12 Objek Destinasi Wisata di Kulon Progo Jogja yang Terbaru, Termasuk Alam

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 6 Januari 2020 12:37
12 Objek Destinasi Wisata di Kulon Progo Jogja yang Terbaru, Termasuk Alam
Beragam destinasi wisata Kulon Progo yang bisa jadi referensi liburanmu!

Berwisata di Yogyakarta memang sangat menyenangkan. Pasalnya, provinsi ini menyuguhkan beragam destinasi wisata yang cukup beragam. Dari wisata budaya, sejarah, hingga alam bisa dengan bebas kamu pilih saat berkunjung ke Jogja.

Jika kamu bosan berwisata di pusat kota Jogja, kamu bisa nih bergeser sedikit ke Kulon Progo yang juga menawarkan berbagai destinasi wisata menarik. Wisata di Kulon Progo ini didominasi dengan wisata alam. Cocok banget kan buat kamu yang ingin refreshing sejenak? Dilansir dari berbagai sumber (06/01), berikut ini beragam destinasi tempat wisata Kulon Progo yang terbaru dan pastinya sangat menarik.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Kulon Progo

Seperti halnya daerah di wilayah Jogja lainnya, Kulon Progo juga memiliki beragam tempat wisata yang menarik sebagai destinasi liburan dan berakhir pekan. Ini dia beberapa rekomendasi tempat wisata Kulon Progo yang wajib kamu coba. Yuk, langsung saja simak di bawah.

1. Goa Kiskendo

      View this post on Instagram

Dah pernah kesini blm gais... . . ???? at Goa Kiskendo, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta . . Today #explorealamjogja Photo today by @upiecupi _________________________________ #jogjaistimewa #jogja #yogyakarta #yogya #jogjakarta #wisatajogja #yogyakartaistimewa #jogjainfo #jogja24jam #jogjahits #wonderfuljogja #jogjakuliner #jogjamedia #jogjakartaistimewa #jogjakeren #explorejogja #jogjatraveler #pesonajogja #jogjaiswonderful #jogjascenery #jogjaku #instanusantara #indoromantics #folkindonesia #goakiskendo #kulonprogo

A post shared by EXPLOREJOGJA | WONDERFULJOGJA (@explorealamjogja) on

Salah satu goa cantik yang bisa jadi destinasi liburan kamu di Kulon Progo yaitu Goa Kiskendo. Di dalam salah satu wisata Kulon Progo ini kamu bisa menyaksikan pemandangan stalaktit dan stalagmit yang indah. Salah satu hal menarik dari Goa Kiskendo yaitu adanya relief wayang di depan mulut goa yang menceritakan tentang kisah Ramayana.

2. Wisata Hutan Mangrove Wana Tirta

Meski terbilang baru, wisata hutan mangrove Wana Tirta juga nggak kalah menarik dengan wisata lainnya. Hutan mangrove ini terletak di pesisir selatan Kulon Progo. Di kawasan ini, selain kamu bisa menikmati berjalan di lorong hutan, kamu juga bisa menyewa perahu atau meniti jembatan bambu yang bernama Jembatan Siapi-api sambil berswafoto ria.

3. Air Terjun Kedung Pedut

      View this post on Instagram

Air Terjun Kedung Pedut . Air terjun Kedung Pedut terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo (koordinat : -7.769662, 110.121232). . Kedung Pedut berasal dari kata "kedung" yg berarti genangan & kata "pedut" yg berarti dalam. Kolam genangan pada obyek wisata ini memiliki kedalaman sekitar 3 meter. Meski demikian, aliran airnya membentuk riam bertingkat, sehingga tiap kolam punya kedalaman yg beragam . Nah, salah satu keunikan obyek wisata ini adalah airnya yg nampak memiliki dua warna, yakni putih & turquoise. Hal ini disebabkan warna batuan dasarnya yg perlahan larut & merubah warna air. Adapun aliran airnya berasal dari Gunung Kelir yg merupakan pegunungan batu kapur, sehingga batu-batuan di sekitar air terjun jg merupakan batu kapur. . Batu kapur yg berwarna putih terlihat kontras dengan birunya air. Perpaduan yg cantik banget ya Kak ???????? . ???? : idntimes.com . . #rotapem #jogjaprov #JogjaIstimewa #BudayaJogja #KesenianJogja #WisataJogja #KedungPedut #AirTerjunKedungPedut #Jatimulyo #Girimulyo #KulonProgo #BelaBeliKulonProgo #jogja24jam

A post shared by Biro Tapem Setda DIY (@birotapemsetdadiy) on

Air Terjun Kedung Pedut bisa dikatakan sebagai salah satu wisata populer di Kulon Progo. Di kawasan ini, kamu akan dimanjakan dengan keindahan air terjun dengan hutan hujan tropis di sekelilingnya. Warna air yang biru dan putih seperti kabut inilah yang menjadi asal nama Air Terjun Kedung Pedut. Kedung sendiri dalam bahasa Jawa berarti kolam dan pedut berarti kabut.

2 dari 4 halaman

Wisata Alam Kulon Progo

Wisata alam memang menjadi destinasi sekaligus daya tarik utama dari Kulon Progo. Topografi Kulon Progo yang bervariasi mulai dari perbukitan hingga landai membuat wisata alam di daerah ini cukup beragam. Cek yuk beberapa wisata alam Kulon Progo di bawah ini.

1. Bukit Isis Kulon Progo

      View this post on Instagram

Bukit Isis Kulon Progo. Bukit Isis ini berada di Desa Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta kini menjadi salah satu destinasi favorit baru bagi para wiatawan, dengan harga tiket masuk yang relatif murah yaitu hanya membayar Rp 3000 saja pengunjung sudah bisa merasakan sensasi udara segar dan sejuk khas pegunungan serta menikmati pemandangan yang sangat menakjupkan dari hamparan kebun teh dan hijaunya pepohonan yang ada disepanjang pegunungan menoreh. • Foto oleh @sapto._ • Ayo tag temen kalian dan ajak mereka berwisata ke #Jogja | abadikan momentmu dan selalu tag @jogjakartaid untuk berbagi informasi wisata Jogja | Terimakasih untuk tidak merusak lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan !! • #BukitIsis #KulonProgo

A post shared by JOGJAKARTA INDONESIA (@jogjakartaid) on

Salah satu spot terbaik melihat keindahan alam Kulon Progo yaitu Bukit Isis. Di atas Bukit Isis kamu akan disuguhkan dengan bentangan alam indah Kulon Progo dan beberapa gunung di sekitarnya seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Sumbing. Tempat wisata Kulon Progo ini juga sangat instagrammable dengan beragam spot foto menarik dengan latar pemandangan alam yang indah.

2. Pantai Trisik

Pantai Trisik memang sedikit unik dan berbeda dibandingkan dengan pantai di Gunung Kidul lainnya. Jika kebanyakan pantai di wilayah Gunung Kidul memiliki pasir berwarna putih, di Pantai Trisik kamu akan menjumpai pantai dengan pasir berwarna hitam. Di sekeliling tempat wisata Kulon Progo ini juga terdapat deretan pohon cemara yang juga bisa menjadi spot menarik untuk berfoto. Lebih menariknya lagi, di Pantai Trisik juga terdapat konservasi penyu.

3. Kalibiru

      View this post on Instagram

The best view comes after the hardest climb. . Taken at ????Kalibiru Wisata Alam, Yogyakarta. Adorable Photo by @azxxin . Bagikan foto-foto travelling mu hanya di #travellerindokece....Nantikan foto kece travellingmu direpost selanjutnya ????????

A post shared by Ayodolan | Indotravelvidgram (@travellerindokece) on

Sudah tau wisata apa yang populer di Kulon Progo? Apalagi jika bukan Kalibiru. Tempat wisata Kulon Progo ini menghadirkan pemandangan luar biasa dari pegunungan di sekelilingnya. Selain menikmati keindahan alamnya, di Kalibiru kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti sepeda udara dan flying fox. Jangan lupa siapkan kameramu juga ya karena di kawasan ini ada beragam spot foto cantik yang pastinya nggak ingin kamu lewatkan.

3 dari 4 halaman

Wisata Kulon Progo Jogja

Jika kamu berkunjung ke Kulon Progo, jangan lewatkan beberapa wisata menarik di bawah ini ya. Penasaran dimana saja itu? Berikut ini beberapa wisatanya.

1. Goa Kebon Krembangan

      View this post on Instagram

"Spot Ciblon deket rumah" Lokasi #goakebon #goakebonkulonprogo #kulonprogo . . . #panoramakulonprogo #dolankulonprogo #explorekulonprogo #jogja #jogja24jam #explorejogja #pesonajogja #wisatajogja #nikonindonesia #nikond5100 #iamnikon

A post shared by Lucky Alvi (@luckyalvi) on

Goa Krembangan memang berbeda dari goa kebanyakan. Di mulut goa ini terdapat pancuran air yang nggak pernah kering sehingga sering juga disebut dengan Air Terjun Goa Kebon. Sama seperti namanya, Goa Kebon Krembangan terletak di Desa Krembangan, lebih tepatnya di Dusun Tujuh.

2. Kebun Bunga Krisan Gerbosari

Buat kamu pecinta bunga, kamu enggak boleh melewatkan tempat wisata Kulon Progo satu ini. Bunga-bunga krisan beraneka ragam siap menyambutmu saat berada di dalam rumah kaca. Selain menikmati keindahan bunga krisan, kamu juga bisa meikmati kuliner dari bunga krisan dan belajar membudidayakannya. Menarik, kan?

3. Pantai Glagah Indah

      View this post on Instagram

Karena kau punya mimpi, kau bisa bergerak maju Karena kau punya mimpi, kau menjadi kuat ?? ?? ?? ?? ?? ???? : Pantai Gelagah, Kulon Progo, Yogyakarta ?? ?? ?? ?? ?? #wonderfuljogja #jogjainfo #dolanjogja #minggatkesini #indonesia_photography #potretjogja #lingkarindonesia #folkgreen #parapejalan #DiscoverIndonesia #landscape_captures #jogja24jam #explorejogja #jogjakeren #dolanjogja #jogjaku #serikat_fi #travelingjogja #travelrack #dolanadoh #indotravellers #wanderlusting.tv #kemanaaja

A post shared by R a k a s i (@rakasi__) on

Setiap pantai pasti mempunyai daya tariknya sendiri, salah satunya Pantai Glagah Indah. Hamparan pemecah gelombang denan bentuk menyerupai kaki segitiga menjadi daya tarik sekaligus ciri khas tersediri dari tempat wisata Kulon Progo ini. Area ini juga bisa lho jadi spot foto yang keren.

4 dari 4 halaman

Obyek Wisata Kulon Progo

Beragam obyek wisata, terutama alam memang bisa dengan mudah kamu jumpai di Kulon Progo. Mau tahu berbagai destinasi menarik lainnya? Langsung gulir ke bawah, yuk.

1. Rafting Sungai Kalibawang

Ini dia objek wisata yang harus kamu coba jika kamu penyuka aktivitas yang memacu adrenalin. Di Kulon Progo juga terdapat destinasi wisata seru yaitu rafting mengarungi Sungai Progo bawah di wilayah Kalibawang. Di sini, kamu bisa merasakan sensasi seru rafting sejauh 25 meter dengan durasi kurang lebih 4 jam.

2. Sungai Mudal

      View this post on Instagram

Sungai mudal, salah satu tempat wisata air yang berada di kabupaten kulon progo dan sangat cocck untuk di kunjungi di akhir pekan . . . #holiday #liburan ##vacation #kulonprogo #mudal #wisata #wisatahitsjogja #traveler #traversecity #travel #travelbag #destination #destinationjogja #yogyakarta #indonesia

A post shared by Indies Heritage Hotel (@indiesheritagehotel) on

Kamu gemar berenang? Nah, tempat wisata Kulon Progo ini jadi destinasi yang tepat buat kamu. Di Sungai Mudal kamu bisa berenang di mata air jernih yang berasal dari goa yang ada di tebing Gunung Kelir. Meski musim kemarau, air di sungai ini enggak akan surut dan habis, lho.

3. Goa Sriti

Kulon Progo juga memiliki tempat bersejarah yaitu Goa Sriti. Dulunya, goa ini merupakan tempat persembunyian Pangeran Diponegoro dari kejaran penjajah. Seperti kebanyakan goa lainnya, di dalam Goa Sriti juga terdapat stalaktit dan stalagmit. Nah, buat kamu yang menyukai sejarah, bisa nih kamu mampir ke goa yang sarat sejarah ini.

Itu dia berbagai wisata di Kulon Progo yang bisa jadi rekomendasi kamu menghabiskan liburan bersama keluarga maupun teman. Bagaimana, kamu sudah pernah berkunjung ke detinasi di atas belum?

Beri Komentar