12 Tempat Wisata Madura yang Berada di Bangkalan dan Dekat dengan Suramadu

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 14 Januari 2020 18:37
12 Tempat Wisata Madura yang Berada di Bangkalan dan Dekat dengan Suramadu
Sebelum liburan, yuk cek berbagai tempat wisata di Madura!

Madura, mendengar nama pulau ini pasti kita terpikir dengan budaya khasnya yakni karapan sapi. Madura memang sebuah daerah dengan adat dan budaya yang masih terjaga hingga sekarang. Selain budaya, sebenarnya masih banyak lagi potensi lainnya yang dimiliki oleh Pulau Garam ini, termasuk tempat wisata.

Destinasi wisata di Madura bahkan tak kalah beragam dan mempesona di banding dengan Bali maupun daerah di Jawa Timur lainnya. Tak sedikit juga wisata yang indah dengan harga terjangkau di Madura. Untuk itu, melansir dari berbagai sumber (14/11), ini dia kami sajikan 12 tempat wisata di Madura yang murah dan menarik untuk liburan.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Madura

Dengan ragam wisatanya, Madura juga sangat menarik sebagai destinasi liburan. Di bawah ini beberapa tempat wisata Madura yang bisa jadi rekomendasi buat kamu. Simak, yuk!

1. Mercusuar Bangkalan

Meski dibangun sejak tahun 1879, hingga sekarang mescusuar Bangkalan masih berfungsi dengan baik lho. Bangunan mercusuar Bangkalan sendiri merupakan peninggalan pada zaman Belanda yang terdiri dari 17 lantai. Dari atas tempat wisata Madura ini, kamu bisa menyaksikan panorama Selat Madura yang memukau, terutama di sore hari saat matahari terbenam. Lokasi Mercusuar Bangkalan berada di Jl. Sembilangan, Socah, Pernajuh, Bangkalan.

2. Pantai Siring Kemuning

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Moch Syah Arief Putra (@ar_putra16) pada

Pulau Madura memang memiliki banyak pantai yang mempesona, salah satunya Pantai Siring Kemuning. Destinasi wisata madura ini memiliki hamparan pasir putih yang memanjakan mata. Ombaknya pun juga cukup landai, jadi kamu bisa berenang dan bermain air dengan lebih bebas. Pantai cantik ini sendiri berada di daerah Mecajah, Tanjungbumi, Bangkalan, Madura.

3. Telaga Kermata

Pulau Madura juga memiliki telaga yang nggak kalah memikat. Telaga Kermata menyuguhkan pemandangan bawah air yang sangat memanjakan mata. Di sekitar kawasan wisata Madura ini, kamu juga bisa menjumpai beberapa spot foto sekaligus juga becak air yang bisa kamu coba.

2 dari 4 halaman

Wisata Madura Bangkalan

Bangkalan merupakan salah satu kabupaten di Madura yang juga menyuguhkan beragam destinasi wisata menarik yang sayang jika dilewatkan. Di bawah ini beberapa destinasi wisata di Bangkalan.

1. Labuha Mangrove Education Park

Tak hanya pantai, Madura juga memiliki destinasi wisata hutan mangrove yang nggak kalah menarik. Labuha Mangrove Education Park sendiri terletak di Labuhan, kecamatan Sepuluh, Kabupaten Bangkalan. Wisata Madura ini menyediakan beragam fasilitas yang menarik seperti jelajah kano, menara pantau burung, touch pool, hingga camping ground.

Salah satu spot favorit dari wisata Madura ini yaitu jembatan kayu sepanjang 300 meter. Dari jembatan ini kamu bisa menyaksikan pemandangan alam di sekitar yang ciamik.

2. Bukit Lampion Beramah

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Potret Madura Official (@potretmadura) pada

Sama seperti kota lainnya, Madura juga memiliki destinasi wisata kekinian dengan ketinggian dan spot foto sebagai daya tarik utamanya. Bukit Lampion Beramah salah satunya. Di atas bukit ini, kamu bisa menyaksikan keindahan panorama alam Pulau Madura dari atas gardu pandang. Dengan dihiasi berbagai lampion di sekelilingnya semakin membuat tempat ini tampak instagenik.

3. Museum Cakraningrat

Berwisata sejarah dan budaya juga bisa menjadi pilihan menarik saat berkunjung ke Madura. Salah satu destinasi wisata yang bisa kamu tuju yakni Museum Cakraningrat. Museum ini berlokasi di Jl. Soekarno Hatta No. 40, Bangkalan, Jawa Timur. Di dalam Museum Cakraningrat kamu bisa menjumpai beragam koleksi peninggalan sejarah seperti benda pusaka kraton, gamelan, meriam peluru lontar, dan masihb banyak lagi lainnya.

3 dari 4 halaman

Wisata Religi Madura

Wisata Religi bisa menjadi salah satu alternatif wisata yang bisa kamu lakukan di Madura. Cukup banyak destinasi wisata religi yang tersebar di Pulau Sejuta Langgar ini. Nah, ini dia beberapa diantaranya.

1. Batu Ampar

Kompleks Batu Ampar merupakan sebuah kompleks pemakaman para ulama yang terletak di Desa Batu Ampar. Di kompleks ini, ada enam wali Allah yang dimakamkan yaitu Syekh Husen, Syekh Basyaniyah (Bujuk Tumpeng), Syekh Abdul Manan (Bujuk Kosambi), Syekh Syamsudin (Bujuk Lattong), yekh Damanhuri dan Syekh Moh. Romli. Tak hanya berasal Madura, Batu Ampar sendiri banyak dikunjungi peziarah yang berasal dari berbagai daerah.

Batu Ampar sendiri berasal dari bahasa Madura yaitu Bato yang memiliki arti batu dan Ampar yang memiliki arti berserakan tapi tetap teratur layaknya permadani yang dihamparkan. Menarik sekali, ya!

2. Masjid Agung Sumenep

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bundamecca ?? (@mery_kusuma97) pada

Salah satu destinasi sekaligus landmark di Pulau Madura yang nggak boleh kamu lewatkan saat berwisata religi yakni Masjid Agung Sumenep. Arsitektur dari masjid ini secara garis besar banyak dipengaruhi oleh empat kebudayaan sekaligus yaitu Jawa, Madura, Eropa, dan Tiongkok. Saat memasuki gerbang masuk, kamu akan disambut dengan pintu utama yang khas dengan nuansa Tiongkok. Selain keindahan dan keunikan arsitekturnya, lokasi masjid yang sangat strategis dan mudah terjangkau membuat salah satu tempat wisata religi ini selalu ramai dengan pengunjung.

3. Makam Asta Tinggi

Selain makam para ulama, di Madura kamu juga bisa berwisata religi ke makam raja dan keluarga bangsawan Keraton Sumenep yakni Makam Asta Tinggi. Makam ini terletak di Desa Kebonagung, Kecamatan Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep. Asta Tinggi secara estimologis berarti makam yang tinggi. Hal ini tak lepas dari lokasinya yang berada di daerah perbukitan.

Sama seperti kompleks wisata religi lainnya, Makam Asta Tinggi juga selalu ramai setiap harinya. Satu hal yang perlu kamu ketahui saat berkunjung ke tempat ini yaitu kamu diwajibkan untuk melepas alas kaki.

4 dari 4 halaman

Wisata Madura Dekat Suramadu

Jembatan Suramadu memang menjadi salah satu ikon dari Pulau Madura maupun Kota Surabaya. Nah, selain Jembatan Suramadu ini destinasi wisata di sekitarnya juga nggak kalah menarik untuk dikunjungi. Seperti halnya beberapa destinasi di sekitar Suramadu berikut ini.

1. Pantai Rongkang

Pantai Rongkang bisa jadi alternatif wisata yang pas jika kamu sedang ingin menikmati pantai dengan suasana yang baru. Di destinasi wisata Madura satu ini, kamu nggak akan menemukan hamparan pasir putih maupun hitam, melainkan batuan karang di sepanjang pantainya. Pemandangan di sekitar pantai juga sangat indah dengan bukit yang berundak-undak dan pepohonan rindang di sekitarnya. Pantai cantik ini sendiri bisa kamu kunjungi di Desa Kwanyar Barat, Kecamatan Kwanyar, Bangkalan.

2. Bukit Jaddih

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh DESTINASI NUSANTARA (@destinasinusantara) pada

Bukit Jaddih juga menjadi destinasi wisata lainnya yang lokasinya cukup dekat dengan Jembatan Suramadu. Dulunya, Bukit Jaddih adalah tambang batuan kapur yang sekarang sudah ditinggalkan. Tapi sekarang, pertambangan kapur ini telah menjadi destinasi wisata dengan lanskap yang menarik. Selain pahatan gunung kapur yang estetik, di tengah kawasan ini kamu juga akan disuguhi dengan danau berwarna biru yang cantik.

3. Wisata Api Abadi

Wisata Madura satu ini memang cukup unik. Seperti namanya, kobaran api di Wisata Api Abadi tak pernah padam. Api yang menyala ini berada di atas tanah yang dipagari secara melingkar. Jika kamu ingin menyaksikan langsung fenomena alam yang unik Api Abadi, kamu bisa berkunjung ke Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan. Lokasinya juga cukup terjangkau dari pusat kota yakni sekitar 4 km saja.

Nah, jadi itulah berbagai destinasi wisata Madura yang menarik dan bisa jadi rekomendasi buat kamu yang sedang merencanakan berlibur ke Pulau Garam ini. Kira-kira destinasi wisata mana lagi nih yang favorit buat kamu? Tulis di kolom komentar, ya!

Beri Komentar