12 Tempat Wisata Cianjur yang Murah, Terkenal, dan Wajib Dikunjungi

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 7 Februari 2020 23:31
12 Tempat Wisata Cianjur yang Murah, Terkenal, dan Wajib Dikunjungi
Kenali yuk berbagai tempat wisata Cianjur yang murah dan wajib dikunjungi!

Sudah menjadi rahasia umum jika Provinsi Jawa Barat memiliki panorama alam yang indah dengan didomiansi oleh pegunungan. Hal ini tentu saja membuat berbagai daerah di Jawa Barat memiliki destinasi wisata alam dengan panorama yang mempesona. Salah satunya Kabupaten Cianjur. Kabupaten ini juga memiliki potensi wisata yang juga sangat menarik untuk dikunjungi.

Tak hanya wisata alam saja, ada juga destinasi wisata menarik lainnya di Cianjur. Untuk itu, ini dia Diadona rekomendasikan 12 tempat wisata Cianjur yang murah dan terkenal sebagaimana dilansir dari berbagai sumber (07/02). Simak selengkapnya di bawah, yuk!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Cianjur

Tempat wisata Cianjur berikut ini bisa jadi referensi liburanmu bersama keluarga maupun teman. Nah, inilah sederet destinasi wisata yang menarik di Cianjur.

1. Taman Bunga Nusantara

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh N E G R I K E C E (@negrikece) pada

Menjadi salah satu wisata favorit di Cianjur, Taman Bunga Nusantara ini sangat sayang jika kamu lewatkan. Lokasinya yang cukup dekat dengan Gunung Gede menjadikan wisata Cianjur satu ini memiliki udara yang sejuk khas daerah pegunungan. Taman Bunga Nusantara juga sangat menarik karena berkonsep tematik. Beberapa tema taman yang disuguhkan yakni Tman Perancis, Taman Bali, Taman Jepan, dan lainnya.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa mengasah kemampuan dan jiwa petualangan kamu di Maze Garden atau Taman Labirin. Selain beragam taman menarik, wisata Cianjur ini juga menyediakan fasilitas yang seru dan cukup lengkap. Mulai dari camping grond, cafe, garden tram, hingga bursa bunga.

2. Alun-Alun Suryakencana

Terletak di Kawasan Taman Nasional Gunung Gede, panorama yang ditawarkan Alun-Alun Suryakencana sangat mempesona. Daya tarik utama dari wisata Cianjur ini yakni hamparan bunga edelweis seluas sekitar 50 hektar. Karena lokasinya sendiri berada di Gunung Gede pastinya kamu harus menyiapkan tenaga ekstra untuk mencapainya.

Alun-Alun Suryakencana ini berada di ketinggian 2.750 mdpl. Saat hari cerah dan enggak berkabut, kamu bisa menyaksikan panoram Kabupaten Cianjur, Bogor, dan Sukabumi dari kawasan ini.

3. Curug Citambur

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh ID PENDAKI (@id.pendaki) pada

Curug Citambur juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Terlebih jika kamu suasana alam yang sejuk, curug satu ini bisa jadi destinasi yang tepat. Curug Citambur sendiri memiliki ketinggian sekitar 100 meter dengan panorama sekitar yang asri. Lokasinya terletak di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran. Sepanjang jalan menuju lokasi kamu enggak akan bosan karena disuguhi dengan bentangan perkebunan teh yang menyegarkan mata.

2 dari 4 halaman

Wisata Cipanas Cianjur

Daerah Cipanas juga menyuguhkan wisata yang sama menariknya dengan wilayah Cianjur lainnya. Ini dia beberapa rekomendasi wisatanya!

1. Little Venice Kota Bunga Cipanas

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Luciana Yap (@lucianayap) pada

Kamu bercita-cita ke Kota Venesia? Bila belum sempat, kamu bisa mencoba sensasinya dulu dengan mengunjungi Little Venice di Kota Bunga Cipanas, Cianjur. Di wisata Cianjur ini terdapat replika kota Venesia lengkap dengan bangunan serta kanal-kanalnya. Lebih menariknya lagi, juga tersedia gondola dan kapal missisipi yang siap menemani kamu mengelilingi Little Venice ini. Wisata menarik ini terletak di Jl. Hanjawar Pacet, Desa Batulawang, Cipanas.

2. Istana Kepresidenan Cipanas

Istana Kepresidenan ini merupakan satu dari enam istana kepresidenan yang ada di Indonesia. Istana ini juga merupakan istana tertua yang dibangun di atas tanah seluas 26 hektar. Di sini, kamu bisa menyaksikan arsitektur bangunan yang masih bergaya kuno dengan taman yang indah.

Kamu juga bisa berkeliling ke dalam istana kepresidenan ini. Namun, sayangnya kamu enggak bisa memotret bagian dalamnya. Tapi, tenang saja kamu masih bisa berpose di bagian luar bangunan ini yang juga tak kalah menarik.

3. Curug Cibeureum

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ilham Nurhakim (@ilham_1899) pada

Kawasan Taman Nasional Gunung Gede memang memiliki beragam tempat wisata dengan pesona yang menawan. Curug Cibereum ini salah satunya. Curug Cibereum merupakan air terjun terbesar dari tiga air terjun yang ada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede. Aliran airnya yang deras memberikan nuansa indah dari curug ini. Panorama sekitarnya juga sangat asri dengan pepohonan dan tumbuhan hijau yang sangat menyegarkan mata. Sangat pas sebagai tempat menghilangkan penat.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Cianjur yang Murah

Buat kamu yang ingin berhemat saat liburan, wisata berikut ini bisa kamu jadikan pilihan. Selain menawarkan panorama yang indah, tarif masuknya pun sangat ramah di kantong. Cek yuk apa saja destinasinya!

1. Kebun Teh Sukanagara

      Lihat postingan ini di Instagram    

Pagi yang indah dan sejuk di Perkebunan Teh Sukanagara, Cianjur Selatan, Jawa Barat . #ayodolan kesini, Menikmati panorama kebun teh dengan pemandangan alam nan asri. Disini kamu bisa juga melihat langsung proses pembuatan teh, mulai dari memetik pucuk daunnya yang hijau dan segar hingga diseduh. Wah seru bukan? Yuk dolan kesini! . Foto dolan dari @jem_j.s Inframe: @muhammadsidik99 . #ayodolancianjur #kebuntehsukanagara #cianjur

Sebuah kiriman dibagikan oleh INDONESIA | #ayodolan (@ayodolan) pada

Berjalan-jalan di area perkebunan teh memang sangat menyegarkan ya. Apalagi melihat hamparan hijau perkebunan teh yang menyegarkan mata. Di Cianjur, kamu bisa merasakan suasana ini di Kebun Teh Sukanagara. Jajaran perkebunan tehnya juga bisa menjadi spot foto yang keren. Tak hanya itu saja, kawasan wisata Cianjur ini juga dilengkapi dengan area outbound yang seru.

2. Kebun Raya Cibodas

Ingin menyaksikan bunga sakura langsung tanpa pergi ke Jepang? Berkunjung ke Kebun Raya Cibodas jawabannya. Di sini kamu bisa menyaksikan jejeran pohon sakura yang cantik.

Tak seperti di Jepang yang hanya bisa tumbuh sekali dalam setahun saja, di Kebun Raya Cibodas ini kamu bisa menyaksikan mekarnya bunga sakura dua kali dalam setahun. Biasanya akan terjadi sekitar bulan Januari- Februari dan Juli-Agustus.

Selain bunga sakuranya yang menjadi daya tarik utama, Kebun Raya Cibodas menawarkan suasana yang asri dan nyaman. Hawa sejuk khas pegunungan juga menjadi pelengkap lainnya dari wisata yang terletak di Desa Rarahan, Kecamatan Cimacam ini.

3. Telaga Biru

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh @taureanzmtq pada

Masih seputar kawasan Taman Nasional Gunung Gede, Telaga Biru ini menjadi salah satu primadona wisata di Cianjur. Sama halnya dengan namanya, wisata Cianjur ini memiliki air berwarna biru cantik. Panorama sekitarnya juga tak kalah mempesona dengan pepohon rimbun yang membuat Telaga Biru terkesan asri dan alami.

4 dari 4 halaman

Wisata Kolam Renang Cianjur

Bermain air juga bisa jadi wisata yang asyik saat liburan. Cianjur memiliki beragam kolam renang yang sangat menarik dengan wahana yang seru. Ini dia rekomendasi kolam renang yang bisa kamu coba di Cianjur!

1. The Jhon's Aquatic Resort

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Gunawan hilmansyah (@hilmansyahgunawan) pada

Bermain air memang seru ya, apalagi jika ditambah dengan beragam wahana permainan menarik lainnya. Ini lah yang ditawarkan The Jhon's Aquatic Resort. Wisata Cianjur ini menyajikan beragam wahana permainan air dan non air seperti waterball, ATV, Flying fox, boat lagoon, hingga menunggang kuda. Asyik, ya. Jika kamu ingin mencoba keseruannya langsung saja menuju Jl. Desa Babakan, Kp. Tangkil, Hutan Kota Cianjur, Panembong, Kecamatan Cianjur.

2. Bravo Camp Ground Cianjur

Terletak di dataran tinggi, kolam renang di Bravo Camping Ground akan memberikan sensasi yang berbeda buatmu. Di sini, kamu bisa berenang sambil menikmati panorama alam pegunungan di sekitarnya, termasuk juga Bendungan Cirata. Air kolam renangnya pun juga bersih dan jernih.

Hal ini karena air tersebut berasal dari mata air pegunungan yang ada di sekitar Bravo Camp Ground. Selain kolam renang, wisata Cianjur ini juga menyuguhkan wahana seru seperti outbound, flying fox, dan tentu saja area camping.

3. The Bagelen Son Cianjur

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Wahana Air Keluarga (@thebagelenson) pada

The Bagelen Son juga bisa jadi destinasi wisata bermain air yang seru di Cianjur. The Bagelen Son terletak di Jl. Aria Wiranatanudatar, Sukataris, Cianjur. Di wisata Cianjur ini, kamu bisa menikmati beragam jenis seluncur. Salah satunya twin water slide yang bisa jadi ajang lomba yang seru bareng temen kamu.

Bagaimana dengan destinasi wisata Cianjur di atas? Menarik semua kan. Jadi, sudah menentukan tujuan belum nih sekarang? 

Beri Komentar