar. Bahkan, kadang kamu juga bisa menyaksikan kabut yang menyelimuti kawasan ini.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di Agrowisata Tambi. Mulai dari berjalan-jalan di perkebunan tehnya sambil menyaksikan para pemetik teh, merasakan hangatnya teh yang segar, sampai bermain outbound.

3. Air Panas Kalianget

Berada sekitar 3 meter dari pusat kota, Pemandian Air Panas Kalianget juga bisa menjadi alternatif wisata di Wonosobo. Pemandian air panas ini menyediakan dua kolam air hangat dengan kedalaman sekitar 1 meter. Air panas di wisata Wonosobo ini juga mengandung belerang yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit dan meredakan pegal-pegal. Buat kamu yang nggak ingin berendam di kolam air panas, wisata Wonosobo ini juga menyediakan kolam air dingin yang bisa kamu nikmati.

3 dari 4 halaman

Wisata Dieng Wonosobo 2019

Nah, kita kembali lagi ke wisata Dieng. Memang, berwisata ke Dieng enggak cukup dihabiskan dalam sehari saja. Inilah beberapa destinasi wisata Dieng lainnya.

1. Batu Ratapan Angin

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh novem j H Lawalata (@novemlawalata) pada

Dieng memang menyuguhkan beragam wisata dengan nuansa perbukitan yang mempesona termasuk salah satunya Batu Ratapan Angin. Dari atas puncaknya, kamu bisa melihat panorama indah Telaga Warna dan Pengilon dari ketinggian sekaligus dengan panorama hijau di sekitarnya. Sama seperti Bukit Sikunir, untuk mencapai wisata Wonosobo ini diperlukan tenaga yang lebih karena kamu harus mendaki bukitnya. Tapi, pastinya kamu enggak akan menyesal dengan panorama indah yang akan kamu dapatkan saat sampai ke puncaknya.

2. Bukit Seroja

Masih tentang wisata ketinggian yang menawarkan panorama yang menawan, destinasi selanjutnya untuk menikmati hal ini yakni di Bukit Seroja. Di wisata Wonosobo ini, kamu juga akan dimanjakan dengan bentang alam yang indah. Dari atas kawasan ini kamu bisa menyaksikan keindahan Gunung Sindoro di sisi satunya dan perkebunan teh di sisi lainnya. Semakin menambah kesan kekinian, Bukit Seroja juga menyediakan berbagai spot foto keren yang bisa kamu coba. Dari spot foto berbentuk bintang hingga gardu pandnag berbentuk hati bisa kamu temui di kawasan ini.

3. Curug Sikarim

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Anugrah Aan (@anugrahaan) pada

Curug Sikarim menyajikan panorama indah air terjun yang berlatar Bukit Sikunir. Aliran air di curug ini membentuk dua jalur aliran yang menyusuri tebing batu. Pemandangan di sekitar Curug Sikarim juga sangat asri. Dengan ditambah udara yang sejuk menjadi perpaduan yang sempurna dari destinasi wisata Wonosobo ini. Kamu bisa bermain-main dan merasakan kesegaran curug ini di Desa Sembungan, Kejajar, Wonosobo.

4 dari 4 halaman

Wisata Dieng Wonosobo Jawa Tengah

Masih tentang wisata Dieng, di bawah ini sederet referensi destinasi wisata lainnya. Pastinya enggak kalah menarik dengan wisata sebelumnya. Cek, yuk berbagai wisatanya berikut ini!

1. Candi Arjuna

Enggak hanya wisata alam saja yang dimiliki Wonosobo, wisata sejarah juga bisa kamu temui di kabupaten ini. Di kawasan Dieng ada satu candi menarik yang bisa kamu kunjungi yakni Candi Arjuna. Dengan memiliki luas 1 hektar, kompleks candi ini juga menjadi kompleks candi terluas yang ada di kawasan Dieng dengan. Diperkirakan Candi Arjuna dibangun pada masa Dinasti Sanjaya dari Mataram Kuno pada abad ke -8. Gaya bangunannya pun juga masih kental dengan nuansa gaya candi yang ada di India.

2. Telaga Warna

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Mas Adi Dieng (@masadi.dieng) pada

Wisata Wonosobo ini sudah terkenal dengan keunikannya. Sama seperti namanya, Telaga Warna memiliki warna air yang berbeda-beda yangmana menjadi ciri khasnya. Fenomena menarik ini biasanya terjadi ketika musim kemarau atau sekitar Juli sampai Agustus. Panorama sekitar telaga ini juga sangat indah dengan pegunungan hijau dan perbukitan di sekelilingnya.

3. Kawah Sileri

Kawah Sileri menjadi kawah lainnya yang bisa kamu jumpai ketika berwisata ke kawasan Dieng. Kawah ini juga merupakan kawah terluas di Dieng dan yang paling aktif. Meski seperti itu, Kawah Sileri saat ini aman kok untuk kamu kunjungi. Tapi, kamu juga tetap perlu berhati-hati ya jika berwisata ke Kawah Sileri. Di sini, kamu bisa menyaksikan keindahan kepulan asap putih dengan latar pemandangan hijau di sekitarnya. Bagaimana, tertarik berkunjung ke Kawah Sileri?

Nah, seperti itulah 12 tempat wisata Wonosobo sekaligus juga dengan kawasan Dieng. Kalau kamu, dari beragam wisata di atas mana nih yang akan kamu kunjungi lebih dulu?

Beri Komentar