12 Tempat Wisata di Pekanbaru Riau yang Wajib Dikunjungi sekaligus Kulinernya 2019

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 6 Februari 2020 22:52
12 Tempat Wisata di Pekanbaru Riau yang Wajib Dikunjungi sekaligus Kulinernya 2019
Sederet tempat wisata di Pekanbaru sekaligus kulinernya yang menggugah selera. Cocok untuk liburanmu selanjutnya, nih!

Pulau Sumatera menghadirkan sederet wisata yang sangat menarik di berbagai daerahnya. Tak terkecuali ibukota Riau, Pekanbaru. Meski terkenal dengan perkebunan sawitnya, tak hanya itu saja potensi yang dimiliki Kota Pekanbaru. Dalam hal pariwisata, kota satu ini juga bisa dijadikan opsi yang menarik. Berbagai destinasi wisata bisa kamu jumpai di Pekanbaru.

Tak hanya tempat wisatanya saja, kulinernya pun wajib kamu coba. Sama seperti beragam daerah lainnya, Pekanbaru juga memiliki tempat wisata kuliner yang menggugah selera. Dilansir dari berbagai sumber (06/02), yuk kita simak berbagai tempat wisata di Pekanbaru sekaligus dengan kulinernya.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata Alam di Pekanbaru

Bisa dibilang jika wisata alam adalah wisata mayoritas di Pekanbaru. Berikut ini destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi di Pekanbaru! 

1. Sungai Kampar

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Good News From Indonesia (@gnfi) pada

Berselancar di pantai itu sudah biasa, nah berselancar di sungai ini yang baru luar biasa. Di Pekanbaru kamu bisa merasakan sensasi berselancar di Sungai Kampar. Unik, ya. Sungai ini memiliki ombak dengan kecepatan sekitar 40 kilometer per jam. Pastinya, hal ini akan memberikan pengalaman berselancar yang berbeda buatmu.

2. Air Terjun Aek Martua

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Like Indonesia (@like_riau) pada

Wisata alam selanjutnya yang bisa kamu kunjungi di pekanbaru yakni Air Terjun Aek Martua. Nama Aek Martua sendiir berasal dari bahasa suku Batak Mandailing yang berarti air bertuah.

Di sini, kamu akan dimanjakan dengan panorama iar terjun menarik yang memiliki tiga tingkatan. Di setiap tingkatannya memiliki ketinggian dan ukuran yang berbeda. Karena keunikan ini lah, banyak wisatawan yang menyebut tempat wisata di Pekanbaru satu ini dengan sebutan Air Terjun Tanga Seribu.

3. Kawah Biru

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ahmad Affandi Lubis (@broewnis) pada

Daerah bekas lokasi pertambangan sering kali menjelma menjadi destinasi wisata yang mencuri perhatian. Salah satunya Kawah Biru di Riau ini. Dulunya, kawasan ini merupakan bekas galian pasir putih yang kini berubah menjadi danau berwarna biru cantik. Kawah Biru sendiri terletak di Desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Pekanbaru Riau

Kota Pekanbaru menyuguhkan beragam wisata yang bisa jadi destinasi liburan menarik untuk kamu. Lalu, apa saja sih destinasi wisatanya? Ini dia beberapa rekomendasinya!

1. Taman Wisata Alam Mayang

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Andriawan (@andriawan) pada

Mengusung konsep taman terbuka hijau, Taman Wisata Alam Mayang bisa jadi destinasi wisata menarik di Pekanbaru. Menariknya lagi, tempat wisata di Pekanbaru ini juga dilengkapi dengan beragam wahana seru. Seperti diantaranya sepeda air, bumper cars, kereta safari, flying fox, dan beragam wahana lainnya. Sangat cocok sebagai destinasi wisata seru bersama keluarga.

Buat kamu yang hobi berfoto, jangan khawatir karena kamu bisa menjumpai beragam spot foto keren di kawasan ini. Mulai dari miniatur candi, replika perahu khas Riau, hingga 6 buah replika patung Pulau Paskah bisa kamu temukan di Taman Wisata Alam Mayang. Lokasi wisata menarik satu ini terletak di Jl. Imam Munandar, Tangkerang Timur, Bukit Raya, Pekanbaru, Riau.

2. Rainbow Hills

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Berbagi Info, Wisata, Kuliner (@wisatapkuriau) pada

Rainbow Hills menjadi salah satu wisata yang unik sekaligus menarik di Pekanbaru. Seperti namanya, Rainbow Hills atau Bukit Pelangi memiliki warna bukit yang berwarna-warni. Hal ini karena tanah dari bukit tersebut mengandung mineral tertentu sehingga menimbulkan warna yang tak biasa. Menarik, ya.

Kamu bisa menyaksikan langsung keindahan Rainbow Hills di Danau Kayangan, Rumbai, Pekanbaru. Meski menarik, saat musim penghujan kamu perlu berhati-hati ya saat berkunjung ke tempat wisata di Pekanbaru satu ini. Pasalnya, kondisi tanahnya yang labil sangat rawan untuk longsor.

3. Desa Wisata Okura

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Like Indonesia (@like_riau) pada

Menyusuri jalanan desa sembari menyaksikan kehidupan penduduknya terdegar menentramkan ya. Salah satu desa wisata yang bisa kamu kunjungi Pekanbaru yakni Desa Wisata Okura. Di desa ini, kamu bisa menyaksikan langsung kehidupan penduduk asli suku Melayu-Riau dengan jejeran rumah panggungnya.

Tak hanya itu saja, di Desa Wisata Okura juga terdapat taman bunga yang indah. Warna bunga yang berwarna-warni akan sangat cantik jika kamu abadikan dalam kamera. Tempat wisata di Pekanbaru ini berada di Jl. Raja Panjang Okura, Tebing Tinggi Okura, Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Riau.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Kuliner di Pekanbaru

Seperti ada yang kurang ya jika berkunjung ke Pekanbaru tanpa mencicipi kulinernya,. Nah, ini dia rekomendasi kuliner yang memanjakan lidah di Pekanbaru. Gulir ke bawah yuk untuk selengkapnya!

1. Kampung Dimsum

Kamu penggemar makanan dimsum pastinya enggak ingin melewatkan tempat makan satu ini. Kampung Dimsum juga merupakan salah satu tempat makan yang cukup terkenal di Pekanbaru. Beragam jenis dimsum bisa kamu coba di tempat ini. Salah satunya yakni lo mai kai atau dimsum klasik yang terbuat dari beras ketan dengan isian berupa ayam, udang, dan jamur di dalamnya. Menggiurkan, ya!

2. Klapper Pie

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Cerita Info Kuliner Pekanbaru (@brosispku) pada

Saat berwisata ke Pekanbaru, jangan lupa untuk mampir ke Klepper Pie yang berada di Jl. Kinibalu, No. 3/5, Sekip, Lima Puluh, Kota Pekanbaru, Riau. Kue satu ini sudah sangat populer di Pekanbaru. Rasanya yang nikmat dan harganya yang terjangkau membuat kue ini banyak diminati. Klapper pie di tempat ini juga memiliki beragam topping. Diantaranya yakni topping kacang almond, cokelat, keju, coklat kacang, blueberry cheese dan masih banyak lagi topping lainnya yang bisa kamu pilih sesuai selera.

3. Rumah Makan Serba Nikmat

Nama rumah makan satu ini memang mencerminkan rasanya ya. Rumah makan Serba Nikmat menyuguhkan beragam kuliner lezat yang bisa kamu coba. Olahan gurami bakar di rumah makan ini menjadi menu andalanya. Gurami bakar cabai, gurami bakar lada hitam, dan gurami bakar santan diantaranya. Nah, kamu bisa langsung mencicipi kelezatannya di Jl. Riau No. 147 Pekanbaru, Riau.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Kota Pekanbaru

Banyak tempat wisata di Kota Pekanbaru yang menraik untuk disinggahi. Berikut ini sederet destinasi wisata lainnya yang sayang jika kamu lewatkan. Cek, yuk!

1. Perpustakaan Soeman H.S

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Hary T Nada Gultom (@gultomnada) pada

Tak selamanya berkunjung ke perpustakaan membosankan kok. Perpustakaan juga bisa jadi alternatif wisata yang menarik. Terlebih jika memiliki arsitektur bangunan yang keren. Salah satunya Perpustakaan Soeman H.S di Pekanbaru ini.

Mengusung konsep futuristik dan modern, desain bangunan perpustakaan satu ini sangat unik sekaligus megah. Perpustakaan Soeman H.S menyajikan beragam koleksi buku dan arsip sejarah dengan jumlah lebih dari 400 ribu buku.

Menariknya, salah satu tempat wisata di Pekanbaru ini juga dilengkapi dengan perpustakaan anak-anak, lho. Bisa jadi tempat menarik juga ya memperkenalkan budaya literasi pada di kecil.

2. Air Terjun Guruh Gemurai

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Imran (@imran.gisane) pada

Cukup banyak air terjun yang bisa kamu explore di Pekanbaru. Salah satunya yang menarik yakni Air Terjun Guruh Gemulai. Air terjun satu ini juga tergolong unik karena memiliki dua aliran serta suara yang bergemuruh. Jadi, tak heran kan mengapa tempat wisata di Pekanbaru ini dinamai demikian.

3. Istana Siak Sri Indrapura

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh The Premiere Pekanbaru by ZHM (@premierehotelpekanbaru) pada

Selain menyuguhkan wisata alam, Pekanbaru juga memiliki wisata sejarah yang tak kalah menarik untuk dikunjungi yakni Istana Siak Sri Indrapura. Bangunan bersejarah ini merupakan peninggalan Kesultanan Siak yang dulunya menjadi kediaman resmi Sultan Siak. Bangunan istana ini juga sangat menarik dengan menggabungkan tiga budaya yakni Arab, Eropa, dan Melayu. Nah, langsung saja kamu bisa menyaksikan kemegahannya di Jl. Sultan Syarif Kasim, Kecamatan Kampung Dalam, Kabupaten Siak.

Bagaimana sederet tempat wisata sekaligus kuliner Pekanbaru di atas? Cukup menarik, ya. Sekarang, kamu bisa nih merancang agenda liburan ke Pekanbaru secepatnya!

Beri Komentar