12 Tempat Wisata di Tangerang Banten termasuk Daerah Cikupa 2019

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 27 Januari 2020 23:00
12 Tempat Wisata di Tangerang Banten termasuk Daerah Cikupa 2019
Berencana wisata ke Tangerang? Ini dia destinasi wisata menariknya.

Menjadi kota terbesar di provinsi Banten, Tangerang juga memiliki sederet destinasi wisata yang sangat sayang jika dilewatkan. Cukup banyak tempat wisata seperti taman yang bisa kamu jadikan tempat menenangkan pikiran. Pastinya taman-taman ini juga memiliki ciri khas tersendiri sekaligus panorama yang indah.

Letaknya yang tak jauh dari ibukota juga menjadikan tangerang salah satu destinasi wisata yang bisa dinikmati warga Jakarta dan sekitarnya. Terutama jika hanya memiliki waktu yang terbatas. Bila kamu juga berencana menghabiskan akhir pekan ini di Tangerang, di bawah ini Diadona sajikan beragam tempat wisata di Tangerang sekaligus sala satu daerahnya yakni Cikupa. Yuk, langsung gulir ke bawah, ya!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Tangerang Selatan

Untuk tempat wisata pertama, yuk kita jelajahi dulu daerah Tangerang Selatan. Daerah ini memiliki destinasi wisata yang sangat menarik dan memberikan pengalama yang berbeda. Simak yuk lebih detailnya di bawah!

1. Scientia Square Park

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh ANAKJAJAN.COM (Julia & Marius) (@anakjajan) pada

Scientia Square Park merupakan kawasan terbuka hijau yang menawarkan wahana menarik dalam satu kawasan. Panjat dinding, amfiteater, ATV, dan skating adalah beberapa fasilitas yang ditawarkan Scientia Square Park. Tak hanya untuk orang dewasa, banyak fasilitas dan wahana menarik yang diperuntukan untuk anak-anak. Di sini, si kecil bisa bermain sekaligus belajar. Kamu bisa mengajak si kecil ke Scientia Square Park yang berlokasi di Jl. Scientia Boulevard, Curug Sangerang, Kelapa Dua, Tangerang.

2. BX Rink

Ingin merasakan keseruan berseluncur es di Tangerang? Kamu bisa langsung berkunjung ke BX Rink yang berlokasi di Bintaro Jaya Xchange Mall Lantai Lt.UG No.3A. Menjadi salah satu arena berseluncur es terbesar di Indonesia, pastinya kamu bisa merasakan serunya bermain ice skating dengan lebih puas. BX Rink juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari penyewaan alat skating, ruang tunggu, sampai snack corner. BX Rink sendiri buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai 10 malam.

3. BSD Xtreme Park

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Mercure Tangerang BSD City (@mercurebsdcity) pada

Dengan mengusung tagline Let Your Adrenaline Rush, BSD Xtreme Park menawarkan beragam wahana olahraga ekstrim yang seru. Mulai dari Go Kart, Paintball, Bike Part, hingga panahan semuanya bisa kamu coba disini. Soal keamanan, kamu juga nggak perlu khawatir karena seluruh wahana di kawasan ini sudah sesuai dengan standar internasional. Bagaimana, kamu tertarik mencoba?

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Cikupa Tangerang

Daerah Cikupa juga memiliki destinasi wisata yang enggak boleh kamu lewatkan. Inilah beragam tempat wisatanya.

1. Citra Raya World of Wonder

Berfoto dengan latar landmark dunia sekarang bisa kamu lakukan di Tangerang. Di Citra Raya World of Wonder ini kamu bisa menjumpai berbagai miniatur bangunan ikonik dunia seperti Spinx, Menara Pisa, Koloseum, Piramida Mesir, dan masih banyak lagi landmark dunia dan Indonesia lainnya.

Kawasan ini juga menjadi salah satu tempat wisata favorit, khususnya anak muda di Tangerang. Selain spot foto berupa bangunan ikonik dunia, Citra Raya World of Wonder juga menyuguhkan wahana seru seperti Cinema 4D, Tekno Mania, Paralayang, dan wahana seru lainnya. Lokasi taman bermain menarik ini berada di Jl. Ecopolis Boulevard, Mekar Bakti, Panongan, Cikupa, Banten.

2. Museum Benteng Heritage

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Fransisca Giovanca (@siscagiovanca) pada

Buat kamu yang menyukai sejarah, Museum Benteng Heritage ini wajib kamu masukkan ke daftar destinasi liburanmu. Museum ini berada di Jl. Cilame No. 20, Pasar Lama. Dibangun pada abad ke-17, Museum Benteng Heritage merupakan salah satu bangunan tertua yang ada di Tangerang. Bangunan ini juga sangat menarik dengan sentuhan arsitektur bergaya Tionghoa.

Museum ini menawarkan beragam hal yang menarik, terutama tentang etnik Tionghoa. Buat kamu yang menyukai fotografi, museum ini juga nggak kalah menarik karena turut menghadirkan galeri yang menyimpan beragam model kamera kuno. Museum Benteng Heritage juga kerap mengadakan acara di area museum yang juga menjadi daya tarik lainnya dari tempat wisata di Tangerang ini.

3. Telaga Biru Cisoka

Sekitar 9 km dari Tebing Kora, kamu bisa sekalian berkunjung ke danau cantik ini. Dulunya, Telaga Biru Cisoka adalah area bekas penambangan pasir bersamaan dengan Tebing Koja. Tapi, sekarang area ini telah berubah menjadi destinasi wisata yang cantik.

Di sekitar area telaga ini juga ada persawahan yang bisa kamu nikmati. Kamu juga bisa nih melihat kecantikan danau ini lebih dekat dengan naik perahu mengelilingi danau. Menariknya lagi, di Telaga Biru Cisoka ini juga ada spot foto.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Daerah Tangerang

Selain berbagai tempat wisata di atas, Tangerang pastinya masih memiliki destinasi wisata yang mempesona lainnya. Apa saja sih destinasi wisatanya? Gulir di bawah ini, yuk!

1. Tebing Koja

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ayodolan | Indotravelvidgram (@travellerindokece) pada

Tak hanya gedung-gedung saja, di Tangerang kamu juga bisa menemukan wisata alam yang menyegarkan mata yakni Tebing Koja. Perpaduan tebing cantik yang berselimut tumbuhan hijau di kawasan ini memang sangat memanjakan mata. Selain keindahan tebingnya, di sini kamu juga bisa menikmati hamparan sawah hijau yang terbentang dan aliran sungai di sekitar tebing. Dengan angle yang pas, tempat ini bisa jadi spot foto yang asyik, lho.

2. Ocean Park Water Adventure

Berkunjung ke water park juga bisa menjadi alternatif destinasi wisata yang seru. Salah satu water park yang menarik dan populer di Tangerang yakni Ocean Park Water Adventure. Tempat ini sangat pas buat kamu yang ingin merasakan keseruan bermain air.

Berlokasi di Serpong, Ocean Park Water Adventure memiliki beragam wahana permainan yang seru. Beberapa diantaranya seperti kolam ombak, racer slide, kolam arus, flying tower dan masih banyak lagi permainan seru lainnya. Buat kamu yang enggak ingin basah-basahan, Ocean Park juga menyediakan wahana non-air seperti flying fox dan bioskop 4 dimensi.

Tempat wisata di Tangerang ini buka setiap hari dari jam 11.00-18.00, kecuali akhir pekan Ocean Park akan buka lebih awal yakni jam 08.00-18.00. Untuk harga tiketnya, kamu perlu menyiapkan budget Rp. 60 ribu di hari biasa dan Rp. 100 ribu di akhir pekan.

3. Taman Kunci (Kupu-Kupu dan Kelinci) Cikokol

Taman Kunci atau disebut juga dengan Taman Cikokol menjadi tempat wisata yang sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, terutama jika mengajak anak-anak. Taman Kunci ini berada di pusat kota Tangerang, tepatnya di Jl. Perintis Kemerdekaan, Tangerang dan letaknya berseberangan dengan Taman Potret.

Di taman ini, kamu akan disambut dengan suasana yang asri dan pastinya kelinci dan kupu-kupu yang menggemaskan. Sayangnya, kamu hanya bisa melihat tingkah lucu mereka saja tanpa bisa memegang atau memberi makan. Taman Kunci juga bisa menjadi salah satu wisata edukasi anak yang murah meriah. Karena, untuk memasuki taman ini kamu enggak akan dikenakan biaya.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Kota Tangerang

Beagam destinasi wisata ini juga enggak kalah seru untuk dijelajahi. Langsung saja yuk kita simak destinasi wisatanya di bawah ini.

1. Klenteng Boen Tek Bio

Kota Tangerang juga menawarkan wisata budaya dan sejarah yang tak kalah menarik sebagai destinasi wisata yaitu Klenteng Boen Tek Bio. Sebagai salah satu tempat ibadah tertua di Kota Tangerang, klenteng ini menyuguhkan suasana tempo dulu yang kental.

Di kawasan ini, kamu juga bisa menjumpai klenteng antik dari peradaban 1835. Selain itu, ada juga altar Hok Tek Tjeng Sien atau Dewa Bumi sebagai perlambang kemakmuran. Klenteng yang menarik ini bisa kamu jumpai di Jalan Bhakti No. 14, Pasar Lama, Sukasari, Tangerang.

2. Upside Down Alam Sutera

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bella (@bellasandraa_) pada

Tak hanya Jogja dan Bali saja yang memiliki Upside Down, di Tangerang kamu juga bisa berpose unik di dunia terbalik ini yang berada di Alam Sutera. Tepatnya, terletak di Jl. Alam Sutera Boulevard, Pakulonan, Serpong Utara, Tangerang.

Tempat ini menawarkan berbagai ruangan dengan beragam tema yang bisa kamu pilih lengkap dengan propertinya. Mau foto sambil memainkan alat musik dengan terbalik atau kamu lebih suka berjalan di atap kamar? Nah, kamu bisa memilihnya sendiri sesuai dengan selera. Seru, ya!

3. Situ Cipondoh

Satu lagi destinasi wisata alam di Tangerang yang bisa jadi destinasi wisata kamu yakni Situ Cipondoh. Danau ini memiliki pemandangan yang asri dan dilengkapi dengan beragam wahana yang menarik. Beberapa permainan yang bisa kamu coba di kawasan ini yakni seperti sepeda air, flying fox, becak air, dan masih banyak lagi wahana lainnya.

Jika mengajak anak-anak pun kamu enggak perlu khawatir karena kawasan ini juga menyediakan tempat bermain untuk anak. Suasanya yang asri dan teduh sangat cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi sekaligus relaksasi. Nah, berminat berkunjung ke danau ini?

Itulah dia 12 destinasi tempat wisata di Tangerang yang populer dan menarik sebagai destinasi wisata. Bagaimana, apa kamu sudah nggak sabar berkeliling Tangerang?

Beri Komentar