12 Tempat Wisata Alam Semarang Jawa Tengah dan Sekitarnya yang Populer

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 17 Februari 2020 22:43
12 Tempat Wisata Alam Semarang Jawa Tengah dan Sekitarnya yang Populer
Tak hanya wisata sejarah dan budaya saja, wisata alam di Semarang juga tak kalah emnarik untuk dijelajahi. Seperti beberapa destinasi wisata alam berikut ini.

Semarang bisa dikatakan sebagai salah satu destinasi wisata yang populer di Jawa Tengah. Berbicara tentang tempat wisata di Kota Lumpia ini memang enggak bisa lepas dari wisata sejarahnya. Sebut saja Gereja Blenduk atau Lawang Sewu yang menjadi beberapa contoh wisata populer yang ada di Semarang.

Jika kita bergeser sedikit ke wilayah kabupatennya, kita bisa menjumpai beragam wisata alam yang tak kalah menarik dengan panorama yang indah. Tak hanya di wilayah Semarang saja, daerah sekitarnya pun seperti Kabupaten Kendal misalnya juga menyuguhkan wisata alam yang sangat sayang jika kamu lewatkan.

Untuk itu, berikut ini kami paparkan berbagai wisata alam Semarang dan sekitarnya yang populer sebagaimana dirangkum dari sederet sumber (17/02). Langsung gulir ke bawah, yuk!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata Alam di Semarang

Semarang juga memiliki panorama alam yang mempesona. Wisata alamnya pun juga sangat menarik untuk dikunjungi. Beriku ini beberapa rekomendasinya.

1. Rawa Pening

Pasti sebagian besar dari kamu sudah sering mendengar ya tentang Rawa Pening. Wisata alam Semarang ini bisa dikatakan sebagai salah satu wisata yang terkenal di Kabupaten Semarang. Rawa Pening sendiri terletak di empat kecamatan yang ada di kabupaten Semarang yakni Bawen, Tuntang, Banyubiru, dan Ambarawa.

Di sini, kamu akan disuguhi pemandangan indah danau dengan latar pegunungan di sekitarnya. Selain menyaksikan dari tepiannya saja, kamu juga bisa lho menikmati keindahan Rawa Pening dari dekat dengan menyewa perahu motor berkeliling danau.

2. Puncak Lereng Kelir

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh restu pamela efansyah (@pamela_efansyah) pada

Cukup banyak wisata ketinggian yang disuguhkan Semarang, salah staunya Puncak Lereng Kelir. Di salah satu wisata alam Semarang ini kamu bisa menjumpai gardu pandang. Dari atasnya, kamu bisa menyaksikan keindahan pemandnagan Rawa Pening, Kabupaten Semarang, hingga Gunung Merbabu. Jika kamu tertarik berkunjung, langsung sjaa menuju Dusun Gertas, Brongkol, Jambu, Semarang.

3. Curug Lawe Benowo Kalisidi

Wisata alam Semarang selanjutnya yakni Curug Lawe Benowo Kalisidi. Lokasinya yang berada di tengah pegunungan membuatnya sedikit tersembunyi dan membutuhkan tenaga ekstra untuk mencapainya. Meski seperti itu, panorama alam yang ditawarkan sangat memanjakan mata apalagi dengan udara sejuk yang ditawarkan. Curug Lawe Benowo Kalisidi sendiri terletak di Desa Kalisidi, Ungaran Barat.

2 dari 4 halaman

Wisata Alam Semarang dan Sekitarnya

Selain berbagai wisata di atas, berikut ini beberapa destinasi wisata alam Semarang dan sekitarnya yang bisa kamu jadikan opsi. Simak di bawah untuk selengkapnya, ya!

1. Brown Canyon

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh afifa ? (@affifatul_) pada

Brown Canyon ini sebenarnya merupakan tempat penggalian pasir, tanah urug, dan batu padas. Tapi, juga menawarkan panorama yang indah. Sekilas, Brown Canyon ini mirip dengan Grand Canyon yang ada di Amerika. Pahatan-pahatan bekas tambang yang terbentuk menciptakan tebing-tebing yang memiliki bentuk unik sekaligus menarik.

Untuk menuju kawasan ini sedikit sulit karena memang nyaris tak adanya penunjuk jalan. Jadi, jangan segan bertanya dengan warga sekitar ya. Brown Canyon sendiri terletak di Rowosari, Meteseh, Tembalang, Semarang.

2. Kebun Teh Medini

Di sekitar wilayah Semarang, kamu juga bisa menjumpai hamparan perkebunan teh yang memanjakan mata. Tepatnya di daerah Limbangan, Jatirejo, Ngampel, Kabupaten Kendal. Kebun Teh Medini ini terletak di ketinggian 1000 mdpl.

Tak heran jika kamu akan disambut dnegan hawa sejuk khas pegunungan saat menginjakkan kaki di kawasan ini. Selain menikmati panorama perkebunan teh, di sekitar kawasan ini juga terdapat Goa Jepang dimana menjadi tempat berlindung tetara jepang saat Perang Dunia II silam.

3. Pantai Marina

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Seputar Semarang (@seputarsemarang) pada

Semarang juga memiliki pantai yang juga menawarkan panorama indah yakni Pantai Marina. Pantai ini juga sangat menarik dijadikan destinasi wisata keluraga. Apalagi jika kamu berlibur bersama si kecil, tak perlu khawatir karena di area Pantai Marina juga tersedia fasilitas taman bermain anak-anak.

Tak hanya itu saja, banyak fasilitas menarik lainnya yang bisa kamu nikmati. Diantaranya seperti ski air, penyewaan ban renang, dan speed boat. Biaya masuk ke pantai ini juga cukup terjangkau yakni sekitar Rp. 5 ribu saja per orangnya.

3 dari 4 halaman

Ungaran Wisata Alam Semarang

Ungaran sendiri merupakan ibukota dari Kabupaten Semarang. Daerah ini memiliki berbagai wisata alam yang wajib kamu kunjungi. Meski Umbul Sidomukti menjadi salah satu yang terkenal, namun masih ada lagi lho destinasi wisata menarik lainnya. Cek, yuk!

1. Bantir Hills

Berada di lereng Gunung Ungaran, Bantir Hills juga menjelma menjadi salah satu destinasi wisata populer di Semarang. Terutama di kalangan anak muda. Dari kawasan wisata alam Semarang ini kamu bisa menyaksikan panorama Gunung Sindoro dan Sumbing sekaligus hamparan persawahan dan ladang penduduk di bawahnya.

Semakin menariknya lagi, pengelola juga menyediakan spot foto menarik seperti bunga matahari dan gardu pandang di Bantir Hills. Seperti namanya, Bantir Hills terletak di Jalan Bantir, Desa Losari, Kecamatan Sumowono, Semarang.

2. Wisata Umbul Sidomukti

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh ExploreJava | ExploreIndonesia (@javascenery) pada

Salah satu daya tarik dari Umbul Sidomukti yakni adanya kolam renang dengan konsep terbuka. Berada di ketinggian lereng Gunung Ungaran, kamu akan disuguhkan dengan panorama indah sekitar dan udara sejuk khas pegunungan.

Hal inilah yang membuat kolam rennag di Umbul Sidomukti sangat menarik karena kamu bisa berenang sambil menikmati panorama alam indah dari lereng Gunung Ungaran, terlebih lagi jika cuaca sedang cerah. Nah, selain kolam renang ada juga beragam fasilitas menarik yang ditawarkan kawasan ini yakni camping ground, outbound, dan juga pondok wisata. Cukup lengkap, ya.

3. Goa Tirta Mulya

Maish berdaa di sekitar Umbul Sidomukti, kamu juga bisa sekalian berkunjung ke Goa Tirta Mulya. Goa Tirta Mulya sendiri sebenarnya merupakan sebuah terowongan buatan dengan lebar sekitar tiga meter. Karena minimnya cahaya, pastikan kamu membawa alat penerangan ya saat melintasi goa ini. Di salah satu ujung Goa Tirta Mulya, kamu juga bisa menjumpai sebuah balkon dengan panorama indah perbukitan. Sangat menarik, ya.

4 dari 4 halaman

Wisata Alam Sekitar Semarang

Tak hanya di wilayah Semarang saja, di daerah sekitar Semarang juga memiliki sederet wisata alam yang tak kalah mempesona. Ini dia beberapa diantaranya.

1. Gunung Merbabu

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh ??????? (@khoirul_anam134) pada

Letak Gunung Merbabu sendiri berada di tiga daerah yakni Semarang, Boyolali, dan Magelang. Gunung ini juga bisa menjadi alternatif wisata alam yang sangat menarik, terutama bagi kamu para pendaki gunung. Paorama alam yang ditawarkan pun sangat indah.

Ada beberapa rute yang bisa kamu pilih untuk mendaki Gunung Merbabu yakni Rute Cuntel. Rute Wekas, dan Rute Selo. Setiap rute pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dari atas puncaknya, kamu bisa menyaksikan pemandangan sunrise yang memukau dan puncak dari enam gunung tertinggi lainnya di Jawa Tengah. Sangat menarik, kan?

2. River Tubing Genting

Buat kamu pecinta kegiatan yang menguji adrenalin, pastinya kamu enggak ingin melewatkan wisata satu ini. River tubing di sungai Genting ini cukup seru dan menantang. Karena, kamu akan merasakan sensasi river tubing dengan jeram yang berada di antara bebatuan besar.

Kamu akan dibawah mengarungi sekitar 13 buah jeram dengan perjalanan sekitar 2 jam. Di sepanjang perjalanannya kamu akan disuguhi dengan pemandangan formasi bebatuan yang unik sekaligus rapi. Jika kamu tertarik, langsung saja kamu bisa menuju Jl. Genting Baru No. 94, Singorojo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

3. Bukit Watu Lawang

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh SEMARANG (@wisatasemarang) pada

Masih berada di Kendal, kabupaten ini juga menawarkan wisata alam yang tak kalah menarik yakni Bukit Watu Lawang. Bukit ini menawarkan pemandangan indah Kabupaten Tegal dari ketinggian. Bukit Watu Lawang sendiri terletak di Dusun Watu Lawang, Desa Kedungboto, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal.

Tapi, untuk mencapai kawasan ini enggaklah mudah karena medannya yang cukup sulit. Pasalnya, kamu harus memanjat batu dengan kemiringan yang hampir mencapai 90 derajat. Bagaimana, tertarik mencoba?

Bagaimana nih dengan beragam wisata alam Semarang di atas? Cukup menarik, ya. Sekarang, giliran kamu nih untuk berkunjung ke tempat tersebut!

Beri Komentar