12 Tempat Wisata di Purwakarta dan Subang yang Lagi Hits 2019

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 23 Januari 2020 21:43
12 Tempat Wisata di Purwakarta dan Subang yang Lagi Hits 2019
Tempat wisata di Purwakarta dan Subang berikut ini bisa menjadi rekomendasi menarik buat mengisi waktu liburanmu!

Selain Bandung dan Bogor, banyak daerah di Jawa Barat yang juga bisa menjadi destinasi wisata alternatif lainnya. Salah satunya Kabupaten Purwakarta. Kabupaten ini bisa kamu jadikan tujuan wisata bersama keluarga maupun teman. Pastinya, Purwakarta juga memiliki potensi wisata yang sangat beragam, terutama alamnya. Tak hanya Purwakarta, Kabupaten Subang juga sama menariknya.

Nah, jika kamu berwisata ke Purwakarta maupun Subang, kamu bisa nih menjadikan berbagai destinasi yang telah dirangkum dari berbagai sumber (23/01) di bawah ini sebagai tujuan. Yuk, simak sederet tempat wisata di Purwakarta dan Subang berikut ini ya!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Subang Purwakarta

Destinasi pertama kita ke daerah Subang dulu, ya. Berikut ini berbagai destiansi wisata yang bisa kamu jadikan referensi liburan saat berkunjung ke Kabupaten ini. Yuk, simak!

1. Curug Cileat

      View this post on Instagram

A post shared by SUBANG TRAVELER ???? (@subangtraveler) on

Terletak di bagian Subang selatan yang didominasi oleh pegunungan membuat Curug Cileat memiliki panorama alam yang menawan. Curug Cileat ini masih berada di kawasan Gunung Canggah, tepatnya berada di Desa Cibogo, Cisalak, Gardusayang, Capunagara, Subang. Di sekitar curug ini, kamu bisa menjumpai deretan tebing dengan dihiasi tumbuhan hijau disekitarnya. Hal ini semakin membuat Curug Cileat nampak asri. Selain itu, air terjunnya yang memiliki tinggi sekitar 100 meter membuatnya semakin memukau.

2. Kasumber Mata Air Cipondok

Tempat wisata di Subang ini sering juga disebut dengan mata air Aqua. Hal ini karena letak Kasumber Mata Air Cipondok yang berdekatan dengan pabrik air minum tersebut. Di sini, kamu akan disuguhi sumber mata air yang sangat jernih. Saking jernihnya, panorama bawah airnya bisa kamu lihat dari permukaan.

Kasumber Mata Air Cipondok juga sangat cocok buat kamu yang suka berburu foto underwater. Dengan panorama yang indah ditambah air yang sejernih kristal pastinya akan membuat fotomu tampak maksimal. Jika kamu tertarik, langsung saja menuju Desa Pasanggrahan, Kasomalang, Subang.

3. Curug Koleangkak

      View this post on Instagram

A post shared by BANDUNG IN FRAME (@bandunginframe) on

Masih dengan wisata alam curug, Subang memiliki curug yang unik sekaligus mempesona yakni Curug Koleangkak. Lokasi curug cantik ini berada di Desa Cicadas, Ciater, Subang. Keunikan dari Curug Koleangkak pada airnya yang seakan berwarna biru tosca berbeda dengan kebanyakan curug lainnya. Letaknya yang juga tersembunyi, membuat Curug Koleangkak masih terlihat alami dan asri.

4. Hutan Kota Ranggawulung

Hutan kota Ranggawulung menawarkan beragam flora dan fauna yang bisa kamu nikmati. Mulai dari pohon pinus, mahoni, angsana, waru, kayu putih, jati, dan bungur bisa kamu temui di hutan kota ini. Ada juga beberapa unggas seperti walet inchi, burung madu sriganti, bondol jawa, hingga cucak kutilang. Hutan kota yang menarik ini bisa kamu temukan di daerah Parung, Subang. Kamu juga enggak perlu khawatir tentang fasilitasnya karena fasilitas di kawasan ini cukup lengkap.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Purwakarta yang lagi Hits

Setelah kita tahu beragam destinasi wisata di Subang, kali ini kita akan membahas tempat wisata di Purwakarta. Salah satunya tempat wisata yang lagi hits di kabupaten ini. Langsung saja cek di bawah ini, ya!

1. Air Mancur Sri Baduga

      View this post on Instagram

A post shared by KONTRAKTOR KOLAM RENANG (@jasapembuatan_kolamrenangnauli) on

Berbicara tentang tempat wisata di Purwakarta rasanya belum lengkap ya tanpa menyebut Air Mancur Sri Baduga. Air mancur ini juga menjadi salah satu ikon wisata dari Purwakarta. Meski tergolong baru, objek wisata ini sudah sangat populer di Purwakarta.

Pancaran air setinggi 6 meter dipadu dengan cahaya lampu berwarna-warni membuat tempat wisata di Purwakarta ini sangat indah di malam hari. Terlebih, dengan adanya iringan lagu musik Sunda menjadikan Air Mancur Sri Baduga semakin sempura.

Pertunjukkan air mancur cantik ini digelar selama empat kali setiap hari Jumat dan Sabtu malam. Pertunjukkan pertama pada jam 19.30 dan yang kedua jam 20.30 malam. Jangan sampai terlewatkan, ya!

2. Sumber Air Panas Ciracas

Berendam di sumber air panas sembari menikmati panorama persawahan dan pepohonan yang hijau bisa kamu nikmati di Sumber Air Panas Ciracas ini. Di kawasan ini ada dua titik kolam air panas yang terbuka untuk umum dan bisa kamu nikmati. Air pada tempat wisata di Purwakarta ini juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal dan jerawat karena kandungan belerang di dalamnya. Menariknya, Sumber Air Panas Ciracas ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, lho. Sudah lama, ya.

3. Bukit Panenjoan

      View this post on Instagram

A post shared by Avi (@eloquent.ingenue) on

Bukit Panenjoan menjadi salah satu wisata alam Purwakarta yang populer dan hits di kalangan anak muda. Jembatan bambu yang membentang di kawasan Bukit Panenjoan menjadi ciri khas dari wisata ini. Dari atas jembatan ini, kamu akan disuguhi panorama alam yang hijau khas pedesaan yang asri.  Tak hanya itu, Bukit Panenjoan juga sangat cantik lho sebagai spot foto. Untuk menikmatinya, langsung saja kamu bisa menuju Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta.

4. Gunung Parang

Buat kamu para penggemar panjat tebing, kamu bisa mencoba pengalaman seru memanjat tebing di Gunung Parang. Tak hanya panjat tebing, banyak kegiatan seru dan memacu adrenalin lainnya yang bisa kamu lakukan di gunung ini. Seperti tyrolean traverse atau menyeberangi dua titik tinggi dengan menggunakan tali dan via ferrata atau memanjat gunung dengan menggunakan tangga besi. Meski harga yang ditawarkan cukup menguras kantong, tapi hal ini sebanding kok dengan pengalaman yang akan kamu dapatkan nantinya.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Purwakarta 2019

Masih tentang destinasi di Purwakarta, banyak tempat wisata yang bisa menjadi rekomendasi seru buat kamu yang sedang ingin menjelajahi kabupaten ini. Cek beragam tempat wisatanya di bawah ini, yuk!

1. Museum Bale Indung Rahayu

Museum yang masih tergolong baru ini menyajikan hal yang menarik sekaligus edukatif. Bale Indung Rahayu sendiri memiliki arti Tempat Kemuliaan Ibu. Museum ini menyajikan tentang peran seorang ibu dalam merawat anak-anaknya sekaligus proses kelahiran manusia yang disajikan dengan balutan budaya sunda. Perjalanan hidup manusia ini ditampilkan melalui lukisan, pahatan, relief, seni, dan juga bangunan. Museum Bale Indung Rahayu bisa kamu kunjungi di Jl. Martadinata Blok Dahlia 1 No.14, Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.

2. Curug Tilu Purwakarta

      View this post on Instagram

A post shared by MADE IN PURWAKARTA (@madeinpurwakarta) on

Curug lainnya yang juga memiliki pemandangan yang indah yakni Curug Tilu Purwakarta. Air terjun di tempat wisata di Purwakarta ini sangat menarik karena aliran airnya melewati undakan batu. Selain itu, Curug Tilu juga sangat menarik dengan batuan-batuan besar dan pepohonan yang rindang di sekitarnya. Saat ini, akses ke tempat wisata di Purwakarta ini juga sudah berkembang dan dikelola cukup baik oleh masyarakat sekitar. Jadi, kamu enggak perlu khawatir lagi jika ingin berwisata ke salah satu tempat wisata di Purwakarta ini.

3. Jatiluhur Water World

Jatiluhur Water World ini juga bisa kamu coba sebagai destinasi wisata keluarga. Banyak wahana yang bisa kamu nikmati di taman air ini. Diantaranya seperti flying fox, bungee trampoline, seluncuran air, dan masih banyak lagi wahana seru lainnya. Sesuai dengan namanya,Jatiluhur Water World masih berada di kawasana Waduk Jatiluhur. Jatiluhur Water World sendiri buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai 5 sore.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Purwakarta Giri Tirta

      View this post on Instagram

A post shared by HelloJabar (@hellojabar) on

Banyak destinasi tempat wisata di Purwakarta yang menawarkan berbagai hal menarik. Salah satunya adalah Resort Giri Tirta Kahuripan. Berlokasi di Kecamatan Wanayasa, Giri Tirta Kahuripan merupakan resort yang dilengkapi dengan beragam fasilitas dan wahana menarik. Daya tarik utama dari tempat wisata di Purwakarta satu ini yakni adanya kolam renang yang berada di atas ketinggian 500 mdpl atau disebut dengan Skypool.

Tak hanya wahana kolam renang, Giri Tirta juga menyuguhkan fasilitas dan wahana yang tak kalah menarik lainnya. Mulai dari villa, dorm, mobil senyum, tanaman bunga, kebun buah, outbound, sampai kebun binatang mini. Untuk harga tiketnya, Giri Tirta memiliki harga yang berbeda-beda untuk setiap wahananya yakni Rp. 20 ribu untuk wahana permainan air, Rp. 25 ribu untuk agrowisata, dan Rp. 60 ribu untuk wahana skypool.

Kabupaten Purwakarta maupun Subang sebenarnya sama-sama memiliki potensi wisata yang sangat menarik untuk dijelajahi lebih lanjut. Nah, dari berbagai tempat wisata di atas, kira-kira ada enggak nih yang sudah kamu kunjungi?

Beri Komentar