12 Rekomendasi Destinasi Tempat Wisata Makassar yang Populer Lengkap dengan Paketnya

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 10 Januari 2020 23:19
12 Rekomendasi Destinasi Tempat Wisata Makassar yang Populer Lengkap dengan Paketnya
Yuk, cari tahu destinasi wisata yang populer di Makassar!

Sebagai ibukota Sulawesi Selatan, Makassar juga memiliki beragam tempat wisata yang seru dan cantik terutama buat kamu yang suka traveling. Jika kita hanya mengenal Pantai Losari sebagai destinasi wisata populer, sebenarnya masih banyak lagi destinasi wisata yang bisa dijelajahi di kota ini. Mulai dari wisata alam yang memang dominan dan utama hingga wisata budaya yang juga menjadi daya tarik lainnya.

Nah, jika kamu berencana berkunjung ke Makassar dalam waktu dekat dan masih bingung menentukan destinasi wisata mana yang akan kamu tuju, berikut ini berbagai tempat wisata yang bisa kamu explore dan kunjungi sebagaimana telah dirangkum dari berbagai sumber (10/01). Selain itu, juga sekaligus dengan beragam paket wisata yang bisa kamu pilih. Penasaran, apa saja destinasi dan paket wisatanya? Yuk, kita simak bersama di bawah ini, ya.

1 dari 4 halaman

Tempat wisata di Makassar

Banyak objek wisata di Kota Makassar yang keren dan unik. Jika kamu berlibur ke kota ini, bisa nih beberapa tempat ini kamu masukkan ke daftar destinasimu. Nah, ini dia daftar tempatnya.

1. Helena Sky Bridge

      View this post on Instagram

A post shared by VISIT SOUTH SULAWESI-INDONESIA (@visit_sulsel) on

Meniti jembatan ini memang serasa berjalan di atas langit dengan pemandangan yang indah. Masih berada dalam satu kawasan dengan Taman Nasional Batimurung, dari atas Helena Sky Bridge kamu bisa menikmati segarnya pemandangan hijau dipadu dengan gunung karst di sekelilingnya. Dengan ketinggian lebih dari 100 meter, nggak heran jika kamu bakal disuguhi dengan pemandangan yang begitu indah. Satu lagi, Helena Sky Bridge juga sangat cantik lho sebagai spot foto.

2. Apparalang, Bulukumba

      View this post on Instagram

A post shared by Kaki_Dolan (@achmadhy_) on

Sudah tahu belum jika di Apparalang ada surga tersembunyi dari balik tebingnya? Di balik kawasan ini ada pantai cantik dengan laut berwarna birunya yang membuatmu serasa di Raja Ampat. Panorama lautan lepas dipadu dengan keindahan tebing di sekitarnya merupakan perpaduan alam yang sempurna dari wisata Makassar Apparalang. Lebih lengkapnya lagi, destinasi wisata ini juga menghadirkan beberapa spot menarik yang bakal membuat fotomu lebih ciamik.

3. Air Terjun Ketemu Jodoh

      View this post on Instagram

A post shared by NusaTrip.com (@nusatrip) on

Dari namanya saja memang sudah sangat menarik, ya. Air terjun ini dinamai 'Ketemu Jodoh' karena sesuai faktanya, kedua air terjun tersebut jatuh pada satu titik sebelum kemudian mengalir dan menyatu menjadi satu air terjun lainnya. Panorama sekitar yang hijau dan asri juga semakin melengkapi kecantikan dari wisata Makassar satu ini. Air terjun unik ini berada di daerah Malino, Tinggimoncong, Gowa, Sulawesi Selatan.

4. Pulau Samalona

      View this post on Instagram

A post shared by Makassar Now (@makassar_now) on

Saat berkunjung siap-siap kamu terpukau dengan kecantikan pulau satu ini. Pulau Samalona berada tak terlalu jauh dari Pantai Losari dan merupakan salah satu pulau kecil di Indonesia yang terkenal dengan keindahannya. Panorama lautan dengan pasir putih yang cantih ditambah dengan ombak yang tenang membuat pulau tropis ini menjadi destinasi liburan yang sempurna. Terlebih lagi, Pulau Samalona juga memiliki pemandangan bawah laut yang indah. Lengkap banget ya keindahan destinasi wisata Makassar satu ini.

2 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Makassar

Wisata kuliner memang selalu menggiurkan. Sayang banget kan jika kamu berlibur ke Makassar tapi nggak mencicipi kulinernya. Nah, berikut ini beberapa sajian khas Makassar yang wajib kamu coba.

1. Coto Nusantara

      View this post on Instagram

A post shared by Fikanita Andryani (@fikandryani) on

Makanan khas Makassar yang nggak boleh kamu lewatkan apalagi jika bukan coto Makassar yang disantap langsung dari kota asalnya. Kuliner khas ini bisa kamu nikmati di Coto Nusantara yang juga menjadi salah satu kedai coto favorit di Makassar. Isian daging yang banyak dan porsinya yang cukup besar pasti bakal bikin kamu puas menyantap kuliner khas Kota Anging Mamiri ini. Kedai coto ini buka setiap hari dari pukul 7 pagi sampai 6 sore.

2. Konro Karebosi

      View this post on Instagram

A post shared by Bundadari Jojo (@dewayz) on

Nah, ini dia konro legendaris yang ada di Kota Makassar. Konro Karebosi sudah berdiri sejak 1968 dan selalu ramai hingga sekarang. Menu yang wajib kamu coba saat ke sini yakni iga bakarnya karena iga bakar di tempat ini cukup empuk dan juga kaya dengan bumbu kacang. Pasti langsung menggugah seleramu nih saat menyantapnya. Untuk lokasinya berada di Jl. Gunung Lampo Battang No. 41-43, Pisang Utara, Makassar.

3. Pallubasa Serigala

      View this post on Instagram

A post shared by Kuliner Jajanan Makassar (@nganre_rong) on

Mencari kuliner Pallubasa populer di Makassar? Pallubasa Serigala jawabannya. Pallubasa di tempat ini sangat khas dan nikmat. Isian jeroan dan daging sapinya yang sangat lembut ditambah guyuran kuah yang bercitarasa kuat membuat kamu nggak cukup makan sepiring saja. Tempat kuliner ini mulai buka dari jam 8 pagi sampai jam 10 malam. Seperti namanya, Pallubasa Serigala berlokasi di Jl. Serigala No. 54, Mamanjang Dalam, Makassar.

4. Es Pisang Ijo Bravo

      View this post on Instagram

A post shared by Naomita Joice (@naomitajoice) on

Pasti sebagain besar dari kita sudah cukup familiar ya dengan es satu ini. Jika ke Makassar, jangan lupa menyempatkan untuk mencicipi es pisang ijo di Warung Bravo. Perpaduan rasa gurih bubur sumsum, manisnya sirup, dan segarnya es begitu nikmat saat berada di mulut. Apalagi jika cuaca sedang terik-teriknya, pas banget nih jika kamu menyantap kuliner yang menyegarkan seperti ini.

3 dari 4 halaman

Objek Wisata di Makassar

Jika kamu kurang tertarik dengan wisata alam, Makassar juga memiliki beberapa wisata non-alam yang pastinya nggak kalah keren dengan wisata lainnya. Terutama buat kamu yang menyukai sejarah dan budaya, beberapa destinasi wisata ini wajib banget buat kamu singgahi. Cari tahu yuk apa saja objek wisata itu.

1. Museum Balla Lompoa

      View this post on Instagram

A post shared by colorsky (@color_sky8) on

Kamu ingin lebih mengenal tentang sejarah Kerajaan Gowa? Museum Balla Lompoa adalah tempat yang tepat. Balla Lompoa sendiri dalam bahasa Makassar bearti 'rumah besar' atau 'rumah kebesaran'. Dulunya, museum ini merupakan istana yang dibangun oleh Raja Gowa XXXI dengan gaya arsitektur rumah panggung khas orang Bugis.

Di dalam museum ini, kamu bisa melihat berbagai koleksi peninggalan Kerajaan Goa, termasuk juga silsilah keluarga kerajaannya. Semakin menariknya lagi, kamu bisa berfoto dengan menggunakan pakaian adat khas Sulawesi Selatan. Asyik, ya!

2. Chinnatown Makassar

Makassar juga memiliki kawasan pecinan yang nggak kalah menarik dari daerah lainnya. Nuansa budaya Cina sangat kental di kawasan ini. Dari depannya saja, kamu sudah disambut dengan gerbang ikonik khas Negeri Tirai Bambu.

Di Chinnatown, kamu bisa berjalan-jalan sembari menikmati bangunan-bangunan lawas khas kota tua dan juga nggak ketinggalan berbagai kulinernya. Sebut saja seperti pangsit mie, mie titi, cakwe, dan lainnya bisa kamu coba saat berwisata ke kawasan ini.

3. Fort Rotterdam

      View this post on Instagram

A post shared by Cia Wardhana Roesman (@ciawardhana) on

Fort Rotterdam bisa menjadi tempat bersejarah lainnya yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ke Makassar. Bangunan ini merupakan benteng sekaligus juga menjadi salah satu ikon dari Kota Makassar. Dalam kompleks benteng ini juga ada museum bernama La Galigo yang menyimpan berbagai peninggalan kuno dan artefak seperti alat musik kuno, perahu tradisional, artefak dari Tanah Toraja, dan masih banyak lagi lainnya. Letaknya yang strategis di pusat kota menjadikan wisata Makassar satu ini opsi yang sangat menarik sebagai destinasi wisata, terutama buat kamu yang menyukai sejarah.

4. Bugis Waterpark Adventure

Bermain air di waterpark juga bisa menjadi kegiatan seru yang bisa kamu lakukan saat berlibur ke Makassar. Salah satunya dengan berkunjung ke Bugis Waterpark Adventure. Kawasan wisata Makassar ini memiliki wahana menarik seperti black hole & rafting slide, free fall, lazy river dan masih banyak lagi wahana lainnya. Jika kamu membawa si kecil, nggak perlu khawatir karena Bugis Waterpark Adventure juga menyediakan wahana kolam renang khusus anak atau kids pool. Cukup lengkap, kan?

4 dari 4 halaman

Paket Wisata Makassar

Berbicara tentang liburan, pasti nggak bisa lepas dari paket wisata. Buat kamu yang sedang mencari paket wisata Makassar, berikut ini kami sajikan beberapa paket yang bisa kamu jadikan pilihan. Yuk, langsung gulir ke bawah ini ya!

1. Paket Wisata Makassar 3 Hari 2 Malam

Menghabiskan waktu 3 hari di Makassar memang terdengar menyenangkan ya. Kamu bisa berkeliling ke beragam destinasi wisata di Makassar selama 3 hari 2 malam dengan memilih paket wisata satu ini. Lalu, berapa sih kisaran biayanya? Untuk menikmati paket ini biasanya kamu perlu menyiapkan dana mulai dari Rp. 1,7 juta rupiah.

2. Paket Wisata Tanah Toraja

Tanah Toraja bisa menjadi rujukan destinasi menarik lainnya buat kamu yang berkunjung ke Makassar. Salah satu paket yang bisa kamu pilih untuk wisata ini yakni Paket Wisata Tanah Toraja. Dengan menyiapkan dana mulai dari sekitar Rp. 1,1 juta, kamu bisa menikmati budaya Toraja yang unik serta menarik.

3. Paket Wisata Makassar City Tour

Menghabiskan liburan dengan wisata seharian di pusat kota juga sama menariknya kok. Kamu bisa memilih paket wisata city tour yang banyak ditawarkan. Untuk paket ini biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp. 440 rupiah. Fort Roterdam, Transstudio Makassar, dan Pantai Losari menjadi beberapa destinasi yang biasanya ditawarkan pada paket wisata city tour ini.

Jadi, itu dia berbagai rekomendasi destinasi beserta paket wisata yang ditawarkan kota Makassar. Bagaimana, sudah tertarik erkunjung ke Makassar?

Beri Komentar